perlu menjelaskan product knowledgenya pada pembeli
Ketersediaan kerajinan di pusat oleh-oleh tempat wisata bisa
membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung dan belanja. Kerajinan yang unik
menarik serta bisa ditawar tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi
pengunjung obyek wisata, karena salah satu peran kerajinan tersebut akan
dijadikan buah tangan pada sanak saudara teman dan sahabatnya ketika pulang
dari berlibur. Biasanya selalu saja yang ditanyakan apa oleh-olehnya. Entah latar belakangnya kenapa mereka bikin, atau bahannyalah, atau kerajinan ini dari suku atau daerah mana. Nah
selain oleh-oleh makanan biasanya kerajinan tangan khas daerah tersebut atau
dibeli karena uniknya. Membuat kerajinan rumah menjadi sebuah bisnis memang
bukan untuk semua orang, sebab jika tidak memiliki kreativitas yang tinggi,
karya kamu tidak akan menarik pembeli. Tidak mengherankan jika alasan membuat
bisnis kerajinan rumah selain untuk menciptakan sumber pendapatan lain juga
agar mendapatkan penghargaan atas kreasi tersebut. Mungkin sambil iseng kamu
bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas sebagai peluang usaha
penghasilan tambahan. Tidak perlu seniman atau pengrajin yang membuat kerajinan
itu , modal utamanya kreatif tak abis-abis gaess. Tetapi juga perlu diingat juga
bahwa membuat kerajinan tidak sekadar membutuhkan kreativitas, tetapi juga
strategi yang harus direncanakan dari awal hingga sebuah produk berakhir di
tangan konsumen.
Kegiatan membuat dan menjual kerajinan tangan mungkin akan
menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menguntungkan jika dilakukan dengan
suka cita, tetapi jika orientasi kamu adalah mendapatkan keuntungan, maka
pertimbangkan untuk menentukan jenis kerajinan tangan apa yang akan dijual.
Fokuslah pada produk kerajinan yang kita produksi dan pasarkan tersebut, ini
bertjuan agar ketika memasarkannya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang
product knowledge nya. Kadangkala ada yang terlalu banyak produksi yang
bervariasi sehingga malah tidak fokus. Misalnya banyak kerajinan tangan yang
diproduksi jenisnya dengan menjual berbagai jenis barang sehingga akan membuat
konsumen bingung harus membeli apa dan ini merupakan kesalahan yang umum.
Mungkin dengan menawarkan berbagai produk akan menarik lebih banyak pelanggan,
tetapi faktanya sebagian desainer yang membuat kerajinan justru membatasi
produknya berdasarkan satu jenis. Ini agar kita mampu ngobrol dan menerangkan
secara gamblang proses dan tradisi yang melatarbelakanginya pada konsumen atau pengunjung stand kita gaess, dan hasil
akhirnya mereka memborongnya. Nantinya pasti ada pertanyaan dari yang akan
diberi oleh-oleh, dengan demikian konsumen sudah punya bahan menjelaskannya. Asek
kan gaess.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar