Senin, 20 Maret 2023

dekatkan imajinasi cintamu dengan bumi


 lautan asmara meski tenang namun sulit ditakar
jauh dari makna pantai indah cinta sebenarnya
menapaki pasir putih menginjak rumput liar
bercahayakan lampu tempel hampir habis minyaknya
baiknya cintamu dimulai dari fakta
akan lebih baik mencapai kata bijak

Minggu, 19 Maret 2023

menghidupi kerajaan dengan bisnis kopi

 

tradisi ngopi juga pasti punya cerita kejayaan kopi di Jawa

Menurut catatan sejarah perkopian Dinasti Mangkunegaran merupakan perintis perkopian di Jawa dan telah memperkuat basis ekonomi modern saat itu dengan mengembangkan perkebunan kopi dan gula. Pilihan bisnis Puro Mangkunegaran terutama Mangkunegara  lV saat itu adalah kopi , karena kopi sangat diperhitungkan sebagai  komoditias yang laku keras di pasaran internasional. Komoditas kopi juga mampu meningkatkan perekonomian Mangkunegaran karena perannya dalam menopang kehidupan praja dengan dikelola secara serius dan diatur dengan manajemen yang profesional. Selalu memperhatikan dan mencermati bahwa kopi akan laku keras di pasaran dunia dan Mangkunegaran memiliki kondisi geografis tanah pegunungan, seperti daerah Wonogiri, sebagian Karanganyar, dan Karangpandan sangat potensial untuk budidaya tanaman kopi. Penanaman kopi di daerah Mangkunegaran dimulai pada tahun 1814. Bibit kopi diperoleh dari Kebun Kopi Gondosini di daerah Bulukerto, Wonogiri.

Tidak lama setelah dinobatkan, Mangkunegara IV mulai memperluas tanaman kopi ke wilayah Honggobayan, Keduwang dan Karangpandan. Hal ini dikarenakan beberapa tempat yang cocok untuk penanaman kopi ini masih berada di tangan para penyewa pengusaha Eropa, maka untuk memperluas pembudidayaan kopi,  Mangkunegara IV menanami tanah-tanah apanage hasil kerjanya dan juga melakukan alih fungsi hutan di wilayah Wonogiri.

Pada awal tahun 1850 baru ada 4 wilayah penting bagi penanaman kopi di Mangkunegaran, tetapi sejak pembebasan tanah-tanah apanage berkembang menjadi 24 wilayah. Penanaman kopi di 24 wilayah Mangkunegaran ini ditangani secara serius, dengan mendatangkan administratur kopi dari Eropa, Rudolf Kampff untuk mengorganisir pananaman kopi. Dari 24 wilayah itu, masing-masing dikepalai oleh seorang administratur yang bergelar panewu kopi dan mantri kopi. Di setiap daerah didirikan sebuah gudang untuk penampungan kopi dan sebuah pesanggrahan sebagai tempat tinggal para administratur itu. Ke-24 administratur kopi itu berada di bawah kendali dua orang penilik atau inspektur Eropa, yaitu L.J. Jeanty dan J.B. Vogel yang masing-masing berkedudukan di Tawangmangu dan Nguntoronadi.

Masing-masing penilik membawahi 12 wilayah. J.B. Vogel membawahi wilayah-wilayah: Karangpandan, Tawangmangu, Jumapolo, Jumapuro, Jatipuro, Ngadirojo, Sidoarjo, Girimarto, Jatisrono, Slogohimo, Bulukerto dan Purwantoro. Sedangkan L.J. Jeanty membawahi wilayah-wilayah: Nguntoronadi, Wuryantoro, Eromoko, Pracimantoro, Giritontro, Baturetno, Batuwarno, Selogiri, Singosari dan Ngawen. Kedua inspekstur itu bertanggungjawab terhadap seorang superindentent dari Kawedanan Kartoprojo. Pejabat superindentent pada saat itu adalah Raden Mas Wirohasmoro.

Dari perluasan penanaman kopi telah memperoleh peningkatan hasil yang cukup baik. Dari 1.208 kwintal pada tahun 1842 telah meningkat menjadi 11.145 kwintal pada tahun 1857. Pada tahun 1857 Mangkunegara IV bersikeras untuk mencoba mengakhiri persewaan tanah apanage di wilayahnya agar ia dapat mengambilalih pembudidayaan kopi di Mangkunegaran dari para pengusaha Eropa. Upaya Mangkunegara IV dengan dukungan rakyatnya mampu menanam tanaman kopi sebanyak 6.056.203 pohon di tahun 1863, dari jumlah itu 5.037.356 pohon diantaranya telah berbuah. Untuk pemasaran, kopi produksi Mangkunegaran tidak dapat dijual langsung ke pasaran bebas karena berlaku politik monopoli oleh pemerintah Hindia Belanda. Untuk menambah pendapatan, Mangkunegara IV meminta petinggi Belanda menaikkan harga kopinya diatas harga pasaran. Sadar jika kopi  komoditi ekspor, maka harga komoditi kopi sangat dipengaruhi oleh harga pasar internasional. Mangkunegara lV mengadakan negoisasi dengan pemerintah belanda agar harga kopi di naikkan, dan pada ujungnya disetujui al hasil menambah kas kerajaan dari hasil produksi kopi. Keren ya gaess kopi bisa menjadi anggaran membangun kerajaan dimasa itu. Apakah sekarang bisa , nah ini perlu dibahas secara serius karena sejarah telah membuktikan bahwa kita bisa .

jaranan campursari jemberan


seni tradisi jaranan butho banyuwangen hidup subur di jember

Seni tradisi jaranan juga ada yang betitle Jaranan Buto , jaranan ini dapat diartikan sebagai kuda lumping raksasa. Keberadaan kesenian Jaranan Buto tidak terlepas dari cerita rakyat yang melegenda yaitu Menak Jinggo seorang raja Kerajaan Blambangan. Konon digambarkan kalau  Raja Menak Jinggo berperawakan besar dan kekar bagaikan raksasa . Jaranan buto adalah kesenian tari semacam Raksasa yang diiringi dengan irama jaranan. Jaranan  Buto yang dikenal di jember merupakan tari tradisional yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi tetapi juga da yang diadaptasi dari Kabupaten Blitar. Kalau dari Banyuwangi di cerita rakyat tentang raja blambangan, yang kemudian dikembangkan oleh seniman lokal banyuwangi yaitu Setro, beliau dikenal orang yang menciptakan tarian Jaranan Buto yang menggambarkan pertarungan dan perwujudan Minak Jingga sebagai buto melawan Kebomarcuwet. Jaranan Buto itu banyak berkembang di daerah Banyuwangi Selatan yang basisnya memang masyarakat Mataraman.

 Menurut Setro, cerita butho-buthoan di Banyuwangi sangat cepat mendapatkan respon dari masyarakat yang banyak keturunan mataraman . Imajinasi mereka jika buto adalah perwakan besar dan jahat sehingga sensasi ritmis magis nya dipadu dengan irama jaranan menjadi kesenian yang bisa menyatu dengan jaranan lainnya. Secara umum jaranan butho ini memberikan kesan percampuran ide seni tradisi Banyuwangi dan Trenggalek asal Setro yang kii menetap di Cluring Banyuwangi. Banyuwangi adalah kota gudangnya para seniman dan tradisi yang masih sangat kuat di kehidupan masyarakatnya, makanya seni tradisi dapat hidup lestari di sana. Semoga mendatang akan menular ke Jember, katrena jember juga terdapat bermacam-macam suku bangsa dan seni budayanya bercampur menjadi kekuatan percampuran seni dengan kebaruannya. Makanya sering di Jember jaranan di mixed dengan campursari, untuk memenuhi permintaan masyarakatnya. Mungkin begitulah cara masyarakat kita merawat tradisi nusantara.


Rabu, 15 Maret 2023

arti penting ruwahan bagi orang jawa


Tradisi mendoakan leluhur yang telah tiada sudah menjadi semacam keharusan, para sanak saudara yang masih hidup bergantian atau kadang bersamaan pergi kemakam leluhurnya. Tradisi ini biasanya hari-hari mendekati puasa ramadhan, bagi orang jawa tradisi ini disebut nyadran dengan kata lain ruwah syakbanan makanya tradisi ini bisa disebut nyadran atau ruwahan. Bersih-bersih kemakam leluhur dan mendoakannya serta bila ada rejeki akan bagi-bagi makanan atau uang pada masyarakat sekitar makam.

Bagi orang jawa peristiwa budaya ini merupakan tradisi yang bisa dikatakan penting, bagaimana tidak bahwa kita diingatkan untuk mendoakan leluhur dan membersihkan makamnya serta berbagi pada sesama, tentu ini perbuatan yang baik. Hingga era digital global seperti sekarang ini masih saja sespuh keluarga sering mengajak anak cucunya untuk pergi kemakam leluhurnya. Sekaligus memberikan pengetahuan bahwa kalau tidak ada leluhur ini mungkin kita semuanya ini tidak akan ada , agar tidak kepaten obor. Anak cucu jadi tahu silsilah keluarga dan mengetahui bahwa leluhurnya dimakamkan disini, sehingga seperti ada kewajiban untuk merawat makam dan mendoakan leluhurnya. Mungkin inilah cara mereka merawat tradisi budaya nusantara.

kutetap bersyukur


asalku dari jalan, dari pinggiran lalu-lalang

makananku keringat dari kerja seharian

aku bisa membuka hati untuk cintamu

meski sebenarnya cintaku sudah lebih dulu

karena alam memberimu hidup


 kapan kita akan berlabuh

sudah semalaman diatas perairan
biduk cinta ini telah bertautan hati
berjalan dengan kata hati dan perasaan
kita arungi air ombak tak takut mati

jauh terhampar dataran hijau segaris
semakin mendekatkan pada perapian
dari kemarin hanyalah bara yang teriris
mungkin bukan pelaminan harapan

pastikan tanah ini bagian kasih hidup kita
air ini sebagai tanda kesejatian cinta kita
beranak pinak tumbuh berbiaknya asa kita
bertahan kelola badai dan kabut alam semesta

dik, kita mulai dari sini
yakinlah kita bahagia disini

Senin, 13 Maret 2023

menapaki ruang-ruang kampung


Masa-masa remaja penuh dengan rasa solidaritas, penaran dengan hal baru bahkan sering berujungan dengan pengin merasakan sensasi-sensasi baru. Kalau tidak segera diingatkan maka seringkalai remaja akan mudah terjebak dilingkiran tersebut, dan akhirnya munculah kenakalan remaja. Tetapi kalau hal-hal positif mestinya perlu didukung agar terus -menerus mengolah dan merencanakan agenda berikutnya mungkin juga akan mengajak atau diikuti oleh kawan lainnya. Orientasi sekitar lingkungan kampung rasanya bagi remaja dulu sangat penting, titik spot permainan yang asek-asek, pohon persembunyian atau lokasi mencuri mangga yang mantap atau bermain di aliran sungai yang aman bagi mereka . Pengalaman remaja dulu mesti punya  kesan tersendiri dan ketika mereka sudah dewasa akan menjadi kenangan . dan jika ketemu akan menjadi bahan obrolan yang asek. Lha jika anak-anak sekarang kira-kira apa masih ada nggak yaa orientasi ruang sekitar lingkungan kampungnya yaaa, kini banyak yang menjelajahi dunia maya via medsos atau media games nya. Yaah mungkin jaman sudah sangat berbeda dan mungkinkedepan tantangannya pun akan menyesuaikan dengan kedaan kekinian. begitulah kebudayaan akan berkembang ya jadi tanggung jawab remaja jaman sekarang untuktetap merawat tradisi nusantara.

Sabtu, 11 Maret 2023

kau maha pemurah


 berteman dengan kegelapan berselimut kabut
menyentuh dinginnya aspal jalan yang beku
kota ini seperti tak berpenghuni, sepi terbalut
hanya lampu-lampu temaram tergantung kaku

mata disapu angin bulu mata mengembun
titik airnya meleleh mengenai pelipisku 
kukayuh sepeda melewati malam merimbun
kusadari waktu semakin berlari menderu

semilir angin menyapa kembali bikin kelu
nyesak didada hawa terasa makin dingin
suasana ini bikin aku lupa kemana jalanku
seakan aku sesat, aku harus melawan angin

rupanya alam menyadarkan ketetapan hati
aku kini harus mencapai kepastian arah
cinta dan kasihmu menjaga arah kemudi
terimakasih cintamu yang membuat cerah

suasana hatiku, suasana jalanku
rahman dan rahimmu menyejukanku

tembakau komoditas dunia


Pada 1830 mulailah diadakan penanaman besar-besaran tembakau di Indonesia waktu itu Hindia Belanda, ratu kerajaan Belanda yang berkuasa adalah Raja Willem lll yang sudah memberikan hak-hak untuk mengelola tanah jajahan. Kemudian dilanjutkan dengan Agrarisch wet 1870 dengan hak istimewa orang-orang Eropa yang akan berinvestasi di Hindia Belanda terutama komoditas kopi tembakau, coklat dan lainnya. Komoditas tembakau menjadi emas hijau bagi Belanda dan orang eropa pada umumnya. Makanya tembakau makin menjadi komoditas primadona pada saat itu bahkan hingga kini.

Menurut informasi sepuluh tahun setelah di berlakukan Agrarisch Wet ,  seorang pribumi Haji Jamhari menemukan ramuan tembakau yang dicampur dengan cengkih yang ketika dibakar akan menghasilkan bunyi kretek, kretek. Cengkih mengandung eugenol yang dapat meningkatkan kadar tar dan nikotin ketika dicampur dengan tembakau. Pada tahun 1913, Handel Matschappij Liem Seeng Tee NV berdiri sebagai cikal bakal Dji Sam Soe, yang mana kata tersebut berasal dari dialek Hokkien. Dji Sam Soe diperkenalkan oleh Liem Seeng Tee pada tahun 1913 dan diproduksi melalui pabrik di Surabaya, Jawa Timur. 1916, Liem Seeng Tee sempat membeli tembakau dari seorang pedagang tembakau yang bangkrut. Menurutnya, pada tahun 1940, penjualan Dji Sam Soe tumbuh pesat dengan hasil produksi mencapai 3 juta batang, sehingga jumlah pekerja untuk melinting rokok Dji Sam Soe ditingkatkan menjadi 1.300 orang. Pada tahun 1956, Liem Seeng Tee wafat dan digantikan oleh anaknya, Liem Swee Ling (Aga Sampoerna). Perseroan didirikan pada tahun 1963 dengan mengganti nama Belanda tersebut menjadi PT Hanjaya Mandala (HM) Sampoerna. Rokok Dji Sam Soe menurut informasinya terbuat dari tembakau-tembakau terbaik yang terdiri dari tembakau lokal yang didatangkan dari Surabaya, Pasuruan, dan Madura. Selain itu, Dji Sam Soe juga menggunakan tembakau Turki dan tembakau Amerika, serta cengkih terpilih.

Hingga saat ini tembakau punya kedudukan sangat penting dalam ekonomi dan perdagangan dunia. Industri tembakau termasuk rokok dan segala produk turunannya berperan besar dalam menyediakan lapangan kerja dan sumber pendapatan bagi masyarakat dunia. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika tanaman tembakau ditemukan di hampir seluruh negara di dunia. Menurut laporan terbaru yang dikeluarkan Food and Agriculture Organization (FAO), bahwa sekitar 100 negara tercatat sebagai penghasil tembakau. FAO juga menyebut rata-rata jumlah produksi tembakau dunia setiap tahun mencapai 6,5 juta ton. Negara mana saja pemasok tembakau terbesar dunia?

China adalah negara penghasil tembakau terbesar di dunia. Rata-rata FAO mencatat produksi daun tembakau China mencapai 2.397.200 ton/tahun. Dengan jumlah tersebut, produk tembakau China menyumbang 38,87% total produksi dunia. Dari total produksi tembakau China, hanya 5% saja yang diekspor. Selebihnya, China menggunakan tembakau untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bahkan selama Januari-Juni 2007, industri tembakau China mendaftarkan keuntungan sebelum pajak lebih dari 200 miliar yuan atau setara dengan US$ 27 miliar. Angka tersebut tidak lepas dari pemberlakuan sistem monopoli industri tembakau oleh pemerintah.

Sementara, negara yang menduduki peringkat kedua sebagai penghasil daun tembakau terbesar dunia adalah Brazil. Jumlah produksi tembakau Brazil rata-rata mencapai 919.393 ton/tahun. Brasil menguasai sekitar 14,6% tembakau dunia. Di India, tanaman tembakau untuk pertama kali dibawa oleh portugis. Mulanya, Portugis memperkenalkan tembakau di kalangan istana. Tembakau menjadi komoditas penting bagi perdangan antara kedua negara, Portugis menggunakan tembakau sebagai komoditas barter untuk membeli tekstil India. Lambat laun, tembakau menyebar ke masyarakat dan menjadi bagian busaya masyarakat India. Rata-rata jumlah produksi tembakau India mencapai 555.000 ton/tahun dan menguasai sekitar 8,43% tembakau dunia. Dengan angka tersebut, India mencatatkan namanya sebagai negara ketiga penghasil tembakau terbesar dunia. Unik memang, Amerika sebagai salah satu negara yang paling getol mengkampanyekan dan mendorong justru berada pada urutan ke empat negara penghasil tembakau terbesar di dunia. menguasai 5,73%.

Di Amerika, tembakau tumbuh subur di 21 negara bagian. Negara bagian Kentucky dan North Carolina merupakan penghasil tembakau terbesar, yaitu mencapai dua pertiga dari tembakau yang ditanam di Amerika. Total produksi dari semua jenis tembakau Amerika diperkirakan mencapai 805 juta pounds dari sekitar 354.000 hektare lahan penanaman tembakau Amerika. Selain Amerika ada juga Argentina yang jug asebagai penghasil tembakau dunia.  Hal itu tidak lepas dari kebijakan pemerintah setempat untuk memproteksi  pertanian Argentina. Argentina memiliki lahan pertanian tembakau sekitar 831,75 dengan jumlah panen 776 kilometer persegi. Argentina menyumbang 2,76% stok tembakau dunia yang juga diekspor keluar negeri, negara ini adalah negara kelima penyumbang tembakau terbesar dunia.

Tembakau merupakan salah satu komoditas terpenting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Industri tembakau dari hulu ke hilir telah melibatkan jutaan tenaga kerja. Tahun 2012, pemerintah mengantongi pendapatan dari cukai rokok, salah satu produk dari tembakau, sebesar Rp 80 triliun. Indonesia merupakan negara penghasil tembakau terbesar  setelah Cina, Brazil, India, USA , Argentina dan Malawi, dengan jumlah produksi sebesar 136 ribu ton atau sekitar 1,91% dari total produksi tembakau dunia. Indonesia menjadi negara keenam penghasil tembakau terbesar dunia dengan  jumlah rata-rata produksi tembakau sebesar 164.851 ton/tahun. Hasil panen tembakau di Indonesia mampu menyumbang 2,67% daun tembakau dari pasokan global. Namun, jumlah produksi tersebut bukanlah angka tertinggi selama 20 tahun terakhir. Tahun 2001 produksi tembakau Indonesia mencapai 200.000 ton lebih. Permintaan tembakau dalam negeri terus meningkat setiap tahunnya. Petani-petani tembakau Indonesia sepertinya tetap menanam meskipun kadang harga tidak berpihak pada mereka, mungkin itulah cara mereka merawat tradisi tembakau di Indonesia.

Jumat, 10 Maret 2023

menyiksa orang-orang sawah


 kau bagian dari sejarah peradaban tanah ini

dihatimu pasti bangga pada keagunganmu

disanjung puja khalayak teriring doa sesaji

seolah matamu tersembunyi dirundung sepi


kau memilih  diam hanya sedikit bergeming

ketika orang-orang berkeluh dan meminta

semakin terkabul semakin ramai nasi kuning

tapi jaman sudah berubah kau bersimpuh papa


kau tak bisa memberi berkah pada mereka

tubuh yang lumpuh dipaksa tegak terpancang

kini semua orang menghardik tubuhmu luka-luka

edan sebenarnya apa yang ada dipikiran orang-orang



panjangnya penantian


 tenang setegar karang rasa
keras sekuat gunung paku
ada hadir tersisa disana
kau lelaki diujung waktu

ijinkan ku peluk dirimu sekejap
waktuku seujung embun pucuk daun
mungkin tak akan lama kita terdekap
rupanya panggilan kita sudah mengalun

selamat kau telah membuat hatiku iklas
semoga ada pertemuan disuratan nanti

kenapa ogah makan ikan ?


kuliner ikan selain menguatkan karakter tradisi juga bikin sehat

Kenapa banyak penduduk Indonesia terutama anak-anak  lebih memilih makan daging sapi, telur dan ayam sebagai sumber protein dibandingkan ikan. Padahal, masih banyak sumber protein lainnya misalnya tahu, tempe, ikan yang kandungan gizi dalam ikan tak kalah tinggi. Kandungan protein ikan  tak kalah dengan daging lo gaess. Point pentingnya lagi bahwa harga ikan lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam. Memang adasih beberapa jenis ikan yang harganya fantastis, tetapi di pasar lebih banyak ikan yang mudah dan murah harganya.

Jika tahu berbagai manfaat makan ikan mungkin bisa mulai beralih mengkonsumsinya, bisa dengan olahan kuliner yang khas darah masing-masing tentunya. Selain protein yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3. Omega-3 adalah zat gizi yang dibutuhkan sebagai makanan untuk pertumbuhan otak bayi dan menjaga kesehatan otak pada orang tua. Sangat potensian protein dan omega 3 pada ikan sangat membantu pertumbuhan tumbuh kembang anak. Karena  asam lemak omega pada ikan baik meningkatkan fungsi otak, terutama untuk kemampuan belajar, ingatan, dan perkembangan otak. Keren ya gaess . Nah kalau untuk orang dewasa bahwa orang yang makan ikan dengan cara dipanggang memiliki volume otak lebih besar dengan sel otak lebih besar. Bahwa volume otak yang lebih besar bisa meningkatkan fungsi ingatan dan pembelajaran. Terutama mendukung kemampuan otak dalam menyimpan memori.

Ikan juga mempunyai kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, makanya manfaat makan ikan tentu baik untuk tulang dan gigi. Karena ikan merupakan sumber mineral yang penting untuk kepadatan tulang, seperti kalsium dan fosfor yang mendukung untuk kesehatan sistem gerak, seperti pertumbuhan tulang dan gigi anak, hingga mengurangi resiko osteoporosis pada orang dewasa dan lansia. Manfaat  makan ikan lainnya misalnya menurukan resiko serangan jantung, daya imun, bisa mencegah asma pada anak yang tak kalah penting adalah menguatkan kesehatan mata kita gaess. Makanya wong-wong pesisiran harus konsisten makan ikan, karena sejatinya ikan sangat baik untuk tubuh kita.

Rabu, 08 Maret 2023

apapun untuk kebahagiaanmu


semua kulakukan untukmu tiada beban berat tak terangkat

mau itu membuatku terhuyung, luka sakit bahkan lumpuh 

berjalanlah sesuai keinginanmu, ingat  hatimu jangan tersayat

nak tetaplah kamu kuat, bapakmu sudah tidak bisa menempuh


seperti inilah aku, aku bukanlah orang yang bisa kau banggakan 

yang penting tekadmu aras, hatimu tetap hangat pada siapa saja

ringankan langkah kakimu, berjalanlah, kau selalu kudoakan 

maaf hanya kekuatan otot yang bapak bisa, mikirpun tak tereja


namamu selalu kumohonkan lindungannya

namamu selalu kurindu di malam-malamku

bapak tidak memintamu mengingat hormat

bapak hanya ingin kamu sampai jalannya