Selasa, 26 Agustus 2025

pelantikan ondoafi kampung ormu




Masyarakat papua khususnya dikampung kayobatu dan kayopulau, ada tarian adat tradisi saat mengadakan acara pelantikan ondoafi. Ondoafi adalah seorang pemimpin adat tradisidari masyarakat sentani di papua yang diyakini mempunayai kekuasan besar untuk mengatur masyarakatnyaPosisi Ondoafi diperoleh melalui garis keturunan laki-laki atau prinsip primogenitur patrilineal dan diwariskan dari Ondoafi sebelumnya. Tarian ini semacam puji syukur atas hadirnya pemimpin baru mereka gaess agar pemimpin ini mampu membawa kesejahteraan dan kemakmuran. Keren yaa gaess, meeka begitu percaya pada pemimpin mereka, makanya para pemimpin ini akan menjaga amanah kaumnya.

Minggu, 24 Agustus 2025

di sukabumi pengantin laki-laki dijemput penari



Dalam prosesi pertemuan pengantin laki-laki dan perempuan di adat tradisi sunda, ada tarian sebagai tarian penjemputan pengantin laki-laki gaess. Gerakan semacam tari jaipongan tetapi lebih kalem menyesuaikan jalanya rombongan pengantin laki-laki dan kemudian dipertemukan dan diarak menuju ke tempat pelaminan. Tari prosesi penjemputan ini masih sering dilakukan diwilayah jawa arat terutama di sukabumi dan bogor gaess. jadi nanti kalau kalian punya calon istri orang sana yaa siap -siap dijemput oleh penari-penari cantik, tetapi tetap kudu fokus lo yaaa jangan tergoda sedikitpun.

tari seka suku kamoro mimika



Tarian seka ini merupakan salah satu tarian yang berasal dari bagian selatan papua, meliputi daerah timika , fakfak dan kaimana khususnya di kabupaten mimika. Disana terdapat dua suku asli papua yaitu suku amunge dan kamoro. Tari ini merupakan tari yang menceritakan pada alam semesta rasa syukur atas hasil panen yang mereka dapatkan juga sebagai tarian adat sebagai pengatar calon pengantin perempuan dan pengantin laki-lakinya. Namun kini peruntukan tari seka lebih sering digunakan sebagai tarian penyambutan tamu gaess.

Sabtu, 23 Agustus 2025

sisingaan subang sebagai simbol perlawanan



Masa penjajahan para seniman nusantara masih juga menyempatkan kretifitasnya untuk tetap berkarya dan berjuang melawan penjajahan yang ada diwilayahnya gaess. Jika di jawa timur dikenal seni ludruk yang menginspirasi perlawanan penjajah, di subang jawa barat juga ada tari sisingaan yang dipakai sebagai simbol perlawanan gaess. Tari sisingaan ini terdiri dari empat penari yang memikul boneka singa sebagai simbol penjajah, yang nantinya dinaiki oleh anak kecil sebagai simbol perlawanan generasi muda terhadap penjajahan. Mereka menari dengan diiringi gamelan kendang, kempul serta gong, mengarak sambil berjoget, atraksinya ketika memikul sisingaan sambil kompak berjoget gaess. Peristiwa budaya ini dijaman kekinian menjadi acara hiburan terutama untuk acara khitanan anak, semoga esensi nilai budayanya sebagai sebuah karya perlawanan masih menempel jelas gaess menjadi bahan literasi bagi generasi penerus bangsa.

identitas silek harimau, pakai kabek kapalo



Seni beladiri yang berkembang di nusantara dewasa ini kian beraneka ragam, ada asalnya dari jepang misalnya jiujitsu, dari korea taekwondo, kungfu dari cina, di brasil ada capoeira,  seni neladiri asal india dan kalau di nusantara ini dikenal dengan pencak silat gaess. Silat merupakan seni beladiri yang mengajarkan pertahanan diri, tetapi juga pembelaan diri terhadap serangan. Bahkan jika diperlukan juga ada jurus penyerangan gaess. Nah salahsatu silat yang dikenal di nusantara ini adalah silek minangkabau, yang terkenal silek harimau . Silek ini selain sebagai seni beladiri juga mengajarkan integritas nilai-nilai filosofi minang, juga membangun pesilat mempunyai karakter dan kepribadian sebagai pembela dan menjaga identitas tanah minang. Jadi silek harimau ini juga sebagai identitas budaya minangkabau gaess. Misalnya pesilat harus memakai kabek kapalo, ikat kepala hal ini sebagai simbol bahwa ada kepercayaan secara spiritual jika latihan silek tak pakai kabek kapalo akan diganggu inyiak balang lo gaess. 

Jumat, 22 Agustus 2025

Secara umum, apa sih ciri budaya jawa

 

Orang Jawa punya ciri yang sangat umum yaitu selalu tersenyum dalam bertegursapa meski enggak kenal gaess, ini adalah perwujudan dari rasa sopan santun yang slalu diajarkan oleh ortu dan leluhurnya. Dikenal kalem dalam bertutur kata maupun bertindak, tetapi punya jiwa pekerja keras dan bisa sangat berpegang pada prinsip yang diyakininya, ringan tangan bila ada yang minta pertolongan buktinya suka bergotong royong tetapi juga punya rasa sungkan dan hormat yang mendalam pada figur yang sangat dihormatinya, apalagi dalam upaya membikin repot bisa-bisa nggak jadi minta tolong karena sungkan. 

Dalam hidupnya ada prinsip nrimo ing pandum, pasrah karena segala sesuatunya sudah ada yang mengatur baik lahir rejeki dan mati. makanya orang jawa sering bersyukur dan iklas dalam menghadapi kesusahan gaess. Apakah ini tidak progresif, tetaplah gaess buktinya kemajuan di jawa juga cepat, pemimpin dari jawa juga banyak serta perbaikan-perbaikan menuju perubahan yang lebih baik orang jawa juga setuju gaess. Mana ada pembangunan yang gagal di jawa. Ini bukti care nya orang jawa.

Kehalusan rasa dan budi pekerti yang baik sering dianggap orang jawa sebagai pengecut nggak berani terang-terangan terbuka ketika ada konflik. Mereka lebih sering mengalah dari pada ada pertikaian yang justru merugikan semua pihak. Adalagi yang sering terjadi pada keseharian orang jawa ketika berinteraksi dalam kehidupan sosialnya, rasa sungkan dan hormat mendalam pada orang yang dihormatinya baik karena senior, jabatannya lebih tinggi, atau kelasnya pendidikannya lebih tinggi. Makanya akan respek ketika berbenturan dengan mereka-mereka yang lebih tinggi, ini bukan berarti kalah mngkin lebih tetapnya mengalah untuk menghindari konflik kepentingan. Apalagi yaa gaess...

ritual di patirtaan jolotundo mojokerto



Ritual yang diadakan di patirtaan jolotundo mojokerto ini bertujuan sebagai acara pensucian diri sebelum acara nyepi serta ngumbah gaman pada satu suro. Sepintas seperti tradisi rokat sumber yang memberikan sesaji sebagai bentuk syukur atas sumber mata air yang menghidupi warga desa selama ini. Kalau di jolotundo tittle acara ritualnya manunggaling tirta suci, sebagai syukur atas keberkahan sumber mata air, setelah ritual yang dipimpin oleh sesepuh selesai, pengunjung yang mengikuti ritual ini diperbolehkan untuk mengadakan ritual secara pribadi dengan memohon doa pada sang pencipta alam semesta melalui perantaranya yaitu khasiat air suci jolotundo gaess.

Upacara rambu solo ritual adat super mewah di tana toraja




Penghormatan terakhir pada orang tua atau leluhur orang tana toraja yang super duper mewah dengan biaya yang fantastis kini menjadi destinasi wisata yang banyak menarik minat para turis asing dan domestik untuk mengikutinya. Biaya tersebut menjadi tanggung jawab semua anggota di keluarga besar mereka, dari mulai puluhan kerbau seharga pajero, konsumsi dengan menu musim dan non muslim untuk memenuhi kebutuhan sekitar hampir tiga minggu ini karena upacara ini dilakukan oleh golongan kasta bangsawan gaess.

Dari mulai menyiapkan pondok-pondok untuk para tamu dan keluarga jauh yang ingin mengikuti upacara rambu solo, mengumpulkan hewan ternak yang mau sembelih di qurbankan baik babi maupun kerbau, membuat rumah jenazah, menyiapkan kuburan dimana jenazah akan semayamkan, prosesi arak-arakan mengantarkan jenazah prosesi ini  mewajibkan seluruh anggota keluaraga dekat , jauh kerabat , saudara dan tamu-tamu serta tetangga. Prosesi yang mereka lakukan ini penuh kidmat serta bahu membahu bergotong-royong diantara mereka. Rambu solo merupakan penghormatan terakhir pada leluhur dengan tetap berpegang pada adat tradisi di tana toraja, juga sebagai upaya melestarikan nilai-nilai tradisi agar generasi penerusnya tidak tercerabut akat budayanya gaess.

Kamis, 21 Agustus 2025

tetaplah bertahan


dari luar aroma keadilan terucap
anyir menyertai harumnya kata-kata
inginku lepas dari isu penuh asap
mungkin lebih baik merendam cita

 

ritual dan puasa menguatkan moods dan intensitas dalam pembuatan keris


Empu adalah sebutan untuk profesi pembuat keris di nusantara ini gaess, dulu seorang empu menjadi kondang karena keris yang dibuatnya kualitasnya tidak diragukan lagi. Terutama keris buatannya telah dipakai oleh bangsawan atau raja, sehingga keris buatannya makin menjadi dikenal oleh para bangsawan lainnya. Empu jika perlu konsentrasi dalam membuat keris mungkin karena membutuhkan inspirasi bentuknyanya baik motif, pamor maupun bahan bahannya. Empu ini juga seerti seniman, beliau seniman dalam hal metalurgi, seniman tetap saja seniman yang susah dipaksa dan diperintah bila dia sedang tidak moods, dan tanpa diperintah bisa saja karyanya selesai dalam satu malam gaess.

Sebelum mengawali pembuatan keris  empu biasanya melakukan upacara ritual dan puasa, demi kelancaran , memmohon kekuatan mental dan fisik, serta memohon kemudahan mencari bahan-bahan dasar keris tersebut gaess. Ritual ini semacam ritual pensucian diri, agar terhindar dan bersih dari anasir-anasir jahat selama pembuatan keris tersebut. Ada info-info puasa tiga hari ini waktunya rebo pon, kamis wage dan jumat kliwon atau bisa dilakukan pada hari kamis wage,jumat kliwon dan setu legi gaess hal ini iringi doa-doa dan sesaji sebagai bentuk penghormatan ada leluhur. Semuanya dilakukan demi mendapatkan karya yang punya nilai magis sakral dan indah estetik dan berkualitas tinggi.
 

kemben simbol keanggunan perempuan jawa



Kemben ini sebutan kain atau batik yang dililitkan pada bagian dada hingga perut perempuan jawa, juga perempuan bali maupun lombok. Kemben merupakan daleman busana kebaya perempuan, dalam konteks kemasyarakatan jawa perempuan yang menggunakan kemben biasanya masih menjaga keperawanannya, karena  mungkin lilitannya terkesan sangat singset sehingga membentuk keindahan perempuan jawa gaess. Penari yang memakai kostum kemben ini biasanya merupakan tarian-tarian sakral yang hanya ditarikan di istana kerajaan, misalnya gambyong , memakai kemben menguatkan estetika seni tari ini,  bagian atas dada terbuka sehingga sirkulasi udara sekitarnya membuat nyaman penari terutama jawa ada diwilayah tropis yang panas. Karena kehalusan intensitas gerakan tari klasik membutuhkan konsentrasi serta kekuatan tubuh saat menarikannya. Ingat yaa gaess bahwa pemakaian kemben ini bukanlah mengumbar aurat semata, tetapi memang secata adat tradisi nusantara terutama jawa ada nilai-nilai yang menyertainya selain estetika, religius upacara adat, simbol kesucian dan keanggunan perempuan jawa serta kenyamanan pemakainya. Lha terus dengan kesempitan pandangan lalu memerintahkan penari yang kostumnya menggunakan kemben harus memakai manset atau body stocking agar tidak terlihat pornografi atau mengumbar aurat. Mungkin literasinya yang harus lebih luas agar wawasannya makin menyerap keilmuan dan pengetahuan hingga jadi bijak  dalam bersikap.