Sabtu, 06 September 2025

penguasa yang peduli kesenian rakyat


 

Dulu ada perempuan istimewa yang bernama Sri Gambyong, seorang penari asal Surakarta yang mengangkat derajat tarian rakyat ini ke istana Kasunanan Surakarta di era Paku Buwono IV. Dalam membawakan tarian tayub, penampilan Sri Gambyong sangat memukau berbeda dengan penari-penari tayub pada umumnya. Tayub atau tledhek sudah menjadi kesenian rakyat untuk menghormati dewi sri atau dewi kesuburan, dengan tema pergaulan gaess, tarian rakyat tersebut dihaluskan dan dipopulerkan oleh seniman Nyi Bei Mardusari agar lebih sesuai untuk pertunjukan di istana. 

Keluwesan penari Sri gambyong ini menjadi bahan pembicaraan masyarakat di wilayah Keraton Surakarta dan sampai terdengar hingga ketelinga Raja. Lalu pihak Keraton Surakarta mengundang Sri Gambyong untuk menyajikan tarian di hadapan Sang Raja dan lingkungan istana. Setelah itu diceritakan Raja menginginkan tarian Sri Gambyong tersebut diadopsi dan dipoles lagi hingga menjadi bentuk bakunya. Sejarah tari Gambyong mulai ditampilkan di lingkungan Istana Mangkunegaran pada era tahun 1916-1944, setelah digarap oleh penata tari keraton yaitu KRTM Wreksadiningrat pada masa Pakubuwana IX agar dapat secara rutin dipertunjukkan di kalangan bangsawan istana sebagai tari penyambutan tamu. 

Tetapi kesenian rakyat tetap saja menjadi milik rakyat, karena sudah menjadi bagian dari adat tradisi mereka gaess, makanya tari gambyong bisa lestari karena kerap ditarikan baik diistana juga di acara-acara hajatan di tradisi rakyat. Kisah tari gambyong memberikan pesan, setegas apapun sekeras  apapun raja sebagai penguasa memimpin pemerintahan , pemahaman dan sentuhan seni budaya akan sangat bermanfaat bagi rakyatnya. Seni membikin hidup lebih indah dan ilmu membikin hidup menjadi mudah gaess, gimana setuju nggak kamu gaess.

 

Kamis, 04 September 2025

rindai ini teater tradisi minang




Tarian rindai ini justru yang tersirat adalah gerakan-gerakan bunyi dan iramanya ditambah blocking posisi para pemainnya seperti menikmati sebah performance art teatrikal gaess. Bagi yang pertama kali melihat dan menyimaknya pasti akan terkesima dengan penampilan rindai tersebut apalagi dengan pencahayaan yang mendukung setiap adegannya gaess. Unsur-unsur teatrikal sebagai bahan dasar sudah ada dalam rindai ini gaess. Pertamakali melihatnya pasti kalian akan dibuat takjub karena irama dan bunyi-bunyi gebrakan tangan dari celana sarung dipakainya, keren banget gaess. Dalam situasi tertentu seruling khas minang saluang atau serunai memberikan kesan kerinduan pada ibu oaallah gaess sangat syahdu gaess. Rindai inilah teater minang yang sesungguhnya, dengan kekuatan kearifan lokal mampu menyuguhkan hiburan bagi rakyatnya serta kita semua. 

GenZ adalah mesin penggerak kesenian tradisi



Membangun kesenian tradisi agar menjadi kesenian yang selalu dimiliki oleh anak bangsa kekinian bukan semudah membalik telapak tangan gaess. Memang harus ada serius mengurusnya , selain skills dan kemampuan management kelompok seni  juga sumberdaya manusia yang bahan dasarnya adalah keinginan kuat dedikasinya untuk menjaga merawat melestarikan dan memajukan kesnian tradisi ini gaess. Salah satu kesenian tradisi yang populer dan sangat dicintai masyarakatnya adalah seni reyog ponorogo, kesenian ini tidak hanya disukai oleh masyarakat ponorogo saja tetapi semakin meluas hingga seluruh masyarakat indonesia menyukainya, paling tidak mengenalnya.

Dalam seni tradisi, karena sifat kemandiriannya peran masyarakat sekitarnya menjadi sangat penting bagi keberadaan dan kemajuannya gaess. Pemerintah rasanya terlalu banyak yang diurus sehingga sangat susah diharapkan sebagai kekuatan penopang kelompok-kelompk seni tardisi yang ada di seluruh Indonesia ini gaess. Mungkin sifatnya hanya program perlindungan dan penguatan via kebijakan nasional dan untuk aplikasinya hingga daerah-daerah sulit diwujudkan dan biasanya jauh dari kata sempurna.

Kreatifitas para pelaku kesenian ini yang sangat mendukung kemajuannya, genZ dan milenial sudah merasa bertanggungjawab sehingga mereka berbagi peran tentusaja tetap didampingi para seniornya gaess sebagai penjaga pakem. Ada yang menjadi penyiapan pemain tentusaja dengan atraksi -atraksi inovatif kekinian, ada yang menguatkan fungsi managemen modern juga yang tak kalah pentingnya sosialisasi via media sosial yang sekarang ini menjadi sarana promosi yang sangat efektif  dalam menggaet empati dan respek sosial gaess. Dan jika beberapa pilar tadi sinergi sangat dimungkinkan seni tradisi yang dulunya hanya survive begitu-begitu saja sekarang banyak yang makin eksis bahkan mampu untuk dijadikan cuan yang lebih baik gaess.

ada kalanya sesaji sarana komunikasinya


Sesaji kembang setaman tujuh rupa merupakan cara-cara orang jawa, memberi penghormatan pada leluhurnya dan berkomunikasi dengan dzat ghaib diluar lingkungan manusia gaess ataupu juga sebagai wujud puji syukur atas kelimpahan rejeki pada sang pencipta alam semesta. Kembang setaman tujuh rupa ini meliputi, bunga mawar merah putih, melati, kantil, kenanga , sedapmalam sebagai sarana lambang kesucian. Dalam sesaji ini selain kembang setaman juga ada wedang kopi air putih dan pisang ditambahi dupa atau kemenyan yang dibakar gaess ini mungkin menguatkan kesungguhan yang sakral.

Wedang kopi dan air putih dalam cangkir atau gelas ini juga sebagai penghormatan pada leluhur, yang telah memberikan warisan turun temurun pada keluarga dan masyarakat, tentang hidup berdampingan yang harmonis. Dan kalau pisang sebagai lambang tujuan hidup makmur sejahtera sentausa yang ingin dicapai oleh semua umat manusia. Kemudian menjaga konsentrasi dan suasana sakral, sambil membakar dupa dan kemenyan memanjatkan doa-doa untuk leluhurnya serta doa-doa permohonan pada sang pencipta alam semesta agar tidak tersesat meniti jalan hidup serta memohon perlindungan agar terhindar dari bencana dan malapetaka.

Rabu, 03 September 2025

penabuh tambua bisa trance


Permainan gendang yang dipukul merupakan permainan yang mengasyikan, apalagi dalam suasana senang riang bisa saja tak terasa akan memunculkan beat-beat yang alamiah menyenangkan, lama-lama pemainnya bisa trance. Misalkan alat musik perkusi dari minangkabau ini gaess tambua tansa semacam gendang yang dipukul bersautan berirama dan bikin senang baik yang mendengar maupun yang main gaess. Dan untuk menjaga hal-hal semacam kerasukan tersebut, biasanya didampingi para senior yang membantu jika mereka lagi main terus kesurupan atau trance terbawa suasana musik perkusi ini gaess.

ketrampilan perempuan bali membawa gebogan



gebogan adalah susunan buah persembahan pada upacara adat di bali, 
aneka buah yang disusun kerucut menyerupai gunung gaess. 
Kemudian dibawa diatas kepala sambil berjalan oleh perempuan bali 
gebogan  akan dibawa menuju ke pura untuk acara upacara adat mereka.

 

tari seka suku kamoro mimika




Ada tarian adat masyarakat kabupaten mimika papua bagian selatan yaitu timika , kaimana dan fakfak, disana ada tari seka yang merupakan tarian adat suku kamoro dan amunge gaess. Mungkin kalian sudah pernah kesana atau melihat tarian ini. Terutama di pesisir mimika tarian ini dulunya sebagai tarian adat sebagai rasa syukur pada sang pencipta alam atas rejeki yang berlimpah. Tapi dalam perkembangannya tari seka ini menjadi tari pergaulan anak-anak muda gaess.
 

Senin, 01 September 2025

bangbarongan sunda bikin gemes


Bangbarongan ini semacam barongan ala sunda gaess, terbuat dari kayu jati dan dimainkan menyerupai karakter barong. Dengan dilengkapi kostum yang menutupi tubuh pemainnya, bangbarongan wujudnya menyerupai binatang atau mahluk mitologi sunda. Mereka memainkannya sebagai seni pertunjukan tradisional yang menghibur para penonton saat ada hajatan gaess. Anak-anak dan dewasa pun menyukainya, polahnya yang kadang lucu juga kadang menakutkan makanya permainan bangbarongan ini bikin gemes campur penasaran gaess.

pertunjukan tari aluyen suku moi sorong




Pertunjukan tari aluyen atau sering disebut tari alen, yang ditarikan untuk penyambutan tamu ini merupakan perpaduan gerak serempak mengikuti lagu. Aluyen dari kata alu itu lagu dan yen itu menyanyi, jadi penari dengan pakaian adat papua barat daya lengkap dengan kamlanan perhiasan adat mereka. A luyen ini ytari penyambutan tetapi tematiknya tari pergaulan antara laki-laki dan perempuan dalam suasana kerbersamaan yang kompak gaess. Tradisi seperti ini harus dijaga dirawat dan dilestarikan agar anak cucu generasi mendatang dapat mewarisinya gaess.
 

kostum dayak kalimantan



 

Minggu, 31 Agustus 2025

ada batas kesabaran


tak ada tujuan lain selain hanya kedamaian
bagi rakyat lebih baik diam dalam keramaian
tak ada kamus melawan selama itu nyaman
hanya terlalu terlibas terlindas amuk diutamakan