Kamis, 23 Mei 2024

tahukah kamu nama bulan jawa kuna



Nama-nama bulan yang kita kenal itu adalah dari pengaruh kalender masehi misalkan januari itu diambil dari dewa pintu yang punya muka depan belakang, februari dari kata februa yaitu punya arti pembersihan, adalagi maret diambil dari istilah dewa perang romawi March dan sebagainya yaa gaess. Kalian perlu tahu kita sebagai bangsa juga sebenarnya puya nama-nama bulan misalnya dari jawa kuna antara lain : Januari nama bulan dalam jawa kunanya adalah wadana, februari wijangga, maret itu wiyana, april widodo emang kadang -kadang nama bulan dipakai untuk nama. tetapi kalau dilihat tokoh nasional yaitu presiden joko widodo kok lahirnya bulan juni gaess. Nah bisa jadi lain infonya joko widodo nama kecilnya adalah Mulyono mungkin karena sakit-sakitan kemudian diganti dengan joko widodo yang artinya laki-laki yang bijaksana.

Bulan berikutnya bulan mei dalam jawa kunanya widarpa, juni wilapa juga ada cerita dulu ada tokoh PNI partai nasional Indonesia yaitu Mr Wilopo beliau juga pernah memimpin kabinet yaitu kabinet wilopo tapi beliau juga tidak lahir di bulan juni tetapi bulan oktober gaess. Mungkin orang tuanya dulu memberi nama wilopo itu karena artinya suka berbuat adil bukan karena lahir dibulan juni. Begitulah bahasa jawa yang mengalami perubahan di jaman sultan agung.

Kalau bulan juli disebut wahana dalam jawa kuna, agustus wanana, september wirana, oktober wujana dan bulan november wijala dan bulan desember disebut warana dalam bahasa jawa kunanya gaess. Memang bangsa ini cukup kaya terbukti kuat kebudayaannya dari kulinernya bahasanya serta strategi perangnya dan sangat teruji dalam mengarungi lautan gaess, sudah seharusnya anak-anak bangsa nusantara ini bangga menjadi manusia-manusia yang berbudaya sangat luhur peradabannya.

 

Tidak ada komentar: