Rabu, 02 November 2022

wastuwidya ajaran membangun dengan bijaksana



 


Kebudayaan  nusantara dalam bentuknya tercermin dalam karya arsitektur secara lebih luas  yang meliputi sikap kepercayaan terhadap agama,  struktur sosial politik, ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi dan estetika. Nilai –nilai kebijaksanaan dalam perwujudan kebudayaan dinusantara ini juga memberi kisi-kisi kebenaran (logika), kebaikan (etika), keindahan (estetika). Dalam jawa kuno terdapat istilah wastuwidya yang artinya membangun dengan bijaksana, dalam hal ini bijaksana merupakan pemahaman tanah dan air  sebagai  sumber kehidupan menjadi dasar pijakan disetiap pembangunan yang akan dilakukan oleh para pemimpin jawa. Jadi arsitektur dalam pemahaman jawa kuno adalah  lebih mencerminkan pembangunan logoka, etika dan estetika selaras dengan alam.

Bukanlah seperti model yunani yang menonjolkan kekuatan, eropa yang memberikan status politik tertinggi dan gengsi dan kebesaran maharaja selalu diukur dari bangunan-bangunan istana dan gedung-gedung negara atau kerajaannya sama di mesir juga begitu . Lain  dengan india arsitek disebut juaga sutradara, yang mempunyai kapasitas seni bangunan, seniman atau pemahat, bangunan lebih cenderung menonjolkan keindahan hingga kini kebudayaan yang saling asimilasi bahkan terjadi akulturasi maka percampuran bentuk bangunan bisa saja menjad bentuk baru di nusantara sekarang ini.

Indonesia merupakan kepulauan nusantara menjadi keniscayaan terjadi silang budaya, pergerakan manusia pada abad-abad pra sejarah. Persilangan tersebut pada akhirnya membentuk suatu persebaran budaya yang beraneka ragam. Keragaman budaya arsitektur pun juga memiliki perjalanan panjang diantara budaya suku-sukunya dan karya budaya tersebut adalah kekayaan arsitektur yang luarbiasa mengagumkan. Kebudayaan arsitektur nusantara yang memiliki keunggulan dan berpijak pada kearifan lokal sehingga dapat memberi makna bagi kehidupan manusia. Karya arsitektur diukur dari perspektif filsafat manusia, sehingga dapat diketahui adanya nilai-nilai relijius yang mendasari dalam mewujudkan karya arsitektur nusantara. Konsep ruang yang menjadi dasar dalam penataan ruang luar dan ruang dalam selalu berpijak pada orientasi kehidupan manusia selaras ajaran jawa kuno yaitu wastuwidya . Terbukti dengan adanya bangunan candi atau seni bangunan lainnya yang secara bijak mencoba memadukan perkembangan ilmu pengetahuan, keragaman kepercayaan dan agama-agama yang berkembang di nusantara ini termasuk agama Islam, hindu , budha, kristen dan konghuchu. Mungkin tidak akan terwujud bangunan tadi bila tidak didasari ajaran kebijaksanaan di nusantara ini.

Kebudayaan berasal dari kata cultuure (Belanda) culture (Inggris) dan colere (Latin) yang artinya mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan terutama pengolahan tanah yang kemudian berkembang menjadi segala daya dan aktifitas manusia manusia untuk mengolah dan mengubah alam. Dari bahasa Indonesia (Sansekerta) “buddhayah”, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal. Pendapat lain “budaya” adalah sebagai suatu perkembangan darikata majemuk budi-daya, yang berarti daya dari budi, karena itu mereka membedakan  antara budaya dan kebudayaan. Budaya adalah daya dari budi yang berupa cipta,karsa dan rasa. Di dalam masyarakat kebudayaan merupakan  wadah tumbuh dan berkembangnya karya seni yang meliputi seni sastra, seni musik, seni pahat, seni rupa, dan pengetahuan filasafat.

Kebudayaan adalah keseluruhan pengetahuan manusia yang dipunyainya sebagai makhluk sosial digunakan untuk memahami dan menafsirkan lingkungan yang dihadapinya (lingkungan alam dan lingkungan sosial). Kebudayaan berfungsi sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan karena kebudayaan mendasari dan mendorong terwujudnya suatu kelakuan sebagai pemenuhan kebutuhan yang timbul. Kebutuhan tersebut di antaranya kebutuhan jasmani, rohani, sosial. Kebudayaan berwujud sebagai kompleks ide, gagasan, nilai, norma, peraturan dan sebagainya yang sifatnya abstrak, terletak di dalam alam pikiran manusia. Kebudayaan ketika dituangkan dalam pikiran  manusia , maka dalam berbuat cipta , karya dan karsanya  yang dasari dengan pemahaman mitis, ontologis, fungsional sehingga mempermudah dan melindungi manusia terhadap alam semestanya salah satunya tercipta karya-karya arsitektur tersebut. Tetapi pada masa globalisasi ini manusia cenderung tidak bijak dalam pembangunannya, kadang merusak ekosistem dan menyalahi ajaran wastuwidya sehingga memang perlu saling mengingatkan terutama dalam perencanaan pembangunanya.

Selasa, 01 November 2022

jiwa raga harus ada keseimbangan


 

Waktu belum memberikan peluang untuk lebih kenal dengan sosok syeh lemah abang secara detail. Adakalanya yang terdengar kesaktiannya yang berguna dan adakalanya dianggap menyimpang, tetapi pengetahuan tetap harus diutamakan sebagai tradisi yang mendukung proses kebudayaan di nusantara ini. Dulu ada kisah pergulatan antara sunan kalijaga dan syeh lemah abang atau syeh siti jenar, walau tingkat olah kanuragan Syeh Siti Jenar sudah sangat tinggi dan ilmu-ilmu yang dipelajarinya sangat mematikan lawan, namun tetap saja ia tak mampu mengalahkan Sunan Kalijaga. Dalam suatu kisah meneritakan, pertarungan melawan Sunan Kalijaga berakhir kekalahan yang menewaskan Syeh Siti Jenar. Berikut beberapa ilmu kanuragan yang diwariskan Syeh Siti Jenar kepada para pengikut setianya untuk dijadikan sebagai pegangan hidup, ilmu-ilmu itu antara lain:

Sepi Angin, Ilmu kanuragan ini mampu membuat tubuh orang yang mengamalkannya menjadi ringan seperti angin. Dengan ajian ini seseorang mampu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya secepat kilat. Konon dengan ajian Sepi Angin ini Syeh Siti Jenar dapat pergi shalat ke masjid-masjid yang ia kehendaki bahkan hingga ke Masjidil Haram di Mekkah Arab.

Bolo Sewu, Walau seorang diri, namun dengan Ajian Bolo Sewu seseorang menjadi terlihat banyak. Dengan Bolo Sewu seseorang akan ditemani 1.000 jin yang mampu menjaganya dari segala marabahaya yang menghadang. Bolo Sewu berarti seribu pengikut, ilmu ini biasa digunakan oleh para pengikut Syeh Siti Jenar untuk menghadapi lawan-lawannya.

Ngrogoh Sukmo, Ngrogoh Sukmo dalam bahasa Jawa Berarti mengambil jiwa. Ajian mampu mengeluarkan ruh dari raga dan kembali lagi pada saat yang diinginkan. Nrogoh Sukmo digunakan saat ingin mengalahkan lawan dengan tanpa terlihat secara kasat mata.

Rajeg Wesi, Ilmu kebal ini bernama Rajag Wesi. Para pengikut Syeh Siti Jenar bakal tak mempan akan bacokan pedang maupun pukulan benda keras lainnya. Tubuh akan setebal besi sehingga tak bisa dilukai oleh apapun yang menyentuhnya.

Grojog Sewu, Dari sekian ilmu yang diwariskan Syeh Siti Jenar, ajian Grojog Sewu merupakan yang paling dikenal para jawara. Siapapun yang menimba ilmu ini akan mampu berubah wujud seperti yang diinginkannya. Dengan mengamalkan ajian ini seseorang akan bisa berganti wujud menjadi makhluk hidup seperti hewan maupun pohon, bahkan menjadi bentuk manusia

della; artis yang tetap menjaga budaya literasinya


Peristiwa kebudayaan bisa diawali dari ide gagasan apasaja menuju ke peciptaan sebuah gagasan sebuah karya yang mengekspresikan kegelisahan manusia terhadap semestanya . Mungkin awalnya hanya membaca, karena membaca bisa membuka cakrawala pemikiran dan keluasan pandangan dalam menyikapi hidup dan kehidupan ini. Sosok perempuan satu ini adalah artis dengan segenap talentanya ternyata juga mempunyai budaya literasi yang potensial, dia adalah della dartyan yang telah membuktkan proses dialektika dalam dirinya dan kini berhasil dengan buku karyanya. Pekerjaannya sebagai artis tidak menghentikannya untuk menjaga tradisi literasinya salut untuk karya dan sikapnya ya gaes, karenajarang lo artis yang begini ini. Kebanyakan orang setelah pada posisi pencapaiannya sebagai artis sepertinya sudah menthog. semoga della ini dapat menginspirasi artis-artis nasional dan pemula untuk terus berproses, karena dengan berproses tentu tidak akan mengkhianati hasil. 

Begini kata-kata della, ''Sebagian besar waktuku ketika masih remaja, aku habiskan untuk membaca. Entah membaca novel berbagai genre ( pada waktu itu kebanyakan baca novel teenlit ), komik, atau kumpulan puisi. Kebetulan, SMAku di Bali tepat dibelakang mall yang terdapat outlet toko buku ternama. Jadilah aku, setiap pulang sekolah selalu mampir kesana untuk mencari harta karun selanjutnya yang bisa kubaca dirumah. Bagiku, toko buku adalah surga tersendiri. Dan seperti mimpi rasanya. Karya tulisku bisa bertenger manis di salah satu rak toko buku, bersanding dengan penulis-penulis yang kukagumi. Biru Kelana, sudah bisa dibeli di berbagai outlet toko buku.'' fotdocdelladartyan

Senin, 31 Oktober 2022

dialektika tom and jerry sebenarnya kisah kuno

tradisi menyimpan makanan untuk bertahan hidup dari kelaparan itu sangat purba

Tikus yang lapar kecerdasanya nyaris tak mampu berhitung secara sistematis. Bisa dipastikan karena didorong rasa laparnya dia akan memakan umpan meski dia tahu makanan dalam jebakan itu beracun. Perhitungan kalkulasinya jika lepas dari perangkap itu karena insting dan gerakan refleknya, tapi jika mati karena memakan umpan beracun itu adalah takdir kerakusan atau kebodohannya . Kadang tikus juga melawan ketika terjepit terutama pada kucing, kenapa kok berani yaa. Mungkin itu sebagian dari sisi kebandelannya. Si meyong pun kadang tak meladeni ketika moodnya sedang ngggak ingin menghajar musuhnya. Rupanya kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 5.000 tahun SM, dengan ditemukannya kerangka kucing di Pulau Siprus. Kemudian sejak zaman 3.500 SM, orang Mesir Kuno telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen mereka.

Bisa berbeda dengan tingkat kelaparan si meyong, entah sabar atau malas tetapi jika lapar bawaanya tidur, nggak pecicilan seperti tikus kayak tikus jarang tidur, hidupnya untuk mengerat dan makan terus kawin dan beranak sebanyak-banyaknya tanpa ada yang menolong lahiran lancar gitu ajah gaes. dianggap binatang yang cerdas karena ketajaman penciumannya, aksi gesit menghindarnya, menadai jalan makanan dengan urinnya kerenkan gaes tetapi karena kerakusannya seringkali kecerdasannya sedikit kendor dan ndlower, kebandelannya seringkali menjebaknya sendiri. Buktinya masihsering tikus kena jepretan dengan umpan tempe yang dibakar, mungkin aroma tempa tersebut telahmenghilangkan bau manusia, karena tikus akan menghindari bau manusia terutama pada umpan yang dipasang. Gaes kalau dirumah kamu banyak tikus cobalah pelihara tikus rumahan, kalaupun tidak terjadi saling serang paling tidak mereka akan saling menghormati tupoksi masing-masing.

yakinlah


dzat 
TAN  KINAYA NGAPA
TAN KINAYA KINIRA

manusia,
tidak bisa mengumpamakan wujudnya
berarti tak bisa dibandingkan dengan lainnya

tidak bisa diperkirakan oleh analisa akalmu
segalanya bisa tak terduga hadir dan perginya

legenda asal usul rawa pening


Cerita yang ditulis Tri Wahyuni berasal dari Jawa Tengah. Cerita mengisahkan tentang Baro Klinting, seekor naga, anak dari Endang Sawitri, putri Kepala Desa Ngasem. Karena sebuah kutukan, Endang Sawitri harus mengandung dan melahirkan seorang anak berwujud naga seorang diri. Baro Klinting pun pergi ke Gunung Telomoyo untuk bertapa demi melepaskan diri dari kutukan sehingga dapat berubah wujud menjadi anak manusia pada umumnya. Ia bertapa dengan cara melilitkan tubuh naganya sampai ke puncak Gunung Telomoyo. Malangnya,ada sekumpulan warga Desa Pathok yang tengah berburu tidak melihat wujud keseluruhan Baro Klinting. Mereka hanya melihat ekor Baro Klinting saja dan memotong-motong daging ekor Baro Klinting untuk dibawa pulang ke desa mereka. Baro Klinting yang telah berhasil dalam pertapaan dan berubah wujud menjadi seorang anak manusia pun mendatangi warga Pathok. Namun,keadaan tubuhnya yang lusuh dan penuh luka mengakibatkan penolakan warga. Baro Klinting pun menantang warga mencabut sebatang lidi yang tertancap di tanah. Ajaibnya, tak seorang pun mampu mencabutnya, bahkan orang dewasa yang paling kekar sekalipun. Hanya Baro Klinting yang berhasil mencabut lidi itu.

Cerita ini mengandung pesan untuk pantang menyerah meskipun banyak halangan yang menghadang

Membacanya tersa ringan anak-anak kayaknya akan gampang inget cerita itu, salut mbak tri, atau mungkin masih ada legenda versi lain, nanti akan kutelisik lagi ya gaes

Minggu, 30 Oktober 2022

pakaian adat nusantara dijam sekolah ; bisakah

  

Menguatkan budaya lewat kewajiban pakai seragam pakain adat nusantara

Aturan pakaian adat sebagai seragam sekolah siswa SD, SMP, SMA, dan SMK ini dirilis langsung melalui Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI nomor 50 tahun 2022. Di dalam isi Permendikbud tersebut dijelaskan mengenai seragam sekolah untuk siswa SD hingga SMK. Di peraturan ini terdapat pasal  yang menyampaikan bahwa peraturan pakaian seragam sekolah, ditujukan untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme, kebersamaan, dan memperkuat persaudaraan antar peserta didik. Selain itu, juga untuk menumbuhkan semangat persatuan di kalangan peserta didik, dan meningkatkan kedisiplinan peserta didik tanpa adanya kesenjangan sosial.

Sehingga aturan baru mengenai seragam sekolah siswa SD, SMP, SMA, dan SMK, turut menjadi dasar bagi sekolah dalam membuat peraturan terkait seragam sekolah di masing-masing sekolahnya selain seragam nasional dan seragam pramuka. Gimana gaes mantapkan, pakai seragam adat saat sekolah, mungkin awalnya akan ribet. Aku sih setuju saja seyampang itu tidak membebani anak dan ortunya, mungkin jika sehari dalam seminggu amanlah, tetapi kalau seminggu tiga akali harus berganti pakaian adat tentusaja sangat berat dalm pengadaannya saat ekonomi ortu lagi down. Kemudian pikiranm yang janggal lagi sementara anak-anak sekolah diwajibkan pakai pakaian adat bagaimana guru dan staff sekolahan, karena sekolah adalah lembaga yang patut memberikan contoh baik dan sebagai panutan anak-anak sekolah sebaiknya guru dan staff juga diwajibkan jadi memang dalam sekolah sma-sama merasakan pembentukan karakter nasionalisme tersebut. Lalu lainnya bagaimana di sekolah yang bukan negeri swasta atau sekolah islam atau kristen apa juga ikut diwajibkan ya gaes.

Sabtu, 29 Oktober 2022

ziaroh kubur adalah ajaran orang baik

  

 

  


tentang  ziarah makam

Hampir tak ada sepinya makam para wali dan auliya mereka datang untuk mendoakan , banyak makam para wali dan orang-orang baik mulai makam gusdur , Mbah Siddiq, Habib Sholeh Tanggul, Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, Kiayi Kholil Bangkalan dan Sunan Ampel yang dipadati para peziarah dari mulai pagi hingga malam seolah tak tak ada jedanya . Dengan keramaian tersebut tentusaja justru menjadikan banyak peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya, baik hiasan kenang-kenangan, kaos, songkok bahkan makanan dan layanan parkir kendaraan hampir semuanya kebagian rejeki karena keberadaan makam para wali ini. Meski beliau-beliau sudah wafat , tetapi masih saja menebar kelimpahan manfaat bagi banyak orang. Seolah  kita menyadari betapa peran para wali dalam kehidupan dimasa ketika masih hidupnya, la kok ada saja orang  yang baru ngustad dan beranggapan sudah faham Qur'an Hadits kemudian dengan begitu mudah menuduh ziarah ke makam beliau adalah bid’ah, syirik dan kufur  , harusnya introspeksi diri bagaimana hidupnya bisa menebar manfaat bagi orang lain bukan malah keseringan mencibir. Bagi saya ziaroh makam para  wali, para leluhur keluarga, para pahlawan dan sanak saudara merupakan tradisi nusantara yang sangat lekat dengan ajaran-ajaran orang-orang baik dimasa hidupnya.


Rabu, 26 Oktober 2022

katakan apa adanya dengan puisi


puisi itu menulis cara berbagi sayang karena menyayanginya, 
jika kau merasa benci bagilah kebencian itu, 
jika kau merasa cinta maka bagilah rasa cinta itu
 dan jika kau merasakan kegalauan bagilah galau itu pada mereka 
begitupun jika kau merasa ada kebaikan 
berbagilah kebaikan itu karena sayangmu 

Selasa, 25 Oktober 2022

sejarah kota lama bagian dari pembentukan kebudayaan


Secara umum karakter bangunan di wilayah kota lama semarang ini  mengikuti bangunan-bangunan di benua Eropa sekitar tahun 1700-an. Hal ini bisa dilihat dari detail bangunan yang khas dan ornamen-ornamen yang identik dengan gaya Eropa. Seperti ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca-kaca berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah. Seperti kota-kota lainnya yang berada di bawah pemerintahan kolonial Belanda, dibangun pula benteng sebagai pusat militer. Benteng ini berbentuk segi lima dan pertama kali dibangun di sisi barat kota lama Semarang saat ini. Benteng ini hanya memiliki satu gerbang di sisi selatannya dan lima menara pengawas. Masing-masing menara diberinama: Zeeland, Amsterdam, Utrecht, Raamsdonk dan Bunschoten. Pemerintah Belanda memindahkan permukiman Cina pada tahun 1731 di dekat permukiman Belanda, untuk memudahkan pengawasan terhadap segala aktivitas orang Cina. Oleh sebab itu, Benteng tidak hanya sebagai pusat militer, namun juga sebagai menara pengawas bagi segala aktivitas kegiatan orang Cina.

Jika berwisata ke Kota Semarang, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi Kota Lama Semarang. Kota Lama merupakan sebuah kawasan cagar budaya di mana terdapat gedung-gedung tua dan bersejarah peninggalan Hindia Belanda yang berusia ratusan tahun. Pada masa itu, kawasan ini merupakan pusat pemerintahan. Arsitektur gedung-gedungnya bergaya khas Eropa dengan pintu utama dan jendela berukuran besar, elemen dekoratif, dan langit-langit yang tinggi.  Beberapa spot yang ramai dan menarik untuk dikunjungi, antara lain Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri Mpu Tantular, Rumah Akar samping Gedung Jiwasraya, Gedung Oudetrap, Semarang Art Gallery, De Spiegel, Marba, dan masih banyak lagi lainnya. Bila ingin berpetualang, bisa menyusuri sudut-sudut Kota Lama Semarang terasa sangat mengasyikkan dengan berjalan kaki dengan nyaman di area pedestrian yang telah tertata rapi dan pada malam hari di akhir pekan, dapat menikmati suasana Car Free Night di sepanjang jalan kota lama.

Senin, 24 Oktober 2022

cinta itu asmara romansa dan kerinduan


 memuja tidak sama rasanya dengan cinta

memuja itu memberikan lilin penerang

saat dikegelapan menemukan keceriaan

mencintai maknanya lebih dari pemuja


ada penyelamatan perjuangan dan wujudnya

cinta asmara romansa dan kerinduan

perpaduannya terakumulasi kasih sayang

akan lebih mengenal dunia sesungguhnya


mendalami peran, dalam kesadaran

menjalani penuh ketulusan

menandai pertemuan dan perpisahan

dalam balutan cahaya keillahian

sang legend God bless


 

Pada awalnya, God Bless hanya band yang membawakan lagu band lain, seperti Kansas, Easy Beast, Genesis, Deep Purple, pada setiap penampilan mereka. Proses masuknya band legendaris ini kedalam dapur rekaman dimulai dengan coba-coba. Mereka menulis lagu, dan lantas merekamnya di sebuah studio yang dikelola oleh Alex Kumara (ahli broadcast). Dan akhirnya PT Aquarius Musikindo pada tahun 1975, backup God Bless merilis album perdananya.

Jockie Surjoprajogo dialbum kedua diganti  Abadi Soesman yang bergabung tahun 1979 dan ikut terlibat di pembuatan album Cermin (1980). Berbeda dengan album sebelumnya yang rekaman jalan sambil menyelesaikan materi lagu, Album Cermin (1980) konsep musik God Bless sedikit berubah menghadirkan ramuan aransemen lagu-lagunya terkesan lebih rumit, disamping membutuhkan skill masing-masing personel yang tinggi juga kekompakan dalam memainkannya, seperti lagu Musisi, Anak Adam, Selamat Pagi Indonesia dan Sodom Gomorah. Album Cermin pun merupakan representasi dari pemberontakan God Bless terhadap dominasi industri rekaman ketika itu yang selalu mencekokkan komersialisme atas tuntutan pasar. Album ini sering disebut-sebut sebagai album God Bless paling idealis dan terbaik dari sisi musikalitasnya. Dan menjadi barometer kualitas sebuah band rock waktu itu, manakala mampu memainkan lagu-lagu dari album Cermin.

Pada sekitar tahun 1980-an, salah satu promotor rock asal Surabaya, Log Zhelebour mulai gencar mementaskan festival rock di Indonesia, dan mulailah membangunkan God Bless dari "tidur panjangnya" dengan menjadikan lagu-lagu God Bless sebagai lagu "wajib" juga personelnya menjadi juri di festival yang akhirnya banyak melahirkan band-band rock di Indonesia, seperti Grass Rock, Elpamas, sampai Slank.

Tahun delapan tujuh God Bless  melahirkan album Semut Hitam  yang meledak di pasaran waktu itu, dengan hitsnya seperti Rumah Kita, Semut Hitam dan syair Kehidupan. Secara penjualan, album Semut Hitam ini adalah album God Bless paling laris. Di album ini, terjadi lagi perubahan konsep musik God Bless. Dari yang tadinya lebih bernuansa rock progresif secara drastis berubah menjadi sedikit lebih keras dengan adanya pengaruh musik hard rock dan heavy metal, disamping unsur komersial untuk mempertimbangkan selera pasar. Namun, setelah album Semut Hitam keluar, Ian Antono menyatakan keluar dari formasi God Bless. Posisinya kemudian digantikan  Eet Sjahranie. Setelah masuknya Eet Sjahranie, pada tahun 1989 dirilislah album berjudul Raksasa dengan hits Menjilat Matahari, Maret 1989 dan Misteri. Eet Sjahranie berhasil me-refresh sound gitar Ian Antono dan menjadikan God Bless lebih agresif.

Walau tidak banyak merilis album karena vakum cukup lama, God Bless, tetap dianggap legenda grup musik rock Indonesia yang mempelopori aransemen rock kualitas bermusik tinggi. Sepanjang perjalanannya, grup ini mengalami 15 kali lebih pergantian personel yang disebut sebagai 'formasi', dan saat ini tinggal Ahmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), dan Donny Fattah Gagola (bass) yang masih dapat dikatakan sebagai personel aktif grup. Inti adalah Ahmad Albar, Ian Antono, dan Donny Fattah mereka  adalah  tulang punggung band etnik rock Gong 2000. Mereka menyatakan akan mengeluarkan album baru dalam waktu dekat. Dan tepat pada awal Mei 2009, God Bless akhirnya mengeluarkan album terbarunya yang berjudul 36th.

Kembalinya Donny Fattah setelah sakit cukup lama disambut gembira oleh para pencinta God Bless, yang tergabung dalam God Bless Community Indonesia, ketika muncul lagi untuk pertama kalinya dalam event Jakarta Fair 2012. Formasi ini, yaitu Ahmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah (bass), Fajar Satritama (drum) dan Abadi Soesman (kibor) bertahan lama, dan formasi ini yang tampil dalam dua perhelatan konser besar God Bless, merayakan empat dekade perjalanan God Bless di belantika musik Indonesia, yaitu konser To Commemmorate God Bless di ballroom Hotel Harris Bandung tanggal 30 November 2014 dan konser Panggung Sandiwara God Bless di Ciputra Artpreneur Jakarta tanggal 7 Agustus 2015. Selamat untuk God Bless yang telah mewarnai khasanah kebudayaan indonesia di jalur musik, semoga tetap menginspirasi anak-anak muda kekinian.

Jumat, 21 Oktober 2022

mata lelaki yang nakal


 

Mata yang penuh makna parasmu tajam

Wajah yang sanggup bersaing dengan cerminmu

Lekuk tubuhmu meliuk bak isi rotan terdalam

Senyummu segenit kelincahan kaki-kaki lancipmu

Katakan kau tidak dalam posisi menggoda kan

Indah itu anugerahnya bukan polesan

Katamu polos bahwa kau terlahir apa adanya

Berkah sang penciptamu wujudkan mahakarya