Kamis, 22 Juni 2023

perempuan itu pengukir jiwa raga anaknya


Ajaran bangsa dinusantara ini rasanya hampir mempunyai kesamaan ketika berhadapan dengan ibunya, anak akan selalu mendasarkan dirinya untuk rasa hormat, rasa sayang, rasa selalu ingin membahagiakan bahwa beliau perempuan yang telah melahirkannya, telah merawat dan mendidikanya hingga dewasa dan mengerti akan makna kehidupan maka sebuah keharusan bahwa anak harus tunduk hormat pada ibunya. Hampir semua suku, agama dan golongan apapun semuanya mengajarkan hormat pada ortumu terutama ibumu.

Bung Karno pun seperti itu bahkan beliau juga mengajarkan pada kita semua agar selalu hormat pada ibunya Ida Ayu Rai, ketika semakin dewasa mungkin biasa lama tak bertemu, setiap kali bertemu beliau tunduk sungkem apalagi ketika pas hari raya idul fitri beliau juga sungkeman pada ibunya. Pelajaran tersebut mengingatkan pada kita semua bahwa sebesar apapun pengaruhmu pada dunia, seterkenal apapun dirimu, sekuat apapun kamu akmu adalah anak yang dilahirkan ibumu. 

Makanya tidak baik memberi cap bahwa perempuan itu lemah perempuan itu hanya di dapur kasur dan sumur, ini sebuah pemikiran yang picik pikiran yang tolol, perempuan juga manusia sama dengan laki-laki yang punya kemampuan dan kedirian yang sama, bahkan ada keistomewaan perempuan yang tidak bisa disamakan kualitasnya dengan para laki-laki,. Perempuan itu manusia yang istimewa karena dia dikaruniai kodrat melahirkan anak dan menyusui anak yang dibeklali dengan lembut hati serta ketulusan kasih sayangnya. Sudah sepantasnya para laki-laki harus hormat pada perempuan, apalagi masih punya kemampuan seperti laki-laki misalnya intelejensianya, tingkat akademiknya, peran jabatannya dan kemapuan kepemimpinannya sudah banyak contohnya. Bahkan peraturan dasar kita jika telah menyejajarkan secara bertahap dan progresnya sangat signifikan. Dia tetap saja perempuan mestinya akan lebih lembut hati nuraninya ketika memegang sebuah jabatan dia bukan robot dan dia bukanlah follower karena perempuan dilahirkan sejak awal untuk memelihara, merawat dan membesarkan anaknya hingga dewasa dan berjuang agar berguna untuk agama, bangsa dan keluarganya. 

Hormatilah ibumu, 

Hormatilah ibumu, 

Hormatilah ibumu

Hormatilah bapakmu

Tidak ada komentar: