Kamis, 28 November 2019

Sejarah biara budur Candi Borobudur




Pertama kali Candi Borobudur ditemukan pada sekitar tiga ratus tahun lampau,tempat ini masih berupa hutan belukar,  oleh penduduk sekitar disebut Redi Borobudur. Nama Borobudur ditemukan dari naskah Negara kertagama karya Mpu Prapanca pada tahun1365 Masehi, disebutkan tentang biara di Budur. Kemudian pada Naskah Babad TanahJawi (1709-1710) ada berita tentang Mas Dana, seorang pemberontak terhadap Raja Paku Buwono I, yang tertangkap di Redi Borobudur dan dijatuhi hukuman mati. Kemudian pada tahun 1758, tercetus berita tentang seorang pangeran dari Yogyakarta, yakni Pangeran Monconagoro, yang berminat melihat arca seorang ksatria yang terkurung dalam sangkar.

Pada tahun 1814, Thomas StamfordRaffles mendapat berita dari bawahannya tentang adanya bukit yang dipenuhi dengan batu-batu berukir. Berdasarkan berita itu Raffles mengutus Cornelius, seorang pengagum seni dan sejarah, untuk membersihkan bukit itu. Setelah dibersihkan selama dua bulan dengan bantuan 200 orang penduduk, bangunan candi semakin jelas dan pemugaran dilanjutkan pada 1825. Pada 1834, Residen Kedu membersihkan candi lagi, dan tahun 1842 stupa candi ditinjau untuk penelitian lebih lanjut.


Borobudur ketika ditemukan dalam keadaan terkubur. Beberapa ahli mengatakan Borobudur awalnya berdiri dikelilingii rawa kemudian terpendam karena letusan gunung Merapi. Hal tersebut berdasarkan prasasti Kalkutta bertuliskan ‘Amawa’ berarti lautan susu. Kata itu yang kemudian diartikan sebagai lahar Merapi, kemungkinan Borobudur tertimbun lahar dingin Merapi. Desa-desa sekitar Borobudur, seperti Karanganyar dan Wanurejo terdapat aktivitas warga membuat kerajinan. Selain itu, puncak watu Kendil merupakan tempat ideal untuk memandang panorama Borobudur dari atas. Gempa 27 Mei 2006 lalu tidak berdampak sama sekali pada Borobudur sehingga bangunan candi tersebut masih dapat dikunjungi.

Bahan batu vulkanik dari gunung-gunung batuan tua dapat dipastikan bahwa batu-batu bangunan candi Borobudur itu berasal, mungkin karena Pulau Jawa terletak di Cincin Api Sirkum Pasifik membuat lokasi Borobudur dipilih atas dasar disamping kecukupan bahan material juga terhadap penghormatan manusia jaman itu pada gunung. Candi Borobudur letak lokasinya dikelilingi oleh empat gunung api, yakni Merapi, Sindoro, Merbabu dan Sumbing. candi ini didirikan oleh Raja Samaratungga. Arsitektur bangunan ialah Gunadharma. Proses pembangunan dimulai sekitar 824 M dan baru selesai saat putrinya Ratu Pramudawardhani naik tahta. Pembangunan ditaksir memakan waktu setengah abad.


Masa pembangunan Borobudur pada masa keemasan Dinasti Syailendra pada  750 – 850 M didasarkan bangunan dasar candi, yang memiliki gaya huruf yang sama dengan prasasti-prasasti di era Dinasti Syailendra. Pada jaman itu tingkat pengajaran agama hindu pada mataram kuno, Candi Borobudur, salah satu peninggalan Dinasti Syailendra. Mataram Kuno atau Mataram (Hindu) merupakan sebutan untuk dua dinasti, yakni Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra, yang berkuasa di Jawa Tengah bagian selatan. Dinasti Sanjaya yang bercorak Hindu didirikan  pada tahun 732.
Ide desain candi ini diduga kuat menggabungkan ide Gunung Meru, didasarkan pada bentuk geometris dari bangunan tersebut yang menyerupai piramida. Tentu ide Gunung Meru bukanlah monopoli Hindu. Budha juga memiliki konsepsi itu. Sementara itu, bicara fenomena sinkretisme keyakinan populer di atara kedua tradisi itu tampaknya juga jamak terjadi. Meru ialah simbolisasi gunung suci. Juga simbolisasi gunung kosmis di bumi, pusat jagat raya. Secara simbolis, karena lokasinya tinggi maka keberadaan gunung sering direpresentasikan sebagai lokus singgasana para mahkluk suci para dewa dan leluhur. Istilah Meru merupakan pemujaan Dewa Shiva dalam ajaran Hindu, yang mawujud sebagai Dewa Bumi atau Girisa sang Penguasa Gunung. Makna “Penguasa Gunung” inilah yang menjadi kata kunci penting untuk digarisbawahi. Dan barangkali, pembacaan historiografi Denys Lombard jadi signifikan memberi artikulasi makna dari pembangunan Borobudur.
Teori lain ialah tafsiran JG de Casparis. Prasasti Karang Tengah (824 M). Menurut informasinya anugerah tanah bebas pajak oleh Cri Kahulunan Pramudawardhani untuk memelihara 'kamulan' yang disebut 'bhumisambharabhudhara'. Istilah 'kamulan' berasal dari kata ‘mula’ yang berarti asal muasal, bangunan suci. Sedang kata 'bhumi sambhara bhudhara' yang berasal dari Bahasa Sansekerta yang artinya ialah 'bukit himpunan kebajikan sepuluh tingkatan Boddhisattwa'.  Perkirakan nama itu berasal dari kata ,'bhumisambharabhudhara' adalah nama asli candi itu. Namun dalam perjalanannya, istilah itu secara diakronis berubah menjadi Borobudur disebabkan penyederhanaan ke dalam bahasa lisan oleh masyarakat lokal setempat.

Borobudur kesohor dan menarik perhatian dunia berkat tulisan The History of Java” (1817) karya Sir Thomas Stamford Raffles. Pada 1814, Raflles mendapat info tentang adanya bukit yang dipenuhi batu-batu berukir. Raffles mendapatkan nama 'Borobudur' dari masyarakat lokal sekitar selatan candi itu, sebuah desa yang saat itu bernama Bumisegoro. Membagi istilah Borobudur menjadi dua kata, yaitu 'boro' dan 'budur'. 'Boro' dapat ditafsirkan sebagai sebuah biara, sedangkan 'budur' adalah merujuk nama lokasi. Borobudur bisa diartikan 'Biara di Budur' halini menurut tafsir Poerbatjaraka. Tafsiran ini selaras dengan manuskrip Jawa Kuno, Negarakertagama (1365) Mpu Prapanca, dalam kitab inii ditemukan istilah ‘budur’ untuk merujuk pada adanya sebuah tempat perlindungan bagi pemeluk Budha.

Candi Borobudur murni dibangun oleh orang-orang arsitektur Jawa Indonesia,  dalam Historigrafi Perancis Denys Lombard , Le Carrefour Javanais (1996) juga mencatat, sekalipun relief-relief Borobudur jelas tidak dapat ditafsirkan tanpa merujuk pada risalah-risalah India mengenai Mahayana, kenyataannya di India tidak dikenal bangunan seperti candi ini. Benar bahwa desain arsitekturnya ide Stupa candi mengikuti pembagian kosmologi Budha-Mahayana. Bagian kaki candi yaitu 'kamadhatu'. Pada bagian ini menggambarkan tingkat kesadaran rohani manusia yang masih terikat pada berbagai keinginan duniawi. Bagian badan candi yaitu 'rupadhatu' yang melukiskan kesadaran rohani manusia yang mulai meninggalkan keinginan duniawai, namun masih terikat pada konsepsi nama dan rupa. Sedangkan yang terakhir ialah bagian kepala candi, yaitu 'arupadhatu'. Yakni, bagian yang mengilustrasikan kesadaran manusia yang telah mengalami pencerahan rohani sepenuhnya, tak lagi terikat pada nama dan rupa. Dalam Le Carrefour Javanais khususnya Buku Ketiga, Lombard mengungkapkan, orang Jawa Kuno menyembah gunung-gunung api tertentu. Seperti orang Bali yang memuja Gunung Agung dan orang Tengger memuja kawah Gunung Bromo. Pada pemujaan kuno itu masuklah konsep Gunung Meru, baik yang bersifat Hindu maupun Budha. Lebih jauh, terdapat konsepsi maharaja terkait pada poros itu dan dianggap sebagai “Penguasa Gunung” seperti Dewa Shiva di India. Borobudur merupakan perwujudan Meru yang indah sebagai tempatnya para orang-orang suci.

Lombard memaparkan lebih jauh. Dari abad ke-11 dalam kakawin Arjunawiwaha karya Mpu Kanwa tercatat adanya ritual pemujaan Raja Airlangga kepada Dewa Gunung, Indraparwata. Dalam Kakawin Nagarakertagama dari abad ke-14 juga diceritakan bagaimana Mpu Prapanca memohon perlindungan pada Parwanatha (penguasa gunung), yang tiada lain ialah Raja Hayam Wuruk. Tak kecuali Mpu Tantular dalam karyanya Kakawin Sutasoma, juga dari abad ke-14, tercatat berbuat serupa, yakni mempersembahkan satu gubahan susastra pada Girinatha (Raja Gunung).

Lombard mengatakan, folklor pemindahan Gunung Meru dari India ke Jawa. Masih dari abad ke-14, kitab Tantu Panggelaran kisah penciptaan manusia dan sekaligus penataan Pulau Jawa oleh para dewa. Gunung Penanggungan di Jawa Timur pernah dianggap sebagai gunung kosmis sekaligus Gunung  Meru yang berasal dari India itu. Juga disebutkan perwujudan gunung kosmis yang lain terdapat di dekat Blitar, tempat raja-raja Majapahit membangun Candi Panataran. Sementara itu dari dunia wayang, Lombard menggarisbawahi ritus pemujaan pada gunung api yang terungkap pada simbolik 'kayon' atau 'gunungan'. Kayon atau gunungan secara simbolik berfungsi membuka dan menutup sebuah babak kisah (tancep kayon), juga secara simbolik melukiskan panorama alam semesta dengan segala isinya.

Bentuk Borobudur merupakan stilistika gunung api menjadi “gunung batu” sebagai perwujudan simbolik dari Gunung Meru, namun sekaligus juga perwujudan ide perihal stupa ukuran besar. Bermaksud memadukan ajaran puja bakti Budha-Mahayana dan pemuliaan terhadap leluhur Syailendra sebagai dewaraja adalah spirit di balik konsep estetis dari model arsitektural Borobudur.

Artinya, bicara aspek tujuan dan makna pembangunan Borobudur, secara hipotetis dapat disimpulkan bahwa selain merupakan bentuk pengejawantahan dari doktrin Budha-Mahayana, bukan mustahil maksud dibangunnya monumen ini ialah sebagai upaya membuat stilisasi gunung api secara simbolik dan ornamental ke dalam bentuk candi sebagai tempat pemuliaan akan leluhur Wangsa Syailendera. Tafsiran ini relevan dengan istilah Syailendra, yang bermakna 'Yang Dipertuan dari Gunung'. Arsitektural ini mengekspresikan adanya kesatuan geokultural yang khas Indonesia.



1 komentar:

Unknown mengatakan...

aset budaya nusantara tak terkira nilainya yang perlu kita jaga demi anak cucu bangsa ini