Senin, 06 Maret 2023

kini jamannya free dance

menariknya ada sisi pemberontakan dari tari ballet yang mapan

Melihat tarian yang seringkali menyatu dengan boyband ketika sedang konser, nampak sangat mendukung sebuah pertunjukan musik. Sebagai sebuah pertunjukan sama-sama pentingnya elemen tarian dan nyanyiannya, sehingga mampu mempengaruhi penontonnya untuk memberikan respon tidak hanya perorangan tetapi bahkan mungkin seisi gedung pertunjukan tersebut. Generasi kekinian Kpop dianggap menjadi pelopor pertunjukan ini. Tariannya termasuk tari modern, tarian yang telah mengalami perkembangan dengan nyata di dunia seni tari, pada berbagai rangkaian aspek elemen yang ada di dalam tarian tersebut bahkan cenderung bebas mengukuti emosi maupun keadaan alam yang mempengaruhi penciptaannya. Jelasnya masih terdapat unsur tarian. Unsur inti itu terdiri dari gerakan, busana, iringan musik serta makna dan pesan yang dibawakan pada saat pementasan. Sekaligus penciptaan tarian modern ini, juga bertujuan pansos popularitas penarinya yang memiliki skill tari.

Sejarah tari modern sudah ada pada awal abad ke duapuluhan, yang artinya tari modern ini bisa dikatakan sangat baru adanya namun mampu berkembang dengan cepat. Pada saat ini, bahkan di pelosok-pelosok desa juga tidak asing dengan tari modern. Ada beberapa jenis tari modern yang cukup terkenal di kalangan masyarakat dunia, yaitu hip hop dance, robot dance, locking, break dance, ballroom dance, popping dan shuffle dance. Terbentuknya tari modern pada dasarnya berasal dari kombinasi antara rasa dan emosi sehingga tidak ada batasan gerak atau mengandung suatu kebebasan pola dalam melakukan gerakan tari. Awalnya hanya uji coba seorang penari bernama Loei Fuller pada tahun 1981 , dia ingin mengembangkan pola gerakan alam serta improvisasi teknik. Hal yang dilakukan uji coba itu dipakai dalam peralatan pencahayaan revolusioner dan kostum transparan.

Tari modern kini semakin berkembang dengan pesat mungkin trendnya hampir sama ketika ballet menjadi trend saat itu, kini tari modern bisa dianggap sebagai hiburan dan pertunjukan. Sebagai hiburan mungkin karena hanya potongan-potongan tarian yang dilakukan sebagai unjuk gigi atau skills penarinya diruang publik. Dan tari modern bisa menjadi sebuah pertunjukan ketika dijadikan sebagai drama musikal atau dipadu dengan konser musik gaess. Perkembangan tari modern ini juga menjadi peristiwa kebudayaan dunia, karena pengaruhnya mengglobal, bahkan menandai jaman milenium digital seperti sekarang ini. Lantas pakah kemudian kita sebagai bangsa nusantara yang punya tradisi dan budaya dari leluhur kita dengan kekayaan tari-tari tradisional akan kita tinggalkan, tentu tidak gaess prinsipnya apa yang sudah diwariskan oleh leluhur bangasa ini sebaiknya harus dijaga dan lestarikan.Memang begitulah tantangan merawat tradisi bangsa, akan menghadapi gesekan dengan budaya global . Hadapi saja.

 

Tidak ada komentar: