Selasa, 12 Juli 2022
capailah semestanya
Senin, 11 Juli 2022
even budaya di jember nyumber terus
Jember merupakan daerah tujuan pendatang, baik dari
banyuwangi, madura, jawa mataraman dan ada mandar , bugis, china juga masih
banyak etnis lainnya yang hidup dalam wilayah kabupaten ini. Memang dalam
sejarahnya ada beberapa wilayah yang dulu masuk kerajaan balambangan banyuwangi
dan sebagaian pengaruh mataram islam serta sebagain lagi migrasi dari
masyarakat madura yang didatangkan untuk bekerja di perkebunan jaman penguasaan
ileh belanda. Makanya dengan banyaknya ragam kesenian sebenarnya secara jujur
itu semua adalah kekayaan budaya
meskipun tidak asli –asli banget karena mungkin proses akulturasi budaya
yang terjadi dalam dinamika sosial kemasyarakatanya. Bayangkan jika even-even
tersebut di wadahi dan difasilitasi oleh pemerintah mungkin hasilnya akan
menjadi momen peristiwa kebudayaan yang akan mampu membentuk karakter dari
masyarakat jember.
Mulai dari seni pertunjukan tradisional hingga seni rupa dan
sastra teater yang termasuk seni modern mempunyai wadah-wadah yang dikelola
secara mandiri . Sepertinya acara-acara yang bermunculan secara padat jadwalnya,
nampaknya saling berinteraksi saling menunjukan eksistensinya serta kemampuan
tetapi sebenarnya tujuan komunitas seni tersebut bukanlah untuk pamer pada
penguasa pemerintahan tetapi semata-mata adalah tuntutan ekspresi dan apresiasi
masyarakat. Karena faktanya selama ini komunitas seni ini bisa hidup dijember
karena respon baik dari masyarakat, mereka ditanggap mereka diapresiasi
karyanya dan mereka juga menjadi kebanggaan masyarakat. Heibaatnya masyarakat
jember merawat tradisi nusantara dengan cara yang sederhana dan mudah dilakukan
dan tidak memerlukan strategi yang muluk-muluk, baru nanti setelah mereka kuat dan
mandiri pasti akan muncul ide kreasi dan inovasi dalam menggerakkan seni budaya
secara lebih konstruktif ideal.
putra perkasa , musik patrol tak ada matinya
Putra perkasa etnic percussion adalah grup musik patrol yang
sudah cukup senior dalam kancah perpatrolan di jember, kira-kira usia grup ini
sudah delapanbelas tahunan. Putra Perkasa Etnic Percussion bermarkas besar di Jalan
Manyar Gg Antrokan gebang Poreng-Jember, masyarakat jember tentu tidak asing dengan
musik patrol apalagi masyarakat disekitar wilayah gebang dan kampung kebon mungkin
diwiliayah ini dulu dinamikanya sangat cepat dan termasuk perkampungan lama dan
sangat padat penduduknya. Indikasi kepadatan dan keramaiannya jaman dulu adanya
pasar gebang dan terminal gebang , cukup menjadi bukti jika waktu itu dinamika
sosial disitu cukup dinamis.
Putra perkasa etnic percussion adalah grup musik patrol yang tidak pernah absen dalam memeriahkan momen ramadhan di jember, juga malam takbiran mereka selalu mewarnai jalanan di jember. Juga dalam kompetisi Putra perkasa etnic percussion adalah grup musik patrol yang terlibat aktif dalam mensukseskan festival musik patrol yang diadakan oleh ukm kesenian unej rutin tiap tahunya. Jember patrol never die, tak ada matinya musik patrol jember, begitulah semangat anggota komunitas ini mendedikasikan dirinya dalam pengembangan musik patrol di jember. Makanya mereka juga menyipkan para generasi penerusnya, melatih anak-anak bermain patrol sejak dini. Salut pooll.
Grup ini juga bisa diundang untuk mengisi
acara dan event karena dengan tanggapan ini pemain dan crew serta pengurus akan
mendapatkan support vitamin yang bermanfaat bagi kelangsungan permainan musik
ini. Dan jika kalian mau mengundangnya hubungi saja contact personnya tak kasih
bocoran yaa, hubungi pak slamet dengan nomor hape 082232416282 . Semoga nanti
kalian akan puas dengan penampilan mereka. Nego kontrak sendiri aja ya gaes. fotodoc igputraperkasa
sastra di jember makin marak
Forum Sastra Jember (FSJ) awalmula digagas oleh para penyair
dan pegiat sastra kira-kira akhir duaribu enambelas yang lalu , baik dari pelajar, mahasiswa, komunitas pemuda didesa-desa
jemberan, santri maupun dari pekerja seni seputar kampus. Mereka merasakan
perlunya semacam wadah untuk mengungkapkan gagasan dan ekspresi dibidang
sastra. Rupanya fsj mampu memberikan inspirasi bagi komunitas seni lainnya
untuk bergerombol berdiskusi bersuara untuk kemajuan seni yang mereka geluti,
sehingga pada perkembangannya fsj juga memberi ruang untuk seni lainnya
berekspresi dalam forum yang diadakan secara rutin sebulan sekali.
Beberapa tahap kemudian menjelma menjadi Srawung Sastra (SS) adalah pemajuan bentuk
dari Forum Sastra Jember (FSJ) dengan berkolaborasi dengan seni lainya dalam
satu event seni sebulan sekali tersebut . Srawung Sastra adalah forum budaya
dan ruang publik sebagai wadah diskusi dan pertunjukan seni budaya dari
kelompok maupun perseorangan yang memiliki minat serta kepedulian yang sama
guna pemajuan kebudayaan, khususnya di Jember dan sekitarnya.
Srawung Sastra komunitas yang bersifat terbuka dan independen, siapa saja boleh
bergabung yang penting punya kepedulian terhadap seni budaya utmanya sastra dan pengembangan literasi masyarakat. Sehingga komunitas atau insan budaya manapun yang mau bersama-sama
bekerja untuk menggeliatkan aktivitas dan gerakan pemajuan kebudayaan dan seni
pertunjukan di Jember dan sekitarnya bisa berekspresi disini. Salut untuk
kawan-kawan yang mendedikasikan dirinya dalam perkembangan seni budaya di
jember, ternyata secara mandiri dan saling bergotongroyong mampu mengadakan
pergerakan seni budaya dan hiburan untuk masyarakat jember.
Minggu, 10 Juli 2022
lain padang lain ilalang, lain lubuk lain ikannya
Pasar Beriman Tomohon Menado sulawesi utara ada beberapa bahan makanan yang dijual
dan tidak biasa, menurut orang luar karena ada daging anjing, daging kucing,
daging kelelawar hingga daging tikus bahkan bisa juga menemukan daging biawak
dan daging ular piton, yang dijual disana lho gaes.Penjualan daging ini bukan
tanpa sebab mengapa dijual secara bebas di Pasar Tomohon. Karena tradisi ini
sudah beributahun lamanya suku di Minahasa sendiri menganggap olahan dari
daging-daging ini selain sebagai kuliner juga merupakan jamu atau obat. Kini tidak semua hewan ada dipasar tersebut , ada beberapa yang mulai jarang dipasarkan. Biasanya masyarakat setempat akan membuat masakan tersebut menggunakan bumbu
rica-rica kalau gak sempat memasak juga ada resto ekstrimnya juga.
Pasar Tomohon ini disebut sebagai pasar paling ekstrem se
indonesia atau bahkan sebenarnya juga tak mengherankan jika disebut paling
ekstrim sedunia mungkin lo gaes. Sebab pasar ini menjual berbagai macam daging
ekstrem seperti yang disebutkan sebelumnya. Sudah berlangsung sangat lama
sekali , masyarakat disana biasa-biasa saja, yang nggak suka ya memaklumi
karena fakta ini adalah sebuah kekayaan tradisi yang ada di nusantara. Kini selain
menjadi pasar, tempat ini menjadi tempat wisata. Kebanyakan wisatawan luar
negeri ingin mengetahui secara langsung bagaimana kondisi pasar dan kulioner
ekstrimnya. Pasar Tomohon sudah kadung menjadi icon Manado , keduanya saling
suport bahkan tak bsia dipisahkan satu dengan lainnya. Peringatan yang jijik
melihatnya atau tidak tega lebih baik tidak melihat kesana, anggaplah ini
sebuah pengetahuan bahwa bangsa ini punya bermacam-macam suku bangsa dengan
adat istiadat dan budaya yang berbeda satu dengan lainnya dan selama ini hidup
berdampingan dalam kesatuan ideologi Pancasila serta kebhinekaannya. Salam dengan
pantun, lain padang lain ilalang, lain lubuk lain ikannya, menjaga budaya toleransi dan saling menghargai adanya perbedaan budaya diantara anak bangsa yang majemuk. Yang penting bangaimana generasi muda masa datang tetap mencari cara agar bisa merawat tradisi nusantara.
anak muda itu bernama chez
Mengenal sanggar rias dan tari chez karyaka ambulu artinya mengenal juga nama ponchez, seorang yang punya talenta sebagai kreator kostum, koreografi dan tatarias makeup artis. Namanya sangat populer dikalangan artis-artis dan model serta juga dikalangan seni tradisional terutama di ambulu bahkan jember. Banyak sekali prestasinya sehingga berefek pada banyaknya peserta didiknya, sanggar ini juga didiriknnya untuk melatih tenaga-tenaga muda yang berminat pada tata rias terutama make artis atau pengantin. Supel mudah bergaul dan tidak memandang status dan klas, hampir semua kalangan ia bergaul, bakat seninya menitis dari ortunya terutama ibunya bu santi karena beliau berasal dari keluarga besar seniman. Dan dalam beberapa tahun sebelum meninggal Chez banyak terlibat dalam kegiatan seni dan tatarias bahkan sempat ditawari untuk ikut terlibat dalam jember fashion carnival, tetapi karena padatnya kegiatan kahirnya diputuskan untuk tidak bisa ikut acara tersebut.
Sayang dia begitu cepat dipanggil oleh sang pencipta lebih limatahun yang lalu, tepatnya 17 november 2017 pergi meninggalkan kita semua. Setelah beberapa hari dirawat dirumah sakit, dengan ada indikasi penyakitnya hepatitis dan paru-paru yang tidak dirasakan karena padatnya aktifitasnya. Gejalanya ketika sering kecapekan dia terlihat drop, dan bebrapakali ngamar di rumah sakit. Banyak yang tidak menyangka anak muda dengan segudang prestasi dan peran pentingnya di bidang seni pertunjukan justru telah berpulang terlebih dulu. Kakaknya wonsen yang katanya lahirnya pas dihari senin kliwon juga sangat merasakan kehilangan adiknya ponses, menurut penuturan beberapa orang ponses karena lahirnya selasa pon , kenapa merasakan kehilangan mungkin disaat-saat naik daun dan menuju kesuksesannya adiknya meninggalkan keluarga. Upayanya untuk mengangkat harkat derajat keluarganya sangat kuat, apa saja dikerjakannya mulai dari profesi tatarias, make up artis , melatih anak-anak muda tatarias dan tari juga merintis persewaaan kostum tetapi tidak jumawa seroang ponses tetap rendah hati. Bahkan seringkali iklas berbagi pengetahuan dan biaya untuk mensukseskan sebuah pertunjukan seni, terutama ketika para seniman jaranan sedang mengangkat kelasnya via pagelaran kolosal bolosrewu jaranan barong ia sepenuh hati mendedikasikan untuk pertunjukan tersebut. Semoga chez tenang dan damai disisiNya, tetapi namamu tetap akan kita kenang sepanjang masa.
Sabtu, 09 Juli 2022
manfaat meditasi dalam latihan teater
Meditasi adalah salah satu bentuk metode latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, sehingga setelah melakukannya akan merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. Praktek meditasi ini umumnya dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur, hening dalam sepuluh hingga duapuluh menit. Dalam catatan sejarahnya cara meditasi ini merupakan aktivitas yang telah dilakukan selama ribuan tahun di berbagai negara, seperti Cina dan India. Berbagai riset sejauh ini juga telah membuktikan bahwa meditasi dapat memberikan banyak manfaat untuk mendukung produktivitas sehari-hari dan kesehatan mental maupun fisik. Meditasi dan konsentrasi sangat bersinergi dalam seni pertunjukan seperti teater .
Dalam latihan teater pun meditasi sangat berguna terutama
melatih pemain atau aktor menuju pendalaman karakter dan pembacaan naskah. Secara umum meditasi artinya
adalah menenangkan pikiran. Dalam teater dapat diartikan sebagai suatu usaha
untuk menenangkan dan memusatkan pikiran sesaat dengan tujuan untuk memperoleh
kestabilan dan ketenangan diri. Cara latihanya biasanya diawali dengan mengatur
pernafasan dan kemudian mencoba mengosongkan pikiran , dengan jalan membuang
segala sesuatu yang ada dalam pikiran kita, tentang berbagai masalah usahankan singkirkan
semua dari segala beban dan ikatan. Kemudian mulai memusatkan pikiran, atur
pernafasan dengan baik, hirup udara pelan-pelan dan keluarkan juga dengan
perlahan. Rasakan seluruh gerak peredaran udara yang masuk dan keluar dalam
tubuh dan akan merasakan hening, tenang, bisu, diam tak bergerak siap untuk
berkonsentrasi.
Konsentrasi kalau secara
umum berarti pemusatan. Dalam teater artinya pemusatan pikiran terhadap alam lingkungan
latihan atau peran karakter agar tidak terganggu dengan pikiran-pikiran lain, harapanya
dengan konsentrasi tersebut pemain teater menjiwai lakonnya. Diawali dengan
mengenali anatomi tubuh dan fungsinya, kemudian mendengarkan suara yang paling
bisa tertangkap oleh pancaindera. Kemudian melatih respon terhadap suara atau
gerakan yang ada disekitar latihan. Kemudian memasukan peran secara bebas dalam
simbol gerakan. Baru setelah itu masuk dalam peran yang ada dalam naskah. Terutama
pada saat akan membawakan suatu peran dengan gerak tubuh dan karakternya, konsentrasi
akan membantu memasuki sebuah peran baik dalam latihan maupun sebuah pementasan.
Jangan mudah menyerah latihan meditasi dan konsentrasi, latihan lah
berulangkali rasakan manfaatnya baik untuk kesehatanmu dan manfaat menguatnya
kecerdasan otak. Cobalah kalau kamu penasaran.
Jumat, 08 Juli 2022
kereta naga yang meluncur di JSG produksinya simpatik
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membuka porprov yaitu event olahraga dua tahunan ini, dengan didampingi Forkopimda Jatim, Ketua Jatim Muhammad Nabil dan keempat Bupati tuan rumah Porprov VII/2022 Jatim. Yang menarik mata penonton adalah moment sebelum membuka secara resmi dimulainya Porprov VII/2022 Jatim, terlihat Gubernur jatim naik kereta naga keliling Stadion JSG, ikut naik bersamanya Bupati Jember Hendy Siswanto, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjutak, dan Ketua KONI Jatim, M Nabil. Dan setelah turun dari kereta naga, Gubernur Khofifah dan pejabat lainnya naik podium dan memberi santunan ke anak yatim dengan diiringi salawat nabi. Wow keren.
Eh penarasan nggak sama kereta naga yang sangar estetik dan
menarik, sebagai warga jember kalian harus tahu siapa kreatornya gaes jadi
nanti kalau ada yang tanya bisa kasih informasi yang mantap. Ternyata sudah
tidak asing lagi kreatornya adalah para seniman simpatik seni musik patrol
cantikan dan sebenarnya sudah sering
membuat kereta-kerat semacam itu. Biasanya dipakai untuk mengusung musik
patrol, yang menarik adalah hiasan keretanya. Salut untuk seniman simpatik, jadi
turut bangga jadi warga jember karena jember itu gudangnya seniman . Tetap
semangat dalam berkarya memajukan kebudayaan nusantara. foto doc simpatik
Kamis, 07 Juli 2022
tari gambyong simbol puji syukur
Penampilan tari gambyong selalu diiringi dengan alat musik berupa gamelan dan tembang Jawa. Gamelan itu gong, kenong, gambang, serta kendang akan selalu dimainkan bersama-sama dengan gerak penari gambyong. Gambyong kini sering di pakai untuk menyambut tamu yang hadir, juga sebagai sarana upacara adat tradisi, tarian ini digunakan untuk upacara tertentu seperti perkawinan, bersih desa, dan panen padi. Kini seiring perkembangan jaman , yang tadinya berfungsi mengawali upacara mengalami perkembangan untuk penampilan di acara resmi, pembukaan acara kegiatan, kongres, hingga festival seni. Pada awalnya tari ini merupakan tarian keraton, terutama digunakan untuk upacara ritual pertanian demi mendapat kesuburan padi dan panen yang melimpah, menyimbolkan rasa syukur atas rejeki yang diberikan sang maha kuasa. Tari jawa klasik ini dalam pendidikan anak-anak di sanggar tari biasanya selalu dijadikan materi wajib, selain melatih kehalusan gerakan dan intensitas rasa yang menyatukan antara iringan gamelan dan gerakan penarinya. Pesan yang ingin disampaikan para instrukturnya adalah melatih kesabaran dan agar bisa rumangsa. Bagaimana gaes asikan belajar tari jawa klasik, kalau sulit melakukannya sendiri minimal kamu mengenal , mengerti dan mencintai seni tradisi nusantara.
Rabu, 06 Juli 2022
siapa yang melakukan ritual sedekah laut
Menurut A. Streenbrink seorang orientalis dari Belanda yang
pernah bermukim di Indonesia, masyarakat Jawa terbagi menjadi dua kelompok yang
dia sebut dengan official dan folk religion. Kelompok pertama adalah orang muslim
yang taat menjalankan perintah agama dan menjauhi larangannya. Sementara yang
kedua, merupakan orang-orang yang mengakui dirinya muslim tetapi tetap menjaga
tradisi kepercayaan lokal. Hal ini senada dengan klasifikasi keberagamaan Jawa
yang dikemukakan Clifford Geertz seorang antropolog Amerika yang pernah melakukan
penelitian di Pare. Dia mengelompokkan masyarakat menjadi tiga kelompok yaitu
abangan, santri, dan priyayi ini sisi pandang peneliti terhadap hubungan
kemasyarakatan di jawa timur padahal jika diurutkan sejarah pare jawa timur
pengaruh majapahit sangat kuat . Wilayah sekitar pare kediri yang juga pernah sebelumnya dipimpin oleh raja erlangga. Sehingga kasta dan penggunaan bahasa tidak
terlalu banyak tingkatannya, tidak seperti kerajaan mataraman.
Kajian sinkretis semacam ini melihat adanya suatu paduan
antara agama dan budaya. Keduanya telah bersintesa menjadi satu entitas tunggal
yang sulit untuk diurai kembali. Islam Jawa dalam pandangan seperti ini tampil
sebagai Islam yang menyerap tradisi. Dalam tradisi Islam Jawa terdapat sebuah
pandangan tentang sakralitas. Seringkali penghormatan atas sesuatu yang sakral
ini memunculkan banyak rupa, salah satunya melahirkan ragam budaya. Pandangan
semacam ini sangat umum, bukan hanya Ratu Kidul atau Nyai Roro Kidul, tetapi
ada juga tokoh lain yang melegenda yaitu Nyi Blorong. Biasanya ritual yang
dijalankan akan berlangsung secara meriah semua ikut merayakan. Acara sedekah laut selain meriah
juga sakral, kesakralan itu sebenarnya ungkapan rasa syukur dan penghormatan
terhadap penguasa lautan. Apalagi masyarakat yang hidup di sekitar pantai
memang seringkali menggantungkan hidup dengan lingkungan alamnya. Hal ini bisa
dilihat dalam mata pencaharian nelayan yang hidupnya digantungkan dalam proses
mencari ikan dilaut. Bermohon dan doa keselamatan dalam melakukan pekerjaan dan
selalu berada dalam kelancaran rejekinya menjadi pengamalan kognisi bersama,
jadi buka hanya profan semata tetapi sudah menjadi tradisi masyarakatnya. Bagi mereka
keyakinan seperti ini sangat wajar, sebagai bangsa yang bisa menghargai
perbedaan keyakinan lain inilah kebhinekaan indonesia. mungkin beginilah cara mereka merawat tradisi nusantara.
Selasa, 05 Juli 2022
eksistensi tari gandrung di era digital
Tarian Gandrung dibawakan dengan keceriaan dan bergembira suka, rupanya ada unsur khas Banyuwangi terutama masyakat osing. Tari ini dulu dibawakan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat setelah panen. Gandrung merupakan seni pertunjukan yang disajikan dengan iringan musik khas perpaduan budaya Jawa dan Bali. Tarian ini adalah salah satu bentuk kebudayaan dari Suku Osing yang merupakan penduduk asli Banyuwangi. Dalam moment tertentu kadang digunakan sebagai tari penyambutan tamu atau pembukaan event baik lokla maupun regional, nasional bahkan internasional. Tari gandrung ini sudah dikenal oleh masyarakat dunia sejak sering diadakan even internasional di Banyuwangi.
Tarian ini dipentaskan dalam bentuk berpasangan antara
perempuan sebagai penari gandrungnya dan laki-laki sebagai pemaju yang dikenal dengan paju. Tetapi kini lebih sering dilakukan secara koreografinya semuanya perempuan . Kesenian
ini kemudian terus berkembang di seluruh daerah Banyuwangi dan menjadi ikon
khas setempat. Pada mulanya gandrung hanya boleh ditarikan oleh para keturunan
penari gandrung sebelumnya, namun sejak tahun sembilanbelas tujuhpuluhan mulai
banyak generasi muda yang bukan keturunan gandrung yang mempelajari tarian ini karena
minatnya pada seni tradisi dan ada pula yang menjadikannya sebagai sumber mata
pencaharian. Upaya melestarikan tari Gandrung agar tetap eksis, karena seni
tradisi ini mengandung nilai-nilai historis komunitas Osing yang semakin
mengalami berbagai tekanan secara struktural maupun kultural sehingga perlu untuk mendapatkan dukungan baik masyarakat maupun pemerintah.