Jumat, 30 Agustus 2019

Jaran Konyong Sumbermujur Candipuro Lumajang






Grebeg Suro adalah acara desa Sumbermujur yang diadakan setiap tahun pada 1 Suro, tema acara suroan kali ini Grebeg Suro Bedah Kerawang Acara tersebut nantinya akan didukung oleh kesenian daerah jaranan dan jaran konyong. Ada juga  tari Oling adalah tarian khas Sumbermujur, Oling adalah ikan yg diyakini menjadi penunggu sumber mata air Hutan Bambu
Jaran konyong itu sebenarnya seperti prototype jaran kencak , tapi kalau jaran kencak menggunakan kuda asli atau beneran, sedangkan jaran konyong  kuda yang digunakan bukanlah kuda sungguhan melainkan dibuat meniru kuda . Jaran Konyong ini juga asli kesenian Lumajang.

Dalam prosesi Grebeg Suro sampai saat ini, beberapa tradisi dilakukan untuk memperingati pergantian tahun itu. Salah satunya seperti tradisi rutin pemendaman kepala sapi  yang dilakukan warga Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Kegiatan ini sendiri diselenggarakan , sebagai bentuk perwujudan rasa syukur masyarakat setempat, atas berkah Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan rejeki hasil bumi dan sumber mata air yang melimpah sehingga dapat memberikan pengairan untuk pertanian yang ada di desa.

Semoga kesenian tradisi di desa Sumbermujur selalu mendapatkan perhatian dari pemerintah desanya dan masyarakat tetap mencintai dan melestarikannnya sebagai aset budaya desa.

1 komentar:

mahardika mengatakan...

betapa kaya ragam budaya nusantara nie