Jumat, 10 Maret 2023

kenapa ogah makan ikan ?


kuliner ikan selain menguatkan karakter tradisi juga bikin sehat

Kenapa banyak penduduk Indonesia terutama anak-anak  lebih memilih makan daging sapi, telur dan ayam sebagai sumber protein dibandingkan ikan. Padahal, masih banyak sumber protein lainnya misalnya tahu, tempe, ikan yang kandungan gizi dalam ikan tak kalah tinggi. Kandungan protein ikan  tak kalah dengan daging lo gaess. Point pentingnya lagi bahwa harga ikan lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam. Memang adasih beberapa jenis ikan yang harganya fantastis, tetapi di pasar lebih banyak ikan yang mudah dan murah harganya.

Jika tahu berbagai manfaat makan ikan mungkin bisa mulai beralih mengkonsumsinya, bisa dengan olahan kuliner yang khas darah masing-masing tentunya. Selain protein yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3. Omega-3 adalah zat gizi yang dibutuhkan sebagai makanan untuk pertumbuhan otak bayi dan menjaga kesehatan otak pada orang tua. Sangat potensian protein dan omega 3 pada ikan sangat membantu pertumbuhan tumbuh kembang anak. Karena  asam lemak omega pada ikan baik meningkatkan fungsi otak, terutama untuk kemampuan belajar, ingatan, dan perkembangan otak. Keren ya gaess . Nah kalau untuk orang dewasa bahwa orang yang makan ikan dengan cara dipanggang memiliki volume otak lebih besar dengan sel otak lebih besar. Bahwa volume otak yang lebih besar bisa meningkatkan fungsi ingatan dan pembelajaran. Terutama mendukung kemampuan otak dalam menyimpan memori.

Ikan juga mempunyai kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, makanya manfaat makan ikan tentu baik untuk tulang dan gigi. Karena ikan merupakan sumber mineral yang penting untuk kepadatan tulang, seperti kalsium dan fosfor yang mendukung untuk kesehatan sistem gerak, seperti pertumbuhan tulang dan gigi anak, hingga mengurangi resiko osteoporosis pada orang dewasa dan lansia. Manfaat  makan ikan lainnya misalnya menurukan resiko serangan jantung, daya imun, bisa mencegah asma pada anak yang tak kalah penting adalah menguatkan kesehatan mata kita gaess. Makanya wong-wong pesisiran harus konsisten makan ikan, karena sejatinya ikan sangat baik untuk tubuh kita.

Tidak ada komentar: