Senin, 07 November 2022

sempat ada kekosongan


 

keinginan bercinta seringkali lepas dikendalikan

seperti semuanya ada ditelapak tanganmu

sadarlah cinta bukan menonjolkan ego mu

jika egois tautan cinta tak akan terselamatkan

 

saatnya berdekatan tanpa ada jarak dan bait

saling membaca situasi romantika hati

cintamu kau curahkan tapi egomu tanpa limit

pandai-pandailah mengurai kerumitan dua hati

PEMUDA BANGGA DESANYA


Dinamika perkembangan kebudayaan adalah melibatkan keseluruhan pengetahuan manusia yang dipunyainya sebagai makhluk sosial digunakan untuk memahami dan menafsirkan lingkungan yang dihadapinya. Bagaimana manusia membaca lingkungan alam dan lingkungan sosial disekitarnya. Kemampuan literasi dengan mengelola informasi dan pengetahuan juga sebagai kunci penciptaan kebudayaan  kearah peradaban yang lebih baik. Kebudayaan akan mengalami perubahan yang berfungsi sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sekarang maupun pemenuhan kebutuhan yang timbul di masa datang. Hal ini dipengaruhi seberapa kemampuan literasi kita, terutama dalam menyerap, memilah dan menerapkan informasi dan pengetahuan itu sendiri. Jadi sangat diperlukan upaya peningkatan budaya literasi bagi generasi muda dalam menghadapi masa depannya.

Di Jember demi meningkatkan budaya literasi dikalangan anak muda di desa-desa, sangat penting adanya program-program pemerintah sebagai kegiatan terobosan sebagai sarana pemenuhanya. Kali pertama kegiatan litetasi diadakan di tempat wisata mini zoo jember, hal ini dipelopori dengan kegiatan J-Permataku (Jember Perkumpulan Remaja Pencinta Buku) Desa Pakis Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tanggal 06 november 2022 hari ini mereka melakukan kegiatan belajar sambil berwisata .

Kegiatan J-Permataku pada awalnya membentuk, mendampingi dan membina komunitas pemuda pencinta baca buku di desa pakis oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember. Selanjutnya diadakan workshop dilakukan sebagai tindak lanjut dari Pengukuhan Pengurus J-Permataku pemuda desa pakis. Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan di Kampung Durian, Desa Pakis, Kecamatan Panti yang diikuti kurang lebih 30 remaja dengan tema AKU DAN DESAKU. Workshop Literasi Aku dan Desaku dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember Yuliana Harimurti,SE,M.Si, Kepala Desa Pakis, Kec Panti, Kab Jember Bapak Zaini, dipandu oleh Prita jw dari Forum Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten jember .



Nah kali ini kegiatan J-Permataku pemuda desa pakis diadakan di Mini Zoo selain penguatan literasi juga sarana refreshing atau penyegaran pemikiran dengan suasana baru. Pemerintah kabupaten jember juga memberikan support kegiatan JPermataku, karena dianggap suatu terobosan baru untuk membuka cakrawala berpikir anak anak muda di desa agar tidak ketinggalan informasi dan pengetahuan tentang kemanuan dunia global kekinian. Hadirnya PJ Sekretaris daerah kabupaten jember Arief  Tjahyono , SE semakin menyemangati peserta kegiatan kali ini.

"Kita bangga dan terharu bahwa kegiatan J-Permataku pemuda pakis didukung penuh pejabat pemda jember,menjadikan kita lebih bersemangat,"  ujar Bagus ketua pengurus J-Permataku desa pakis.

Dipilihnya tempat kebun binatang mini yang dikenal dengan Jember Mini Zoo yang berada di Jalan Brawijaya, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates karena konsep wisata edukasinya, kegiatan J-Permataku kli ini adalah Sharing Session dan Forum Discussion Group tentang Cinta Buku Bisa Mengubah Hidup, Inspirasi Pemuda Desa untuk Dunia. Acara tersebut dihadiri oleh PJ Sekda kabupaten jember, Arief Tyahyono, SE dan dipandu oleh Nurul Hidayat  dan Prita HW . Keduanya dari FTBM, adalah penggiat Literasi di Kabupaten Jember.


 

Dari hasil diskusi dengan narasumber, disimpulkan oleh Bu Yuli panggilan akrab kadisperpusip, bahwa orang yang berasal dari desa bisa belajar lebih baik pasti bisa meraih cita-cita yang diinginkan dan menjadi orang sukses serta menyumbangkan ilmunya kepada orang banyak terutma untuk pembagunan desanya. Sementara itu, PJ Sekda kabupaten  Jember, mengatakan, “Jangan melihat siapa kita, dimana kita dan dari mana kita berasal tetapi apa yang bisa kita lakukan yaitu yang bisa bermanfaat bagi orang lain maka kita harus melakukan.” Maka secara tidak langsung sebenarnya kegiatan ini memberikan arahan rekomendasi program pada kepala desa untuk mendukung terwujudnya perpustakaan desa, yang akan dikelola oleh pemuda J-Permataku yang telah melakukan serangkaian latihan dan diskusi. Bahkan mungkin saja perpusdes akan dibuat inovatif disesuaikan dengan kondisi masyarakat desa .

Jumat, 04 November 2022

kan slalu kuingat namamu


laut lepas pudar garis cakrawalanya

kau pergi tak berbatas pulangnya dimana

biarkan aku berdiri disini terpana ombaknya

aku bukan menantimu hanya menunggu senja


lama dalam kesendirian sedih yang kurasa

berpeluk mimpi dengan bintang malam

temanku semakin tak terbatas pada senja

menyapa setiap angin pembawa kalam


kau tahu sendiri tak berarti sepi mungkin sedih

tapi hanya kesedihan waktu yang tersia-siakan

telah terbiasa hingga lupa-lupa ingat makna sedih

sedihku menjadi ketika sesaat namamu kulupakan


Kamis, 03 November 2022

arca perempuan cantik di candi-candi di nusantara

 

ITU KARENA PEREMPUAN NGGAK  TAKUT PADA SENJA

Banyak lelaki yang ngomong tua itu hanya soal umur, seakan ketuaan lelaki tidak pernah menjadi beban pikiran dan psikisnya. Lelaki sangat mendukung pernyataan semua orang pasti akan mengalami penuaan, baik laki-laki maupun perempuan. Usia tua seringkali dianggap momok yang ditakuti oleh banyak orang karena penuaan tentu mempengaruhi segala hal, mulai dari kesehatan, penampilan, dan lainnya. Namun rupanya ketakutan menjadi tua lebih banyak mengenai psikis perempuan daripada laki-laki. Lihat banyak lelaki berubang santai santai ajah fine fine ajah kluyuran ditaman dan di tempat kerjanya. Jarang sekali perempuan beruban terlihat bersahaja, mereka pasti akan membatasi ruang sosialnya karena tidak percaya diri karena kelihatan tua. Padahal ketika masih terlihat muda belia pose penampilan dalam sesi foto maupun swafoto perempuan seperti terlihat paling cantik.

Lalu kenapa perempuan takut menghadapi usia tua, karena seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan mulai banyak bermunculan di wajah. Mulai dari kerut dan guratan halus, kulit tak bercahaya lagi, kering dan bahkan terlihat kusam. Tanda-tanda inilah yang membuat banyak perempuan sudah tak merasa cantik di usianya yang telah memasuki usia rata-rata di atas empatpuluhan-an. Ditambah perbincangan orang-orang sekitar yang berpendapat bahwa perempuan lebih tertekan untuk tampil selalu muda dibandingkan laki-laki yang justru dianggap lebih seksi ketika mereka berusia tua. Uban pada laki-laki dilihat sebagai simbol kematangan dan kedewasaan, sementara  uban pada perempuan membuat mereka terlihat tua di usia senjanya.

Mungkin banyak perempuan yang khawatir pada penampilanya terutama pada daya tarik mereka untuk pasangan, dan yang sangat berpengaruh psikis penuaan akan mempengaruhi karir. Karena  di dalam lubuk hati terdalam, setiap perempuan sangat butuh sekali untuk merasa dipandang  cantik meski menjelang senja. Oleh karena itu, banyak perempuan yang takut dengan penambahan umur, saat peringatan hari ulangtahunnya senyum dan kegembiraannya selalu berbalut kegalauan diwajahnya. Tetapi tenag saja diera digital modern ini telah banyak ditemukan tekhnologi kedokteran agar awetmuda, dan ilmu pengetahuan perawatan kecantikan dan kemajuan makeup artis mampu membikin perempuan tetap tampil percaya diri. Jadi kenapa mesti takut menghadap kesenjaan. Pede ajah mom. 

JANGAN BUAT DIA MENANGIS


KESEDIHAN PEREMPUAN MEMBUAT PEDANG SUSAH DICABUT DARI SARUNGNYA

DAN KETIKA JATUH AIRMATANYA MEMBUAT PEDANG LEBIH CEPAT BERKARAT

Rabu, 02 November 2022

wastuwidya ajaran membangun dengan bijaksana



 


Kebudayaan  nusantara dalam bentuknya tercermin dalam karya arsitektur secara lebih luas  yang meliputi sikap kepercayaan terhadap agama,  struktur sosial politik, ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi dan estetika. Nilai –nilai kebijaksanaan dalam perwujudan kebudayaan dinusantara ini juga memberi kisi-kisi kebenaran (logika), kebaikan (etika), keindahan (estetika). Dalam jawa kuno terdapat istilah wastuwidya yang artinya membangun dengan bijaksana, dalam hal ini bijaksana merupakan pemahaman tanah dan air  sebagai  sumber kehidupan menjadi dasar pijakan disetiap pembangunan yang akan dilakukan oleh para pemimpin jawa. Jadi arsitektur dalam pemahaman jawa kuno adalah  lebih mencerminkan pembangunan logoka, etika dan estetika selaras dengan alam.

Bukanlah seperti model yunani yang menonjolkan kekuatan, eropa yang memberikan status politik tertinggi dan gengsi dan kebesaran maharaja selalu diukur dari bangunan-bangunan istana dan gedung-gedung negara atau kerajaannya sama di mesir juga begitu . Lain  dengan india arsitek disebut juaga sutradara, yang mempunyai kapasitas seni bangunan, seniman atau pemahat, bangunan lebih cenderung menonjolkan keindahan hingga kini kebudayaan yang saling asimilasi bahkan terjadi akulturasi maka percampuran bentuk bangunan bisa saja menjad bentuk baru di nusantara sekarang ini.

Indonesia merupakan kepulauan nusantara menjadi keniscayaan terjadi silang budaya, pergerakan manusia pada abad-abad pra sejarah. Persilangan tersebut pada akhirnya membentuk suatu persebaran budaya yang beraneka ragam. Keragaman budaya arsitektur pun juga memiliki perjalanan panjang diantara budaya suku-sukunya dan karya budaya tersebut adalah kekayaan arsitektur yang luarbiasa mengagumkan. Kebudayaan arsitektur nusantara yang memiliki keunggulan dan berpijak pada kearifan lokal sehingga dapat memberi makna bagi kehidupan manusia. Karya arsitektur diukur dari perspektif filsafat manusia, sehingga dapat diketahui adanya nilai-nilai relijius yang mendasari dalam mewujudkan karya arsitektur nusantara. Konsep ruang yang menjadi dasar dalam penataan ruang luar dan ruang dalam selalu berpijak pada orientasi kehidupan manusia selaras ajaran jawa kuno yaitu wastuwidya . Terbukti dengan adanya bangunan candi atau seni bangunan lainnya yang secara bijak mencoba memadukan perkembangan ilmu pengetahuan, keragaman kepercayaan dan agama-agama yang berkembang di nusantara ini termasuk agama Islam, hindu , budha, kristen dan konghuchu. Mungkin tidak akan terwujud bangunan tadi bila tidak didasari ajaran kebijaksanaan di nusantara ini.

Kebudayaan berasal dari kata cultuure (Belanda) culture (Inggris) dan colere (Latin) yang artinya mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan terutama pengolahan tanah yang kemudian berkembang menjadi segala daya dan aktifitas manusia manusia untuk mengolah dan mengubah alam. Dari bahasa Indonesia (Sansekerta) “buddhayah”, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal. Pendapat lain “budaya” adalah sebagai suatu perkembangan darikata majemuk budi-daya, yang berarti daya dari budi, karena itu mereka membedakan  antara budaya dan kebudayaan. Budaya adalah daya dari budi yang berupa cipta,karsa dan rasa. Di dalam masyarakat kebudayaan merupakan  wadah tumbuh dan berkembangnya karya seni yang meliputi seni sastra, seni musik, seni pahat, seni rupa, dan pengetahuan filasafat.

Kebudayaan adalah keseluruhan pengetahuan manusia yang dipunyainya sebagai makhluk sosial digunakan untuk memahami dan menafsirkan lingkungan yang dihadapinya (lingkungan alam dan lingkungan sosial). Kebudayaan berfungsi sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan karena kebudayaan mendasari dan mendorong terwujudnya suatu kelakuan sebagai pemenuhan kebutuhan yang timbul. Kebutuhan tersebut di antaranya kebutuhan jasmani, rohani, sosial. Kebudayaan berwujud sebagai kompleks ide, gagasan, nilai, norma, peraturan dan sebagainya yang sifatnya abstrak, terletak di dalam alam pikiran manusia. Kebudayaan ketika dituangkan dalam pikiran  manusia , maka dalam berbuat cipta , karya dan karsanya  yang dasari dengan pemahaman mitis, ontologis, fungsional sehingga mempermudah dan melindungi manusia terhadap alam semestanya salah satunya tercipta karya-karya arsitektur tersebut. Tetapi pada masa globalisasi ini manusia cenderung tidak bijak dalam pembangunannya, kadang merusak ekosistem dan menyalahi ajaran wastuwidya sehingga memang perlu saling mengingatkan terutama dalam perencanaan pembangunanya.

Selasa, 01 November 2022

jiwa raga harus ada keseimbangan


 

Waktu belum memberikan peluang untuk lebih kenal dengan sosok syeh lemah abang secara detail. Adakalanya yang terdengar kesaktiannya yang berguna dan adakalanya dianggap menyimpang, tetapi pengetahuan tetap harus diutamakan sebagai tradisi yang mendukung proses kebudayaan di nusantara ini. Dulu ada kisah pergulatan antara sunan kalijaga dan syeh lemah abang atau syeh siti jenar, walau tingkat olah kanuragan Syeh Siti Jenar sudah sangat tinggi dan ilmu-ilmu yang dipelajarinya sangat mematikan lawan, namun tetap saja ia tak mampu mengalahkan Sunan Kalijaga. Dalam suatu kisah meneritakan, pertarungan melawan Sunan Kalijaga berakhir kekalahan yang menewaskan Syeh Siti Jenar. Berikut beberapa ilmu kanuragan yang diwariskan Syeh Siti Jenar kepada para pengikut setianya untuk dijadikan sebagai pegangan hidup, ilmu-ilmu itu antara lain:

Sepi Angin, Ilmu kanuragan ini mampu membuat tubuh orang yang mengamalkannya menjadi ringan seperti angin. Dengan ajian ini seseorang mampu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya secepat kilat. Konon dengan ajian Sepi Angin ini Syeh Siti Jenar dapat pergi shalat ke masjid-masjid yang ia kehendaki bahkan hingga ke Masjidil Haram di Mekkah Arab.

Bolo Sewu, Walau seorang diri, namun dengan Ajian Bolo Sewu seseorang menjadi terlihat banyak. Dengan Bolo Sewu seseorang akan ditemani 1.000 jin yang mampu menjaganya dari segala marabahaya yang menghadang. Bolo Sewu berarti seribu pengikut, ilmu ini biasa digunakan oleh para pengikut Syeh Siti Jenar untuk menghadapi lawan-lawannya.

Ngrogoh Sukmo, Ngrogoh Sukmo dalam bahasa Jawa Berarti mengambil jiwa. Ajian mampu mengeluarkan ruh dari raga dan kembali lagi pada saat yang diinginkan. Nrogoh Sukmo digunakan saat ingin mengalahkan lawan dengan tanpa terlihat secara kasat mata.

Rajeg Wesi, Ilmu kebal ini bernama Rajag Wesi. Para pengikut Syeh Siti Jenar bakal tak mempan akan bacokan pedang maupun pukulan benda keras lainnya. Tubuh akan setebal besi sehingga tak bisa dilukai oleh apapun yang menyentuhnya.

Grojog Sewu, Dari sekian ilmu yang diwariskan Syeh Siti Jenar, ajian Grojog Sewu merupakan yang paling dikenal para jawara. Siapapun yang menimba ilmu ini akan mampu berubah wujud seperti yang diinginkannya. Dengan mengamalkan ajian ini seseorang akan bisa berganti wujud menjadi makhluk hidup seperti hewan maupun pohon, bahkan menjadi bentuk manusia

della; artis yang tetap menjaga budaya literasinya


Peristiwa kebudayaan bisa diawali dari ide gagasan apasaja menuju ke peciptaan sebuah gagasan sebuah karya yang mengekspresikan kegelisahan manusia terhadap semestanya . Mungkin awalnya hanya membaca, karena membaca bisa membuka cakrawala pemikiran dan keluasan pandangan dalam menyikapi hidup dan kehidupan ini. Sosok perempuan satu ini adalah artis dengan segenap talentanya ternyata juga mempunyai budaya literasi yang potensial, dia adalah della dartyan yang telah membuktkan proses dialektika dalam dirinya dan kini berhasil dengan buku karyanya. Pekerjaannya sebagai artis tidak menghentikannya untuk menjaga tradisi literasinya salut untuk karya dan sikapnya ya gaes, karenajarang lo artis yang begini ini. Kebanyakan orang setelah pada posisi pencapaiannya sebagai artis sepertinya sudah menthog. semoga della ini dapat menginspirasi artis-artis nasional dan pemula untuk terus berproses, karena dengan berproses tentu tidak akan mengkhianati hasil. 

Begini kata-kata della, ''Sebagian besar waktuku ketika masih remaja, aku habiskan untuk membaca. Entah membaca novel berbagai genre ( pada waktu itu kebanyakan baca novel teenlit ), komik, atau kumpulan puisi. Kebetulan, SMAku di Bali tepat dibelakang mall yang terdapat outlet toko buku ternama. Jadilah aku, setiap pulang sekolah selalu mampir kesana untuk mencari harta karun selanjutnya yang bisa kubaca dirumah. Bagiku, toko buku adalah surga tersendiri. Dan seperti mimpi rasanya. Karya tulisku bisa bertenger manis di salah satu rak toko buku, bersanding dengan penulis-penulis yang kukagumi. Biru Kelana, sudah bisa dibeli di berbagai outlet toko buku.'' fotdocdelladartyan

Senin, 31 Oktober 2022

dialektika tom and jerry sebenarnya kisah kuno

tradisi menyimpan makanan untuk bertahan hidup dari kelaparan itu sangat purba

Tikus yang lapar kecerdasanya nyaris tak mampu berhitung secara sistematis. Bisa dipastikan karena didorong rasa laparnya dia akan memakan umpan meski dia tahu makanan dalam jebakan itu beracun. Perhitungan kalkulasinya jika lepas dari perangkap itu karena insting dan gerakan refleknya, tapi jika mati karena memakan umpan beracun itu adalah takdir kerakusan atau kebodohannya . Kadang tikus juga melawan ketika terjepit terutama pada kucing, kenapa kok berani yaa. Mungkin itu sebagian dari sisi kebandelannya. Si meyong pun kadang tak meladeni ketika moodnya sedang ngggak ingin menghajar musuhnya. Rupanya kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 5.000 tahun SM, dengan ditemukannya kerangka kucing di Pulau Siprus. Kemudian sejak zaman 3.500 SM, orang Mesir Kuno telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen mereka.

Bisa berbeda dengan tingkat kelaparan si meyong, entah sabar atau malas tetapi jika lapar bawaanya tidur, nggak pecicilan seperti tikus kayak tikus jarang tidur, hidupnya untuk mengerat dan makan terus kawin dan beranak sebanyak-banyaknya tanpa ada yang menolong lahiran lancar gitu ajah gaes. dianggap binatang yang cerdas karena ketajaman penciumannya, aksi gesit menghindarnya, menadai jalan makanan dengan urinnya kerenkan gaes tetapi karena kerakusannya seringkali kecerdasannya sedikit kendor dan ndlower, kebandelannya seringkali menjebaknya sendiri. Buktinya masihsering tikus kena jepretan dengan umpan tempe yang dibakar, mungkin aroma tempa tersebut telahmenghilangkan bau manusia, karena tikus akan menghindari bau manusia terutama pada umpan yang dipasang. Gaes kalau dirumah kamu banyak tikus cobalah pelihara tikus rumahan, kalaupun tidak terjadi saling serang paling tidak mereka akan saling menghormati tupoksi masing-masing.

yakinlah


dzat 
TAN  KINAYA NGAPA
TAN KINAYA KINIRA

manusia,
tidak bisa mengumpamakan wujudnya
berarti tak bisa dibandingkan dengan lainnya

tidak bisa diperkirakan oleh analisa akalmu
segalanya bisa tak terduga hadir dan perginya

legenda asal usul rawa pening


Cerita yang ditulis Tri Wahyuni berasal dari Jawa Tengah. Cerita mengisahkan tentang Baro Klinting, seekor naga, anak dari Endang Sawitri, putri Kepala Desa Ngasem. Karena sebuah kutukan, Endang Sawitri harus mengandung dan melahirkan seorang anak berwujud naga seorang diri. Baro Klinting pun pergi ke Gunung Telomoyo untuk bertapa demi melepaskan diri dari kutukan sehingga dapat berubah wujud menjadi anak manusia pada umumnya. Ia bertapa dengan cara melilitkan tubuh naganya sampai ke puncak Gunung Telomoyo. Malangnya,ada sekumpulan warga Desa Pathok yang tengah berburu tidak melihat wujud keseluruhan Baro Klinting. Mereka hanya melihat ekor Baro Klinting saja dan memotong-motong daging ekor Baro Klinting untuk dibawa pulang ke desa mereka. Baro Klinting yang telah berhasil dalam pertapaan dan berubah wujud menjadi seorang anak manusia pun mendatangi warga Pathok. Namun,keadaan tubuhnya yang lusuh dan penuh luka mengakibatkan penolakan warga. Baro Klinting pun menantang warga mencabut sebatang lidi yang tertancap di tanah. Ajaibnya, tak seorang pun mampu mencabutnya, bahkan orang dewasa yang paling kekar sekalipun. Hanya Baro Klinting yang berhasil mencabut lidi itu.

Cerita ini mengandung pesan untuk pantang menyerah meskipun banyak halangan yang menghadang

Membacanya tersa ringan anak-anak kayaknya akan gampang inget cerita itu, salut mbak tri, atau mungkin masih ada legenda versi lain, nanti akan kutelisik lagi ya gaes

Minggu, 30 Oktober 2022

pakaian adat nusantara dijam sekolah ; bisakah

  

Menguatkan budaya lewat kewajiban pakai seragam pakain adat nusantara

Aturan pakaian adat sebagai seragam sekolah siswa SD, SMP, SMA, dan SMK ini dirilis langsung melalui Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI nomor 50 tahun 2022. Di dalam isi Permendikbud tersebut dijelaskan mengenai seragam sekolah untuk siswa SD hingga SMK. Di peraturan ini terdapat pasal  yang menyampaikan bahwa peraturan pakaian seragam sekolah, ditujukan untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme, kebersamaan, dan memperkuat persaudaraan antar peserta didik. Selain itu, juga untuk menumbuhkan semangat persatuan di kalangan peserta didik, dan meningkatkan kedisiplinan peserta didik tanpa adanya kesenjangan sosial.

Sehingga aturan baru mengenai seragam sekolah siswa SD, SMP, SMA, dan SMK, turut menjadi dasar bagi sekolah dalam membuat peraturan terkait seragam sekolah di masing-masing sekolahnya selain seragam nasional dan seragam pramuka. Gimana gaes mantapkan, pakai seragam adat saat sekolah, mungkin awalnya akan ribet. Aku sih setuju saja seyampang itu tidak membebani anak dan ortunya, mungkin jika sehari dalam seminggu amanlah, tetapi kalau seminggu tiga akali harus berganti pakaian adat tentusaja sangat berat dalm pengadaannya saat ekonomi ortu lagi down. Kemudian pikiranm yang janggal lagi sementara anak-anak sekolah diwajibkan pakai pakaian adat bagaimana guru dan staff sekolahan, karena sekolah adalah lembaga yang patut memberikan contoh baik dan sebagai panutan anak-anak sekolah sebaiknya guru dan staff juga diwajibkan jadi memang dalam sekolah sma-sama merasakan pembentukan karakter nasionalisme tersebut. Lalu lainnya bagaimana di sekolah yang bukan negeri swasta atau sekolah islam atau kristen apa juga ikut diwajibkan ya gaes.

Sabtu, 29 Oktober 2022

ziaroh kubur adalah ajaran orang baik

  

 

  


tentang  ziarah makam

Hampir tak ada sepinya makam para wali dan auliya mereka datang untuk mendoakan , banyak makam para wali dan orang-orang baik mulai makam gusdur , Mbah Siddiq, Habib Sholeh Tanggul, Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, Kiayi Kholil Bangkalan dan Sunan Ampel yang dipadati para peziarah dari mulai pagi hingga malam seolah tak tak ada jedanya . Dengan keramaian tersebut tentusaja justru menjadikan banyak peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya, baik hiasan kenang-kenangan, kaos, songkok bahkan makanan dan layanan parkir kendaraan hampir semuanya kebagian rejeki karena keberadaan makam para wali ini. Meski beliau-beliau sudah wafat , tetapi masih saja menebar kelimpahan manfaat bagi banyak orang. Seolah  kita menyadari betapa peran para wali dalam kehidupan dimasa ketika masih hidupnya, la kok ada saja orang  yang baru ngustad dan beranggapan sudah faham Qur'an Hadits kemudian dengan begitu mudah menuduh ziarah ke makam beliau adalah bid’ah, syirik dan kufur  , harusnya introspeksi diri bagaimana hidupnya bisa menebar manfaat bagi orang lain bukan malah keseringan mencibir. Bagi saya ziaroh makam para  wali, para leluhur keluarga, para pahlawan dan sanak saudara merupakan tradisi nusantara yang sangat lekat dengan ajaran-ajaran orang-orang baik dimasa hidupnya.