Senin, 20 Maret 2023
dekatkan imajinasi cintamu dengan bumi
Minggu, 19 Maret 2023
menghidupi kerajaan dengan bisnis kopi
tradisi ngopi juga pasti punya cerita kejayaan kopi di Jawa
Menurut catatan sejarah perkopian Dinasti Mangkunegaran merupakan
perintis perkopian di Jawa dan telah memperkuat basis ekonomi modern saat itu
dengan mengembangkan perkebunan kopi dan gula. Pilihan bisnis Puro Mangkunegaran terutama Mangkunegara lV
saat itu adalah kopi , karena kopi sangat diperhitungkan sebagai komoditias yang laku keras di pasaran
internasional. Komoditas kopi juga mampu meningkatkan perekonomian
Mangkunegaran karena perannya dalam menopang kehidupan praja dengan dikelola
secara serius dan diatur dengan manajemen yang profesional. Selalu memperhatikan
dan mencermati bahwa kopi akan laku keras di pasaran dunia dan Mangkunegaran memiliki
kondisi geografis tanah pegunungan, seperti daerah Wonogiri, sebagian
Karanganyar, dan Karangpandan sangat potensial untuk budidaya tanaman kopi.
Penanaman kopi di daerah Mangkunegaran dimulai pada tahun 1814. Bibit kopi
diperoleh dari Kebun Kopi Gondosini di daerah Bulukerto, Wonogiri.
Tidak lama setelah dinobatkan, Mangkunegara IV mulai
memperluas tanaman kopi ke wilayah Honggobayan, Keduwang dan Karangpandan. Hal
ini dikarenakan beberapa tempat yang cocok untuk penanaman kopi ini masih
berada di tangan para penyewa pengusaha Eropa, maka untuk memperluas
pembudidayaan kopi, Mangkunegara IV menanami
tanah-tanah apanage hasil kerjanya dan juga melakukan alih fungsi hutan di
wilayah Wonogiri.
Pada awal tahun 1850 baru ada 4 wilayah penting bagi
penanaman kopi di Mangkunegaran, tetapi sejak pembebasan tanah-tanah apanage
berkembang menjadi 24 wilayah. Penanaman kopi di 24 wilayah Mangkunegaran ini
ditangani secara serius, dengan mendatangkan administratur kopi dari Eropa, Rudolf
Kampff untuk mengorganisir pananaman kopi. Dari 24 wilayah itu, masing-masing
dikepalai oleh seorang administratur yang bergelar panewu kopi dan mantri kopi.
Di setiap daerah didirikan sebuah gudang untuk penampungan kopi dan sebuah
pesanggrahan sebagai tempat tinggal para administratur itu. Ke-24 administratur
kopi itu berada di bawah kendali dua orang penilik atau inspektur Eropa, yaitu
L.J. Jeanty dan J.B. Vogel yang masing-masing berkedudukan di Tawangmangu dan
Nguntoronadi.
Masing-masing penilik membawahi 12 wilayah. J.B. Vogel
membawahi wilayah-wilayah: Karangpandan, Tawangmangu, Jumapolo, Jumapuro,
Jatipuro, Ngadirojo, Sidoarjo, Girimarto, Jatisrono, Slogohimo, Bulukerto dan
Purwantoro. Sedangkan L.J. Jeanty membawahi wilayah-wilayah: Nguntoronadi,
Wuryantoro, Eromoko, Pracimantoro, Giritontro, Baturetno, Batuwarno, Selogiri,
Singosari dan Ngawen. Kedua inspekstur itu bertanggungjawab terhadap seorang
superindentent dari Kawedanan Kartoprojo. Pejabat superindentent pada saat itu
adalah Raden Mas Wirohasmoro.
Dari perluasan penanaman kopi telah memperoleh peningkatan
hasil yang cukup baik. Dari 1.208 kwintal pada tahun 1842 telah meningkat
menjadi 11.145 kwintal pada tahun 1857. Pada tahun 1857 Mangkunegara IV
bersikeras untuk mencoba mengakhiri persewaan tanah apanage di wilayahnya agar
ia dapat mengambilalih pembudidayaan kopi di Mangkunegaran dari para pengusaha
Eropa. Upaya Mangkunegara IV dengan dukungan rakyatnya mampu menanam tanaman
kopi sebanyak 6.056.203 pohon di tahun 1863, dari jumlah itu 5.037.356 pohon
diantaranya telah berbuah. Untuk pemasaran, kopi produksi Mangkunegaran tidak
dapat dijual langsung ke pasaran bebas karena berlaku politik monopoli oleh
pemerintah Hindia Belanda. Untuk menambah pendapatan, Mangkunegara IV meminta petinggi
Belanda menaikkan harga kopinya diatas harga pasaran. Sadar jika kopi komoditi ekspor, maka harga komoditi kopi
sangat dipengaruhi oleh harga pasar internasional. Mangkunegara lV mengadakan
negoisasi dengan pemerintah belanda agar harga kopi di naikkan, dan pada ujungnya disetujui al hasil menambah kas
kerajaan dari hasil produksi kopi. Keren ya gaess kopi bisa menjadi anggaran membangun kerajaan dimasa itu. Apakah sekarang bisa , nah ini perlu dibahas secara serius karena sejarah telah membuktikan bahwa kita bisa .
jaranan campursari jemberan
seni tradisi jaranan butho banyuwangen hidup subur di jember
Seni tradisi jaranan juga ada yang betitle Jaranan Buto , jaranan
ini dapat diartikan sebagai kuda lumping raksasa. Keberadaan kesenian Jaranan
Buto tidak terlepas dari cerita rakyat yang melegenda yaitu Menak Jinggo
seorang raja Kerajaan Blambangan. Konon digambarkan kalau Raja Menak Jinggo berperawakan besar dan kekar
bagaikan raksasa . Jaranan buto adalah kesenian tari semacam Raksasa yang
diiringi dengan irama jaranan. Jaranan Buto yang dikenal di jember merupakan tari
tradisional yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi tetapi juga da yang
diadaptasi dari Kabupaten Blitar. Kalau dari Banyuwangi di cerita rakyat
tentang raja blambangan, yang kemudian dikembangkan oleh seniman lokal
banyuwangi yaitu Setro, beliau dikenal orang yang menciptakan tarian Jaranan
Buto yang menggambarkan pertarungan dan perwujudan Minak Jingga sebagai buto
melawan Kebomarcuwet. Jaranan Buto itu banyak berkembang di daerah Banyuwangi
Selatan yang basisnya memang masyarakat Mataraman.
Menurut Setro, cerita
butho-buthoan di Banyuwangi sangat cepat mendapatkan respon dari masyarakat
yang banyak keturunan mataraman . Imajinasi mereka jika buto adalah perwakan
besar dan jahat sehingga sensasi ritmis magis nya dipadu dengan irama jaranan
menjadi kesenian yang bisa menyatu dengan jaranan lainnya. Secara umum jaranan
butho ini memberikan kesan percampuran ide seni tradisi Banyuwangi dan
Trenggalek asal Setro yang kii menetap di Cluring Banyuwangi. Banyuwangi adalah
kota gudangnya para seniman dan tradisi yang masih sangat kuat di kehidupan masyarakatnya,
makanya seni tradisi dapat hidup lestari di sana. Semoga mendatang akan menular
ke Jember, katrena jember juga terdapat bermacam-macam suku bangsa dan seni
budayanya bercampur menjadi kekuatan percampuran seni dengan kebaruannya. Makanya sering di Jember jaranan di mixed dengan campursari, untuk memenuhi permintaan masyarakatnya. Mungkin
begitulah cara masyarakat kita merawat tradisi nusantara.
Rabu, 15 Maret 2023
arti penting ruwahan bagi orang jawa
Tradisi mendoakan leluhur yang telah tiada sudah menjadi semacam keharusan, para sanak saudara yang masih hidup bergantian atau kadang bersamaan pergi kemakam leluhurnya. Tradisi ini biasanya hari-hari mendekati puasa ramadhan, bagi orang jawa tradisi ini disebut nyadran dengan kata lain ruwah syakbanan makanya tradisi ini bisa disebut nyadran atau ruwahan. Bersih-bersih kemakam leluhur dan mendoakannya serta bila ada rejeki akan bagi-bagi makanan atau uang pada masyarakat sekitar makam.
Bagi orang jawa peristiwa budaya ini merupakan tradisi yang bisa dikatakan penting, bagaimana tidak bahwa kita diingatkan untuk mendoakan leluhur dan membersihkan makamnya serta berbagi pada sesama, tentu ini perbuatan yang baik. Hingga era digital global seperti sekarang ini masih saja sespuh keluarga sering mengajak anak cucunya untuk pergi kemakam leluhurnya. Sekaligus memberikan pengetahuan bahwa kalau tidak ada leluhur ini mungkin kita semuanya ini tidak akan ada , agar tidak kepaten obor. Anak cucu jadi tahu silsilah keluarga dan mengetahui bahwa leluhurnya dimakamkan disini, sehingga seperti ada kewajiban untuk merawat makam dan mendoakan leluhurnya. Mungkin inilah cara mereka merawat tradisi budaya nusantara.
kutetap bersyukur
asalku dari jalan, dari pinggiran lalu-lalang
makananku keringat dari kerja seharian
aku bisa membuka hati untuk cintamu
meski sebenarnya cintaku sudah lebih dulu
karena alam memberimu hidup
Senin, 13 Maret 2023
menapaki ruang-ruang kampung
Masa-masa remaja penuh dengan rasa solidaritas, penaran dengan hal baru bahkan sering berujungan dengan pengin merasakan sensasi-sensasi baru. Kalau tidak segera diingatkan maka seringkalai remaja akan mudah terjebak dilingkiran tersebut, dan akhirnya munculah kenakalan remaja. Tetapi kalau hal-hal positif mestinya perlu didukung agar terus -menerus mengolah dan merencanakan agenda berikutnya mungkin juga akan mengajak atau diikuti oleh kawan lainnya. Orientasi sekitar lingkungan kampung rasanya bagi remaja dulu sangat penting, titik spot permainan yang asek-asek, pohon persembunyian atau lokasi mencuri mangga yang mantap atau bermain di aliran sungai yang aman bagi mereka . Pengalaman remaja dulu mesti punya kesan tersendiri dan ketika mereka sudah dewasa akan menjadi kenangan . dan jika ketemu akan menjadi bahan obrolan yang asek. Lha jika anak-anak sekarang kira-kira apa masih ada nggak yaa orientasi ruang sekitar lingkungan kampungnya yaaa, kini banyak yang menjelajahi dunia maya via medsos atau media games nya. Yaah mungkin jaman sudah sangat berbeda dan mungkinkedepan tantangannya pun akan menyesuaikan dengan kedaan kekinian. begitulah kebudayaan akan berkembang ya jadi tanggung jawab remaja jaman sekarang untuktetap merawat tradisi nusantara.
Sabtu, 11 Maret 2023
kau maha pemurah
tembakau komoditas dunia
Pada 1830 mulailah diadakan penanaman besar-besaran tembakau di Indonesia waktu itu Hindia Belanda, ratu kerajaan Belanda yang berkuasa adalah Raja Willem lll yang sudah memberikan hak-hak untuk mengelola tanah jajahan. Kemudian dilanjutkan dengan Agrarisch wet 1870 dengan hak istimewa orang-orang Eropa yang akan berinvestasi di Hindia Belanda terutama komoditas kopi tembakau, coklat dan lainnya. Komoditas tembakau menjadi emas hijau bagi Belanda dan orang eropa pada umumnya. Makanya tembakau makin menjadi komoditas primadona pada saat itu bahkan hingga kini.
Menurut informasi sepuluh tahun setelah di berlakukan Agrarisch Wet , seorang pribumi Haji Jamhari menemukan ramuan tembakau yang dicampur dengan cengkih yang ketika dibakar akan menghasilkan bunyi kretek, kretek. Cengkih mengandung eugenol yang dapat meningkatkan kadar tar dan nikotin ketika dicampur dengan tembakau. Pada tahun 1913, Handel Matschappij Liem Seeng Tee NV berdiri sebagai cikal bakal Dji Sam Soe, yang mana kata tersebut berasal dari dialek Hokkien. Dji Sam Soe diperkenalkan oleh Liem Seeng Tee pada tahun 1913 dan diproduksi melalui pabrik di Surabaya, Jawa Timur. 1916, Liem Seeng Tee sempat membeli tembakau dari seorang pedagang tembakau yang bangkrut. Menurutnya, pada tahun 1940, penjualan Dji Sam Soe tumbuh pesat dengan hasil produksi mencapai 3 juta batang, sehingga jumlah pekerja untuk melinting rokok Dji Sam Soe ditingkatkan menjadi 1.300 orang. Pada tahun 1956, Liem Seeng Tee wafat dan digantikan oleh anaknya, Liem Swee Ling (Aga Sampoerna). Perseroan didirikan pada tahun 1963 dengan mengganti nama Belanda tersebut menjadi PT Hanjaya Mandala (HM) Sampoerna. Rokok Dji Sam Soe menurut informasinya terbuat dari tembakau-tembakau terbaik yang terdiri dari tembakau lokal yang didatangkan dari Surabaya, Pasuruan, dan Madura. Selain itu, Dji Sam Soe juga menggunakan tembakau Turki dan tembakau Amerika, serta cengkih terpilih.
Hingga saat ini tembakau punya kedudukan sangat penting
dalam ekonomi dan perdagangan dunia. Industri tembakau termasuk rokok dan
segala produk turunannya berperan besar dalam menyediakan lapangan kerja dan
sumber pendapatan bagi masyarakat dunia. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan
jika tanaman tembakau ditemukan di hampir seluruh negara di dunia. Menurut
laporan terbaru yang dikeluarkan Food and Agriculture Organization (FAO), bahwa
sekitar 100 negara tercatat sebagai penghasil tembakau. FAO juga menyebut
rata-rata jumlah produksi tembakau dunia setiap tahun mencapai 6,5 juta ton.
Negara mana saja pemasok tembakau terbesar dunia?
China adalah negara penghasil tembakau terbesar di dunia.
Rata-rata FAO mencatat produksi daun tembakau China mencapai 2.397.200
ton/tahun. Dengan jumlah tersebut, produk tembakau China menyumbang 38,87%
total produksi dunia. Dari total produksi tembakau China, hanya 5% saja yang
diekspor. Selebihnya, China menggunakan tembakau untuk memenuhi kebutuhan dalam
negeri. Bahkan selama Januari-Juni 2007, industri tembakau China mendaftarkan
keuntungan sebelum pajak lebih dari 200 miliar yuan atau setara dengan US$ 27
miliar. Angka tersebut tidak lepas dari pemberlakuan sistem monopoli industri
tembakau oleh pemerintah.
Sementara, negara yang menduduki peringkat kedua sebagai penghasil daun tembakau terbesar dunia adalah Brazil. Jumlah produksi tembakau Brazil rata-rata mencapai 919.393 ton/tahun. Brasil menguasai sekitar 14,6% tembakau dunia. Di India, tanaman tembakau untuk pertama kali dibawa oleh portugis. Mulanya, Portugis memperkenalkan tembakau di kalangan istana. Tembakau menjadi komoditas penting bagi perdangan antara kedua negara, Portugis menggunakan tembakau sebagai komoditas barter untuk membeli tekstil India. Lambat laun, tembakau menyebar ke masyarakat dan menjadi bagian busaya masyarakat India. Rata-rata jumlah produksi tembakau India mencapai 555.000 ton/tahun dan menguasai sekitar 8,43% tembakau dunia. Dengan angka tersebut, India mencatatkan namanya sebagai negara ketiga penghasil tembakau terbesar dunia. Unik memang, Amerika sebagai salah satu negara yang paling getol mengkampanyekan dan mendorong justru berada pada urutan ke empat negara penghasil tembakau terbesar di dunia. menguasai 5,73%.
Di Amerika, tembakau tumbuh subur di 21 negara bagian.
Negara bagian Kentucky dan North Carolina merupakan penghasil tembakau
terbesar, yaitu mencapai dua pertiga dari tembakau yang ditanam di Amerika.
Total produksi dari semua jenis tembakau Amerika diperkirakan mencapai 805 juta
pounds dari sekitar 354.000 hektare lahan penanaman tembakau Amerika. Selain
Amerika ada juga Argentina yang jug asebagai penghasil tembakau dunia. Hal itu tidak lepas dari kebijakan
pemerintah setempat untuk memproteksi
pertanian Argentina. Argentina memiliki lahan pertanian tembakau sekitar
831,75 dengan jumlah panen 776 kilometer persegi. Argentina menyumbang 2,76%
stok tembakau dunia yang juga diekspor keluar negeri, negara ini adalah negara
kelima penyumbang tembakau terbesar dunia.
Tembakau merupakan salah satu komoditas terpenting bagi
pertumbuhan ekonomi Indonesia. Industri tembakau dari hulu ke hilir telah
melibatkan jutaan tenaga kerja. Tahun 2012, pemerintah mengantongi pendapatan
dari cukai rokok, salah satu produk dari tembakau, sebesar Rp 80 triliun. Indonesia
merupakan negara penghasil tembakau terbesar setelah Cina, Brazil, India, USA , Argentina dan
Malawi, dengan jumlah produksi sebesar 136 ribu ton atau sekitar 1,91% dari
total produksi tembakau dunia. Indonesia menjadi negara keenam penghasil
tembakau terbesar dunia dengan jumlah
rata-rata produksi tembakau sebesar 164.851 ton/tahun. Hasil panen tembakau di
Indonesia mampu menyumbang 2,67% daun tembakau dari pasokan global. Namun,
jumlah produksi tersebut bukanlah angka tertinggi selama 20 tahun terakhir.
Tahun 2001 produksi tembakau Indonesia mencapai 200.000 ton lebih. Permintaan
tembakau dalam negeri terus meningkat setiap tahunnya. Petani-petani tembakau
Indonesia sepertinya tetap menanam meskipun kadang harga tidak berpihak pada
mereka, mungkin itulah cara mereka merawat tradisi tembakau di Indonesia.
Jumat, 10 Maret 2023
menyiksa orang-orang sawah
kau bagian dari sejarah peradaban tanah ini
dihatimu pasti bangga pada keagunganmu
disanjung puja khalayak teriring doa sesaji
seolah matamu tersembunyi dirundung sepi
kau memilih diam hanya sedikit bergeming
ketika orang-orang berkeluh dan meminta
semakin terkabul semakin ramai nasi kuning
tapi jaman sudah berubah kau bersimpuh papa
kau tak bisa memberi berkah pada mereka
tubuh yang lumpuh dipaksa tegak terpancang
kini semua orang menghardik tubuhmu luka-luka
edan sebenarnya apa yang ada dipikiran orang-orang
panjangnya penantian
kenapa ogah makan ikan ?
kuliner ikan selain menguatkan karakter tradisi juga bikin sehat
Kenapa banyak penduduk Indonesia terutama anak-anak lebih memilih makan daging sapi, telur dan
ayam sebagai sumber protein dibandingkan ikan. Padahal, masih banyak sumber
protein lainnya misalnya tahu, tempe, ikan yang kandungan gizi dalam ikan tak
kalah tinggi. Kandungan protein ikan tak
kalah dengan daging lo gaess. Point pentingnya lagi bahwa harga ikan lebih
terjangkau dibandingkan daging dan ayam. Memang adasih beberapa jenis ikan yang
harganya fantastis, tetapi di pasar lebih banyak ikan yang mudah dan murah
harganya.
Jika tahu berbagai manfaat makan ikan mungkin bisa mulai
beralih mengkonsumsinya, bisa dengan olahan kuliner yang khas darah masing-masing
tentunya. Selain protein yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3. Omega-3
adalah zat gizi yang dibutuhkan sebagai makanan untuk pertumbuhan otak bayi dan
menjaga kesehatan otak pada orang tua. Sangat potensian protein dan omega 3 pada
ikan sangat membantu pertumbuhan tumbuh kembang anak. Karena asam lemak omega pada ikan baik meningkatkan
fungsi otak, terutama untuk kemampuan belajar, ingatan, dan perkembangan otak. Keren
ya gaess . Nah kalau untuk orang dewasa bahwa orang yang makan ikan dengan cara
dipanggang memiliki volume otak lebih besar dengan sel otak lebih besar. Bahwa volume
otak yang lebih besar bisa meningkatkan fungsi ingatan dan pembelajaran. Terutama
mendukung kemampuan otak dalam menyimpan memori.
Ikan juga mempunyai kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan
tulang dan gigi, makanya manfaat makan ikan tentu baik untuk tulang dan gigi. Karena
ikan merupakan sumber mineral yang penting untuk kepadatan tulang, seperti
kalsium dan fosfor yang mendukung untuk kesehatan sistem gerak, seperti
pertumbuhan tulang dan gigi anak, hingga mengurangi resiko osteoporosis pada
orang dewasa dan lansia. Manfaat makan
ikan lainnya misalnya menurukan resiko serangan jantung, daya imun, bisa
mencegah asma pada anak yang tak kalah penting adalah menguatkan kesehatan mata
kita gaess. Makanya wong-wong pesisiran harus konsisten makan ikan, karena
sejatinya ikan sangat baik untuk tubuh kita.
Rabu, 08 Maret 2023
apapun untuk kebahagiaanmu
semua kulakukan untukmu tiada beban berat tak terangkat
mau itu membuatku terhuyung, luka sakit bahkan lumpuh
berjalanlah sesuai keinginanmu, ingat hatimu jangan tersayat
nak tetaplah kamu kuat, bapakmu sudah tidak bisa menempuh
seperti inilah aku, aku bukanlah orang yang bisa kau banggakan
yang penting tekadmu aras, hatimu tetap hangat pada siapa saja
ringankan langkah kakimu, berjalanlah, kau selalu kudoakan
maaf hanya kekuatan otot yang bapak bisa, mikirpun tak tereja
namamu selalu kumohonkan lindungannya
namamu selalu kurindu di malam-malamku
bapak tidak memintamu mengingat hormat
bapak hanya ingin kamu sampai jalannya