Rabu, 12 Oktober 2022
salini suka eksplorasi kegiatan di alam
masih hampir
tradisi kirab endog saat muludan
Taukah kamu tradisi endog arak arakan dalam peringatan
maulid nabi , bahwa tradisi ini merupakan bentuk ekspresi kecintaan masyarakat
Banyuwangi kepada Nabi Muhammad SAW dan ungkapan rasa syukur, atas rejeki yang
dilimpahkan oleh sang pencipta Allah SWT. Dengan menyisihkan sebagian rezeki
untuk berbagi dengan tetangga meski hanya berupa telur dan seancak nasi karena
tidak hanya sebagai ekspresi nilai-nilai religiusitas, namun juga memperkuat
kesetiakawanan sosial dan keguyuban masyarakat. Yang sering terlihat jadi penggerak biasanya sih santri-santri pondokan gaes, entah apa makna arak-arakan endog tersebut, atau mungkin tradisi santri yang kemudian menjadi tradisi bersama di masyarakat banyuwangi.
Nilai-nilai gotong royong yang kuat, merupakan modal dasar
bagi pembangunan desa dan daerah di seluruh nusantara ini . Sebagai bentuk
nyata dari nilai Pancasila tentang
gotong royong, hampir semua masyarakat terlibat dan berpatisipasi dalam
menyukseskan kegiatan muludan ini gaes. Keren khan. Biasanya perayaan maulid
ini, terdapat sejumlah daerah yang melakukan kirab endhog-endhogan dalam skala
besar. Di antaranya di Dusun Glondong, Desa Watukebo, Kecamatan Blimbingsari,
Desa Sraten, Kecamatan Cluring dan di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng. Tradisi
yang sudah menjadi budaya turun temurun di banyuwangi ini rupanya pemerintah sudah
tidak perlu lagi di instruksikan maupun dihimbau agar masyarakat melakukannya
masyarakat sepertinya sudah memiliki dan melestarikannya sebagai budaya mereka.
Meski belum diketahui secara pasti siapa yang memulai tradisi kirap atau arak
arakan endog ini disana.fotodochendry
Senin, 10 Oktober 2022
kerajinan adalah wujud dari proses budaya
Produk kerajinan adalah hasil cipta karsa dan karya sebuah masyarakat yang bertujuan untuk mempermudah dalam kehidupan kesehariaanya juga meningkatkan kesejahteraannya. Sehingga proses ini ketika dilakukan dalam kurun waktu yang panjang maka produk -produk tadi bisa disebut wujud sebuah budaya masyarakatnya. Jika proses budaya ini terus berkembang secara dinamis dan mampu mempengaruhi ke lingkup yang lebih luas, yang yang produksi maupun yang memanfaatkan hasil karya tersebut maka tidak akan terjadi kemandegkan kebudayaan yang akan berkesinambungan dengan jamannya.
Desa Wisata Kasongan terletak di pedukuhan Kajen, Desa
Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa ini penghasil
kerajinan, bahkan menjadi pusat kerajinan gerabah. Kerajinan di Desa Kasongan
bukan hanya gerabah, tetapi juga bikin limbah batok kelapa, bambu, sebetan
kayu, dan lainnya secara kreatif diolah
menjadi hiasan sehingga memiliki nilai lebih tinggi. Kemampuan membuat gerabah
adalah warisan turun-temurun hingga menjadikan Desa Kasongan sebagai ikon desa
wisata gerabah di Kabupaten Bantul. Desa wisata Kasongan merupakan daerah
pemukiman para kundi, yaitu sebutan orang
yang membuat sejenis buyung, gendi, kuali, dan lainnya yang tergolong peralatan
dapur, juga barang hiasan yang terbuat dari tanah liat. Kisahnya karena orang
disana dulunya tidak menyerah walau tidak punya sawah karena dirampas penjajah.
Dalam situasi sulit terjepit malah muncul kreatifitas sebagai pengrajin tanah
liat. Wow keren ya gaes.
Desa Kasongan menjadi salah satu tujuan desa wisata di
Yogyakarta yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Deretan show room atau rumah-rumah galeri dan tempat workshop selain menawarkan
produk kerajinan gerabah juga ada edukasi untuk wisatawan yang ingin belajar
membuat kerajinan gerabah . Wisatawan dilatih dan didampingi proses kreatifnya
hingga membentuk sebuah karya seni dari tanah liat , yang difasilitasi dalam
suatu paket edukasi kerajinan gerabah oleh rumah-rumah produksi masyarakat
disana.
ritual sebelum main
Seni pertunjukan tradisional selalu melakukan ritual sebelum melakukan pertunjukannya, selain utnuk memberikan suasana dramatis mistis juga biasanya meminta ijin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jaranan misalkan pasti akan melakukan ritual sebelum main, karena biasanya pemainnya akan kesurupan atau ndadi sehingga para pawang atau penggambuh menmyamakan frekuensi dengan sekitarnya baik hal ghaib maupun sifat jahat yang akan muncul, dengan demikian para penggambuh tadi akan mampu mengendalikan yang pemain kesurupan dan menghindari maksut jahat dari luar kalangan mereka. Tetapi yang paling penting adalah berdoa pada sang pencipta alam semesta agar pertunjukan mereka yang bertujuan untuk menghibur masyarakat tidak mengalami kecelakaan. Bakar menyan dan dupa menambah kesan seni pertunjukan tradisi tersebut akan menyatu dengan keinginan masyarakat ketika melihat hiburan seni tradisi yang berisi magis, mistis dan ritmis dalam kemasan yang menghibur. Selamat berkarya para penggerak seni pertunjukan tradisional , karena dengan eksisnya seni tradisi ini akan merawat tradisi nusantara.
Sabtu, 08 Oktober 2022
WATUKEBO MELAHIRKAN KOMIKUS CILIK
Saat diperkenalkan ayahnya padaku waktu itu msih sangat
kecil bersama adiknya sudah sangat berminat dengan corat coret , melihat bakat anak ini harusnya selalu didukung rupanya
ayahnya gunawan dan ani ibunya sangat mendukungnya. Sehingga pernah juga Rayya meraih prestasi yang luar biasa, mungkin nati bisa
menjadi perupa karena kini komik sudah masuk dalam genre senirupa , makanya
proses kreatif dijaga agar tetap dengan
suka cita jangan bosan dan jangan terpaksa temanya sih apasaja yang
penting senang.
Diusianya yang masih muda sekitar sebelas tahun, Rayya
berbicara lewat karya-karya komiknya, nama lengkanya Rayya Sri Sadana
Al-Ayyubi, ia tinggal bersama ortunya Dusun Watukebo, Desa Andongsari,
Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur
rupanya telah memenangkan berbagai kejuaraan. Kita semua berharap mudah-mudahan
karyanya bisa diterbitkan dan bisa diapresiasi oleh masyarakat lebih luas lagi.
Selain itu bisa membanggakan dirinya juga akan melecut semangat agar lebih giat
lagi belajar dan berlatih mengasah proses kreatifnya. Wes wayahe Jember
memfasilitasi anak-anak kreatif dalam sebuah wadah untuk berlatih dan
belajar bersama sebagai ruang edukasi apalagi didampingi dengan orang yang
kompeten dibidangnya bisa jadi akan lebih bergairah lagi. Selamat berkarya ya Rayya semoga karyamu akan abadi diruang-ruang kreatifitas , salam anget meluas membumi
foto bisa bercerita
Sebuah foto selalu akan memberikan kesan atau pesan, terutama mengenai suatu saat atau tempat dan suasananya, gambar ini akan bisa mengenang sebuah kata-kata dan akhirnya memunculkan kesan, meski kadang tidak selalu persis dengan apa yang dilihat setelahnya. Mungkin hanya mereka yang terlibat akan bisa memberikan kesan yang sebenarnya. Bisa tokoh dalam foto atau mungkin tukang fotonya hahaha atau mungkin ada yang sempat memperhatikan moment saat itu ya gaes.
aksi barong turonggo sakti
Pertunjukan seni jaranan tak mantep bila barongan atau caplokannya tak atraksi, biasanya yang dinantikan adalah aksi-aksinya sering bikin merinding dan takjub. Bagaimana barong seberat lima hingga tujuh kilo dimainkan dengan baik dengan gaya caplok-caplok seperti mengganas dan membuat penonton sangat interaktif tak jarang beberapa penonton terprovokasi hingga bikin kesurupan atau ndadi kalau orang jaranan mengatakan hahaha suasana akan menjadi semakin gerah ramai serem lo gaes . Sensasinya kalau nonton jaranan dari dekat makan akan mengalami atmosfir ritmis dan mistis disekelilingnya ya gitulah rasanya seakan diajak terlibat didalamnya.
Jumat, 30 September 2022
songkler berkembang di bagorejo jember
turonggo sakti tampil di patemon
Informasi proses budaya yang akan mengadakan art perfomance seni pertunjukan jaranan kali ini , akan dipersembahkan oleh paguyuban seni jaranan turonggo sakti , yang akan main siang dan malam di tanggul. Tepatnya di kecamatan tanggul dekat pemandian patemon. Hadir dan saksikan penampilan seni jarananpada sabtu satu oktober duaribuduadua ya gaes, lihat atraksi-atraksi terbarunya.
ngopi itu perlu tatap muka
Ngopi yang menjadi kebiasaan masyarakat nusantara bahkan sudah membudaya yang sulit untuk dihilangkan dari peradaban masyarakat di nusantara, padahal kopi bukanlah asli dari kebun-kebun atau hutan dinusantara lo gaes, katanya sih justru asal kopi dari daratan africa. Lalu kenapa begitu dekat bahkan sangat lekat dengan budaya masyarakat kita, nggak di tanah jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi bahkan mungkin sampai di papua. Kopi dibawa oleh orang eropa yang sempat beberapa yang datang berdagang dan menjajah negri ini menjadikan kopi sebagai tanaman komoditas komersiil untuk mendongkrak ekonomi negara mereka, dengan strategi itulah maka kebun kopi ada di mana-mana diseantero pelosok indonesia gaes. Ya sebagai bangsa yang merawat kopi masak nggak nyolong-nyolong ikut merasakannya, hahaha kayaknya sudah jadi rumus meski hanya trackle down effect saja dan akibatnya justru kini semakin menjadi budaya yang kuat melekat di nusantara ini.
Jadi memang budaya dan peradaban itu bukan hanya saklek dan mandeg tetapi ada suatu dorongan alam semesta agar manusia hidup berdampingan dan saling memberikan perubahan menjadi suatu kesepakatan hidup bisa dengan paksaan atau dengan damai. Sehingga istilah budaya asli itu mestinya akan ada dialektika seiring dengan perkembangan jaman dan suatu keniscayaan akan ada perubahan menjadi budaya baru begitu seterusnya.Semoga ngopi esensinya tetap sebagai sarana silaturahmi bukan dagang ansich, agar peradaban tidak saling mematikan dan meniadakan, tul nggak gaes. salam budaya
Selasa, 27 September 2022
BUDAYA ANGKRINGAN WARNAI KEBONSARI
Di jember angkringan sudah dimulai sejak sepuluh tahun yang lalu, tetapi baru sekitar menjelang pandemik menjamur dan redam lagi karena pandemik. Tetapi yang namanya pencari cuan pasti akan tetap mencari peluang yang bisa menghasilkan duit. Salahsatunya angkringan mas pitung yang ada di jalan letjend suprapto kebonsari jember, satu-satunya angkringan bergaya jogja dengan menu bervariasi ala kulonan dan beberapa menu bakar yang menyediakan lidah kaum milenial. Angkringan ini mewarnai kehidupan kuliner dan tongkrongan di wilayah kebonsari ini, yang bisa dikatakan wilayah kuliner yang jam edarnya penuh sehari semalam. Bagi kawan-kawan yang ingin nongkrong sekedar ngopi dan makan camilan atau bagi yang susah tidur malam bisa terfasilitasi oleh angkringan ini. Layak dicoba dan perlu. Tetap semanget mas pitung.
Senin, 19 September 2022
kecantikan perempuan dayak melengkapi kecantikan nusantara
Keunikan pakaian adat kalimantan barat atau baju adat suku
dayak, memiliki makna dari sisi uniknya warna dalam bajunya. Ada beberapa
karakteristik dan penamaan hingga sejarahnya, dulu pakaian ini terbuat dari
kulit kayu kepuak, dan beberapa peralatan lainnya seperti tas, atau tempat
lainnya juga terbuat dari kulit kayu. Tetapi kini bahan kayu sudah
berangsur-angsur berubah menjadi bahan kain untuk baju adatnya, meskipun masih
saja ada yang memakai pakaian yang asli terbuat dari kulit kayu kepuak.
Cantiknya perempuan dayak menggunakan pakaian adat merupakan
kebanggaan tersendiri karena pakaian adat suku dayak ini kini dipakai untuk
peristiwa -peristiwa penting baik adat maupun peringatan hari nasional.
Mengenai pemakaian warna dalam pakaian adat tentusaja mempunyai arti , warna
hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran, warna hitam lambang dari
kedewasaan dan makna berkabung. Sedangkan warna merah lambang dari kekompakan,
keberanian membela kebenaran, untuk warna kuning melambangkan kejayaan kehormatan
dan warna puti perlambang dari kesucian. Dalam pakaian adat dayak rumpun apau
kayan warna kuning harus selalu ada melekat pada pakaian adat tersebut. Ragam
kebudayaan nusantara merupakan kekayaan adat dan budaya bangsa indonesia, suatu
keharusan merawat kebhinekaan kita. salam budaya salam persatuan indonesia.
Dayak kalimantan timur adalah dayak kenyah pakaian adat
perempuannya disebut ta’a, yang memiliki filosofi wanita Suku Dayak yang
berwibawa, percaya diri dan berkarakter. Ta'a terdiri dari baju atasan dan
bawahan berupa rok. Kemudian ada aksesoris berupa ikat kepala yang disebut
dengan Da’a dan terbuat dari pandan. Juga ada pakaian adat suku dayak Bulang
Burai King adalah pakaian adat dayak Kalimantan Timur yang paling terkenal . Sepertinya
setiap keluarga suku Dayak dipastikan memiliki pakaian ini karena wajib
dikenakan saat upacara adat. Ciri khas dari pakaian adat Kalimantan Timur ini
adalah adanya manik-manik dan juga bulu burung sehingga terlihat mencolok. Bulu
burung Enggang dikenakan untuk hiasan di kepala. Keren ya gaes sudah
perempuannya putih cantik-cantik pakaian adatnya juga unik dan cantik pula
lengkaplah kecantikan para gadis nusantara ini.fotodocgadisdayak