bukalah pintu hatimu untukku
biarkan aku bersemayam disitu
terimalah sebagai bagian hidupmu
diantara rasa dikedalaman hatimu
biarkan aku bersemayam disitu
terimalah sebagai bagian hidupmu
diantara rasa dikedalaman hatimu
Budaya mempunyai wujud bahasa tutur yang biasanya sangat
penting sebagai indikasi majunya tingkat kebudayaan suatu etnis. Lalu bagaimana
awalnya bahasa tersebut disampaikan ke khalayak, semuanya berawal dari bahasa
ibu, ibulah yang pertamakali mengenalkan bahsa terhadap bayi buah hatinya.
Biasanya bahasa ibu melekat pada kebudayaan etnis atau suku bangsa. Ciri khas
suatu etnis ataupun suku bangsa akan tampak pada bahasa yang digunakan
masyarakat di dalamnya atau dalam istilah linguistik biasa disebut sebagai
bahasa tutur. Bahasa ibu hampir tidak ada yang sama, makanya bahasa ibu tidak
merujuk pada bahasa yang dipakai oleh mayoritas masyarakat pada daerah atau
negara tertentu. Bahasa ibu adalah bahasa yang dipahami seseorang saat dirinya
pertama kali mengenal dan memahami bahasa serta belajar bicara. Bisa diartikan,
bahasa yang dipahami dan diucapkan pertama kali oleh seseorang itulah yang
menjadi bahasa ibu anak atau orang tersebut. Mungkin dala perkembangan dengan
komunitas atau suku etnisnya secara luas diluaran keluarga nantinya akan
bercampur dengan bahasa –bahasa pergaulan lainnya. Pasti terjadi percampuran
antar etnis tradisi dan budayanya termasuk didalam pergaulan adalah bahasanya.
Sungguh kesempurnaan seorang ibu yang mengajarkan bahasanya
terhadap anaknya, dan yang tidak kalah tulusnya adalah bahasa kasih sayangnya
kepada anaknya. Tidak hanya kata-kata tetapi juga kejujuran tindakan kasihnya
terhadap sibuah hati. Bahkan seorang ibu bisa dipastikan tidak akan mengajarkan
kepada anaknya bahasa kekerasan atau bahasa yang tidak sopan, biasanya dalam
perekembangannya bahasa tersebut diasup anak ketika dalam pergaulannya di
lingkungan komunitasnya. Jika bahasa kasih sayang ibu menjadi panutan dalam
komunitas etnisnya mungkin kebudayaan dan peradaban manusia disitu akan lebih
beradab dan menghormati etika antar sesama dalam lingkungannya.
Dalam kesenian reyog jathilan termasuk unsur-unsur
pendukungnya , Sedangkan seni Jaranan juga terdapat barongan sebagai pendukungnya. Bentuk seni
tradisi ini sudah seperti milik mereka yang asli karena peninggalan leluhur
mereka, jaranan ini kesenian asli Indonesia jadi ya harus dijaga atau dirawat
bahkan dikembangkan keberadaannnya, begitulah yang sering kita dengar dari para
pecintanya. bahkan seni tradisi ini pecintanya tidak hanya yang tua-tua saja
kini generasi muda juga banyak yang menyukai. Kemudian secara tanggapannya juga
ekonomis yang penting honor bisa dibagi rata sehingga masyarakat kecil pun bisa
menanggapnya, terus cara menjamunya juga sangat sederhana misalnya makan dan
ngopi rokok terjamin maka para seniman tersebut akan menampilkan hiburan dan
atraksi yang terbaik dari mereka.
Untuk menjaga agar tetap lestari dan berkembang sepertinya
tidak hanya masyarakatnya saja yang bergotong royong tetapi juga unsur
pemerintahan. Misalnya diadakan acara-acara yang merangsang dinamika diantara
grup-grup seni tradisi, katakan saja festival, parade atau even pertunjukna
lainnya yang bisa menyemangati kegiatan mereka. Nah yang terakhir adalah model
atau gaya apresiasi masyarakat kita adalah bagaimana bisa menanggap seni
tradisi ini, kemudian apresiasi penonton adalah tradisi nyawer baik pemain
jaranannya, pengrawitnya atau penggambuhnya. Inilah cara kita merawat seni
tradisi nusantara yang masyarakat kita bisa lakukan. Bagimana kalau ditambah
even-even yang dijadwalkan oleh pemerintahan daerah Jember, pasti menjadikan
antusiasisme masyarakat seni tradisi dan itu sebuah kebanggaan bagi mereka yang
terlibat. Bisa jadi itulah bentuk penghargaan untuk para pelaku, penggerak dan
pegiat seni tradisi.
Angkringan adalah salah satu bentuk model penjualan makanan
maupun minuman yang biasanya berupa warung bergerobak dengan tenda sederhana.
Biasanya waktu edarnya mulai sore hingga
malam hari, bahkan sampai dini hari. Model angkringan memiliki beberapa nama
yang berbeda di setiap daerah. Di Jogja jamak disebut angkringan, kucingan kita
kenal di Semarang pesaingnya adalah grobak gilo-gilo yang ider tanpa minuman,
dan di daerah Solo dan sekitarnya dikenal dengan nama warung hik.
Diangkringan semuanya sudah disiapkan kecuali minuman,
sepertinya siap saji dan siap makan makanya seperti warung serba cepat. Mungkin
mikir penjualnya pengin praktis saja
seperti juga pembelinya bisa self service juga pengin cepat-cepat menyantap.
Berarti angkringan adalah warung fast food dengan menu ala jawa. Gimana gaes
setuju nggak. Yang membedakan menu masakannya model warungan dengan model yang
kekinian. Tetapi sekarang ini angkringan juga banyak yang menyediakan menu
kekinian lo gaess. Sampai-sampai minuman pun banyak yang sasetan. Kalau ikut
pasar biasanya akan mudah bertahan gaess. Agar tidak membuyarkan prespektifnya
tetap saja di padu antara kekinian dan ke khasan angkringan. Mungkin inilah cara merawat tradisi nusantara. Mantaplah
Ekspresi wajah digunakan oleh manusia untuk mengirimkan sinyal dengan berbagai jenis makna mendalam yang tersirat. Pasalnya, kemampuan untuk memahami
ekspresi wajah dapat menjadi bagian penting dari komunikasi non-verbal. Saat
melakukan percakapan, bukan hanya suara, nada serta intonasi yang perlu
diperhatikan tetapi juga ekspresi. Dengan begitu, Moms dapat menilai apakah hal
yang dibicarakan seseorang sudah sesuai dengan perasaan sebenarnya atau tidak. Soalnya,
wajah bisa menggambarkan dengan lebih jelas jika ada hal yang disampaikan tidak
sesuai dengan emosi pembicara.
Ekspresi wajah dapat menjadi salah satu cara untuk
berkomunikasi non-verbal. Hal ini juga kerap digunakan untuk membaca pikiran
atau emosi seseorang. Sering kali, ekspresi yang terpancar di wajah lebih jujur
daripada kata-kata yang keluar dari mulut. Maka dari itu, sangat penting untuk
mengetahui beberapa cara untuk mengenali arti ekspresi wajah. Hal ini agar kita nggak jadi orang yang ke GRan atau sering dilanda kebaperan. Ekspresi non verbal ini juga biasanya diungkapkan via tulisan karya seni sastra ataupun seni rupa, berarti masih juga perlu pemahaman rasa. keduanya masih perlu didalami lebih jauh agar ekspresi budaya sebagaio proses tersebut berujung mewujud.
Ekspresi wajah cenderung jujur dalam mengungkapkan isi hati,
tetapi jaman kekinian jaman yang serba digital kita harus pintar menerka
ekspresi wajah untuk mengetahui ekspresi perasaan si dia. Terutama perempuan
dalam mengekspresikan kini sering diunggah di media sosialnya. Beberapa ekspresi
wajah perempuan yang spesifik memberikan sinyal informasi apakah dia suka pada
kamu . Belum tentu juga saat kamu mengidentifikasi ekspresi yang menggoda, tapi
justru sebaliknya gaesss.
Ada juga ekspresi wajah perempuan yang bisa mengungkap fungsinya, yakni untuk
mengaktifkan sesuatu yang berhubungan dengan intensitas relasi dan seks.
Misalnya ekspresi wajah perempuan yang menandakan sebenarnya dia hanya ingin
menggoda, yang ujungnya pada rasa suka. Sepanjang pengamatan para ahli
morfologi ekspresi perempuan ada beberapa ekspresi wajah yang menandakan
seorang perempuan suda pada kamu meski ekspresi wajah tersebut hanya dari
picture di medsosnya atau mengirim massage padamu. Ekspresi wajah perempuan
dengan kepala menoleh ke samping dan agak menunduk, senyum tipis, dan mata
tertuju pada kamu. Tetapi tidak semua lelaki pandai membaca sinyal ketersukaan
dengan kode ekspresif perempuan, apalagi perempuan yang memberikan senyuman pun
masih dalam pertimbangan logika lelaki apakah benar-benar suka atau hanya
menggoda. Bagi laki-laki rasa suka atau hanya ingin meyapa dengan godaan tetap
harus tertangkap oleh lelaki secara verbal.
Tradisi pengobatan warisan leluhur salah satunya bekam. Bekam
atau hijamah merupakan salah satu warisan pengobatan yang sudah ada di masa
Rasulullah Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam dan menjadi salah satu
pengobatan yang disarankan oleh beliau sebagai salah satu ikhtiar terhindar
dari penyakit, maka bisa dikatakan bekam merupakan living sunah untuk hidup
sehat. Ilmu Bekam adalah salah satu sunah Rasulullah dalam Penyembuhan.
Pengobatan bekam adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah yang
terkontaminasi toksin atau oksidan dari dalam tubuh melalui permukaan kulit
ari. Dengan pengobatan cara ini dapat mengobati berbagai penyakit serta
mengurangi pembiayaan dalam pengobatan maupun operasi yang biayanya mahal.
Berobat dengan metode bekam, ada berapa titik yang
dianjurkan, meliputi wilayah leher belakang, kepala, pundak, bahu , punggung ,
betis dan pinggang. Bekam memiliki banyak manfaat, diantaranya bisa untuk
membuang racun, mengeluarkan angin dan kolestrol, melancarkan peredaran darah,
mengatasi demam, mengatasi kelelahan, meredakan nyeri dan keluhan pegal, dengan
efek samping memar karena pasca bekam, infeksi kulit, peradangan dan luka
bakar. Makanya dalam melakukan bekam dianjurkan untuk berobat pada ahlinya
jangan coba-coba asal orang bisa bekam. Kalau kamu ragu-ragu ya sebaiknya janganlah gaes, karena kesembuhan modal awalnya adalah keyakinan untuk melakukan pengobatan agar diberi kesembuhan.
Adalah topeng Ganongan sebenarnya sebutan dari Bujang Ganong
adalah penari dan tarian dari Ponorogo yang menggambarkan sosok patih Klono
Sewandono yang cekatan, cerdik, jenaka, dan sakti. Sosok ini bagian dari Reyog
Ponorogo dan digambarkan dengan topeng seram yang mirip dengan wajah raksasa,
hidung panjang, mata melotot, mulut terbuka dengan gigi yang besar tonggos,
wajah merah darah dan rambut berumba menjulang keatas dan kesamping yang lebat
warna hitam menutup pelipis kiri dan kanan. Biasanya tarian Bujang Ganong
diperagakan oleh 2 orang pada umumnya yang selalu ditunggu-tunggu oleh penonton
khususnya anak-anak karena kelucuannya. Atraksinya bikin lucu dan gerakannya
selalu menyelipkan humor. Kadang-kadang juga tari Bujang Ganong dalam gerak
tarinya menampilkan akrobatik yang aktratif dan ekstrim, pada zaman dahulu bila
dua grup bertemu saat arak-arakan, maka tiap grup reog akan menampilkan bujang
ganong untuk duel akrobatik. Tetapi kenapa anak-anak tidak takut dengan model
topeng wajah yang sangat menyeramkan, justru mereka senang bahkan kadang ingin
memilikinya. Makanya tak heran para ortu seringkali direpotkan oleh keinginan
anaknya yang meminta dibelikan topeng Ganongan, tak terkecuali anak perempuan
juga suka. Memang seharusnya tidak perlu dibujuk untuk tidak membeli, karena
siapa tahu bakat seni anak tersebut diawali dari suka dan kecintaannya terhadap
topeng ganongan bagian dari tradisi leluhur Ponorogo. Merawat tradisi Ponorogo
bererati juga merawat tradisi nusantara.
Tempat menginap baik hotel, losmen atau hostel kini banyak
yang berkonsep kekeluargaan, jadi jika menginap di tempat itu, dapat merasakan
seperti sedang menginap di rumah saudara atau nenek dengan budaya jawanya. Dalam
dunia travelling, justru yang menarik dan bikin kerasan karena sisi
kekeluargaannya yang apa adanya seorang menjadi tidak asing lagi. Di hampir lokasi
traveling favorite di dunia justru hal-hal yang alamiah lokalistik. Makanya
para pemilik penginapan kini sering merubah penampilan agar lebih berkonsep
kuno atau lebih detail kebudayaannya, banyak mereka yang terinspirasi dari
pengalamannya ketika tengah melakukan perjalanan. Para tourist ingin mencari
pengalaman to live like a local, bukan kemewahan,mungkin juga kemewahan sudah
mereka dapatkan di keseharian mereka.
Dan untuk furniture dan dekorasi sebagian besar merupakan
hasil upcycled/recycled sendiri yang didapat dari lingkungan sekitar. Kalaupun
tidak kuno tetapi unik artistik dan jwanya nempel. Walaupun hasil berburu
barang bekas, yang penting tetap aman
secara fungsional, nyaman dan bersih. Inilah kadang yang dicari para tourist
yang berkunjung di Yogyakarta atau Solo karena predikat dua kota ini
representatif Jawa. Perlu disupport mereka ini karena tujuannya mereka ingin
turut berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata Indonesia. Mungkin inilah
cara mereka merawat tradisi nusantara.
Suasana syahdu dikala senja di pinggir pantai adalah romansa
senja. Senja atau magrib adalah bagian waktu dalam hari atau keadaan setengah
gelap di bumi sesudah matahari terbenam, ketika piringan matahari secara
keseluruhan telah hilang dari cakrawala. Waktu ini dimulai setelah matahari
tenggelam saat cahaya masih terlihat di langit hingga datangnya waktu malam
(isya) saat cahaya merah (syafak) benar-benar hilang dan berubah menjadi gelap.
Apakah makna senja ?
Karena bagi sebagian orang, senja kadang memberikan makna
tersendiri. Kehadiran senja yang sesaat namun selalu dinanti membuat kita
mengerti bahwa yang indah terkadang cuma datang sesaat saja. Sinar senja yang
redup cenderung gelap mengajarkan kita bahwa yang indah tak selalu tentang
keterangan yang menyilaukan. Selain itu, senja yang indah akan sulit melupakan
momentumnya. Semja juga identik dengan kata rindu dan cinta. Banyak orang suka
melihatnya, langit yang dihiasi warna jingga yang menenangkan dan berlangsung
begitu singkat. Dan indahnya senja juga dapat menumbuhkan inspirasi untuk
melakukan kegiatan yang mengandung romantisnya suatu hubungan.