Bayangkan jika kenyataannya areal kopi robusta jember adalah areal terbesar di pulau jawa . Malah kini ada tagline jember robusta terbaik , adalagi sebutan dari kota tembakau menjadi kota robusta terbaik. Selain kapasitasnya berlimpah juga cita rasa kopi robustanya punya karakter tersendiri semacam sensasi coklat mungkin karena banyak yang ditanam dilereng-lereng gunung denga ketinggian diatas 400 dpl. Pengolahan kopi masyarakat setempat masih sederhana, yaitu dipetik, dijemur, dan dijual. Kadang, kopi hanya dijual dalam bentuk beras kopi atau biji kopi. Sehingga seringkali, harga kopi turun saat musim panen raya. Sayangnya, ekspor kopi di Kabupaten jember masih melalui broker atau perantara belum dapat ditangani masyarakat lokal sendiri. Memang jika belajar dari masa lalu komoditas ekspor yang dikelola dengan baik tetap saja membutuhkan pemasaran yang dikelola sendiri, mungkin dibutuhkan sedikit sentuhan kebijakan pemerintah untuk menciptakan pasar lelang komoditas ekspor di jember.
Senin, 21 November 2022
robusta terbaik harusnya ditangani dengan baik
Bayangkan jika kenyataannya areal kopi robusta jember adalah areal terbesar di pulau jawa . Malah kini ada tagline jember robusta terbaik , adalagi sebutan dari kota tembakau menjadi kota robusta terbaik. Selain kapasitasnya berlimpah juga cita rasa kopi robustanya punya karakter tersendiri semacam sensasi coklat mungkin karena banyak yang ditanam dilereng-lereng gunung denga ketinggian diatas 400 dpl. Pengolahan kopi masyarakat setempat masih sederhana, yaitu dipetik, dijemur, dan dijual. Kadang, kopi hanya dijual dalam bentuk beras kopi atau biji kopi. Sehingga seringkali, harga kopi turun saat musim panen raya. Sayangnya, ekspor kopi di Kabupaten jember masih melalui broker atau perantara belum dapat ditangani masyarakat lokal sendiri. Memang jika belajar dari masa lalu komoditas ekspor yang dikelola dengan baik tetap saja membutuhkan pemasaran yang dikelola sendiri, mungkin dibutuhkan sedikit sentuhan kebijakan pemerintah untuk menciptakan pasar lelang komoditas ekspor di jember.
dihati terikat kenangannya
Minggu, 20 November 2022
susi koyor apa masih eksis yaa
Kuliner adalah salah satu kebudayaan yang termasuk level
cukup tinggi karena sudah mengenal olah-olah bahan hasil pertanian dan meracik
bumbu rempah. Ini berarti tingkat kebudayaan masyarakat yang sudah pada tahapan
peradaban maju. Makanya ciri-ciri negara-atau masyarakat suatu bangsa maju itu
salah satunya adalah hasil olahmasakannya atau kulinernya gaess. Dan kuliner
nusantara sangat banyak ragamnya bahkan banyak pula yang sangat legendaris dan
dikenal seluruh masyarakat nusantara bahkan dunia. Itu artinya bangsa nusantara
adalah bangsa yang maju gaess, kamu harus bangga menjadi bangsa yang punya
peradaban yang maju seperti indonesia ini. Oke gaess aku mau cerita kuliner
semarangan yaitu koyor yaa.
Dulu sekitar tahun delapan puluhan ada sebuah warung makan
legendaris yaitu Nasi Koyor GRIS ngesti pandowo jalan pemuda yang kini tinggal
kenangan, sekarnag sudah berdiri megah paragon mall di Kota Semarang. Lama.
Warung itu dulu lokasinya ada di samping persis Gedung wayang wong ngesti
pandowo. Pemilik warung makan ini bernama Susi dan akhirnya sering disebut susi koyor. Dia dan
keluarganya kemungkinan sudah berdagang di lokasi itu sejak tahun 1970an pas
rame-ramenya gedung GRIS dan Ngesti pandowo jadi koyornya mbak susi jadi sangat
terkenal. Awalnya dia meneruskan usaha dari orang tuanya .
Warung Nasi Koyor mbak susi sebenarnya biasa saja hanya
sederhana. Ukurannya tidak terlalu lebar atau bisa dikatakan seukuran orang sepuluh atau duabelasan makan disana itu
sudah full, jadi ada juga yang antri dan makan di depan warung itu sudah biasa.
Meski jaman segitu makan koyor merupakan makanan yang cukup mahal, tetapi
sekali waktu rakyat kecil pun boleh dong merasakan makan daging koyor ini. Makanya
koyor susi jadi terkenal. Setelah ada bangunan modern gede magrong-magrong
seperti mall tadi semua warung termsuk
warungmbak susi rupanya tak mungkin bertahan dan akhirnya merekapun tergusur. Nah kini
kalau sedang rindu kangen masakan koyornya mbak susi , keluarga sekayu sering
juga memasak sendiri untuk disantap seluruh keluarga besar. Kalau kamu
penasaran apa sebenarnya koyor itu , akan kuceritakan sekelumit ya gaess. Koyor
adalah masakan khas semarang yang berbahandasar otot daging yang di masaka lama
hingga tekturnya menjadi lembut kenyal lalu dibumbu ungkep pluis santan dimasak
terus hingga sat airnya. Sudah gitu ajah kalau mau pedas sensansinya
dicemplungi cabe rawit utuh bebrapa biji. Gampangkan coba deh searching
resepnya, ntar mami atau ibu kamu diajak masak bersama, dan rasakan koyor pasti
akan ketagihan.
Kamis, 17 November 2022
AMRIN MBARONG
pembarong cilik beraksi
Jaranan adalah kesenian yang bisa diterima oleh komunitas Jawa, Madura, dan etnis-etnis , kesenian ini sangat populer. irama gamelannya pun sangat alamiah sehingga sangat mudah untuk dikuti bahkan oleh anak-anak sekalipun. maka tidak salah jika kesenian jaranan dan barongan bagaimanapun ragam bentuknya tetap saja akan menjadi idola bagi masyarakat jember. Lihat saja penontonny jika ada kesenian jaranan dan barongan main mesti berjubel bahkan melibatkan para penjaja kue mainan dan masakan alainnya ibaratnya punya magnet trickle down effect . Jaranan ini merupakan salah satu pembentuk budaya lokal Jawa Timur yang bisa memberikan warna dan kekuatan spiritual serta memperkuat lokalitas dan kedirian masyarakat di tengah-tengah desakan modernitas dan globalisasi dewasa ini. Perlu mengenalkan kesenian jaranan dan barongan ini sejak paud hahahaha biasanya sih kalau ada pentas seni jaranan main, perawan yang lagi masak pengen juga melihat, ibu yang sedang menyusui pun ikut nonton, bapak yang sedang ngarit ingin segera cepat pulang ingin nonton artinya jaranan masih menjadi tontonan yang menarik masyarakat kita.
Selasa, 15 November 2022
ritual rampogan macan diadakan demi terhindar dari bencana alam
Blitar 1830 dikenal acara ritual rampogan macan
Rahadi P. Dan Ad F. Budpar Kota Blitar mengutip dari buku Bakdo
Mawi Rampog , BP 1933 R Kartowibowo asalnya
bahasa jawa kemudian diterjemahkan kedalam bahasa indonesia kira-kira bunyinya
menerangkan tentang peristiwa rampogan macan.
Menjelang pukul 11.00 pagi Yang Mulia Kandjeng Bupati Warso Koesomo
adalah bupati pertama Blitar, Patih Djojodigdo sebagai patih pertama Blitar dan
Mantri Kabupaten Blitar , iring-iringan pejabat ini memasuki barisan , Bupati naik
kuda Dawuk memutari barisan , demikian juga Patih Djojodigdo naik kuda jantan besar
, mengatur barisan (menata barisan itu yang disebut kiter ) yang artinya mengitari
dan memeriksa barisan prajurit , setelah mengitari atau kiter Bupati Warso Koesumo
dan Patih Djojodigdo naik panggung kehormatan ,itu sebagai tanda dimulainya
acara Rampogan Matjan.
Rampogan macan ini sendiri adalah acara ritual , yaitu mengadu prajurit dengan macan bisajadi seperti gladiator . Acara ini sebagai tolak balak bencana alam terutama agar masyarakat Blitar dapat terhindar dari letusan gunung Kelud. Acara ini juga disaksikan oleh masyarakat umum , artinya mulai dari rakyat jelata hingga bangsawan bisa ikut menonton. Dan konon kabarnya setelah acara ritual rampogan macan letusan gunung kelud tidak mengenai wilayah Blitar . Rupanya acara ritual ini diprakarsai oleh Patih Djojodigdo makanya masyarakat Blitar menjadi mengetahui kesaktian sang patih ini. Sang Patih dianggap mampu bernegosiasi pada danyang penguasa gunung Kelud agar tidak mengenai anak cucunya di wilayah Blitar. Memang gunung Kelud termasuk gunung yang aktif masih bisa meletus kapan saja, tetapi beberapa kali meletus justru wilayah Blitar tidak terkena, hanya beberapa tahun setelah sang patih Djojodigdo wafat barulah abu vulkanik mengenai wilayah Blitar, masyarakat percaya karena sudah tidak ada lagi ritual rampogan macan. fotdocrahadiktlv
berkesenianlah agar pemikiranmu tidak sakleg
Sekolah formal seringkali mengukur kecerdasan intelektual
seseorang berdasarkan hasil nilai baik pelajaran di sekolahnya dan juga dari
hasil tes IQ. Dari kebanyakan ortu justru tidak pernah melihat baat dan minat
sang buah hati, bahwa kegiatan yang tidak mengandung kepinteran misalnya
matematika , kimia dan hitung-hitungan lainnya jika nilai nya baik ortu akan bangga. Sebenarnya
sudah harus dirubah mindset ortu tentang penilaian anak, sebaiknya harus ada
keseimbangan antara kerja otak kiri dan kanan. Otak kanan lebih banyak berperan
dalam proses intuitif dan visual, sedangkan otak kiri lebih banyak digunakan
untuk berpikir dengan logika. Kedua bagian otak besar berkaitan satu sama lain
dan memerlukan stimulasi untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri agar
menjalankan fungsinya dengan optimal. Otak kiri dianggap lebih baik untuk
mengerjakan tugas-tugas yang melibatkan logika, bahasa, dan pemikiran analitis.
Orang yang dominan menggunakan otak kiri digambarkan sebagai orang yang lebih
ahli dalam hal-hal seperti menulis dan membaca, berhitung rumus kimia dan matematika.
Secara garis besar, seseorang berpikir menggunakan otak kiri
itu logis dan berimajinasi menggunakan otak kanan untuk berintuisi. Otak kiri
memahami hal-hal yang berdasarkan pada fakta, pola, dan bersifat subjektif.
Otak kanan itu kreatif, memahami hal-hal dengan visual, perasaan dan nalar,
makanya seringkali otak kanan dinilai bersifat objektif. Pemakai otak kiri
berbakat dalam hal yang berhubungan dengan bahasa, angka, dan simbol. Namun
mereka lemah terhadap sesuatu yang berhubungan dengan seni dan sosial. Maka
dari itu, otak kiri cenderung introvert dan kurang bisa bersosialisasi dengan
baik karena susah berkomunikasi dengan hati. Terlalu sakleg.
Jadi sebagai ortu yang baik sebaiknya mulai memberikan
keleluasan pengembangan minat bakat anak dalam kreasi seninya , karena disekolahan
sudah lebih banyak porsi berpikiran logic nya agar ada keseimbangan dalam perkembangan
wawasan hidupnya kelak dengan permasalahan yang lebih kompleks di masyarakat.
Berkesenian sebagai sara penguatan intuisi, baik itu menari, berteater ,
berpuisi maupun kesenian yang lainnya , sekalian melati bersosialisasi dengan
orang banyak. Seperti halnya proses kebudayaan yang menciptakan sebuah peradaban yang memanusiakan manusia karena akan mendorong cipta , karsa dan karya untuk masa datang.
Senin, 14 November 2022
milenial enggan belanja kepasar tradisional
Pasar di nusantara ini selain tempat jual beli barang juga sebagai tradisi silaturahmi antar warga, karena bisaa bertemu secara langsung saling menyapa dan tegur sapa saling menanyakan kabar . Pertemuan tersebut sangat bermakna bagi mereka yang kadang letak rumahnya berjauhan dan punya rutinitas kegiatan masing-masing, makanya pasar yang punya hari pasaran kadang dimanfaatkan sebagai media bertemu sekedar tahu kondisi atau temu kangen diantara mereka. pasar sebagai pusat informasi dan perencanaan peristiwa budaya jaman dulu sangat mungkin terjadi. Sekaligus didalamnya bisa tertanam saling menghargai dan menghormati sesama baik penjual maupun pembeli secara lebih terbuka tanpa ada yang disembunyikan proses inilah yang mendukung kelestarian kebudayaan bangsa nusantara.
Makanya keberadaan pasar tradisional di nusantara ini bisa bertahan begitu lamanya, bahkan tak akan goyah walaupun terjadi bencana alam sekalipun, tetapi mereka akan kalah jika ada penggusuran pasar dengan alasaan renovasi total. dijaman digital yang serba online seperti sekarang ini , tidak menghentikan mereka terutama emak-emak meninggalkan pasar beralih ke pasar modern. Pasar sudah dianggap sebagai bagian dari kehidupan mereka selain kebutuhan dapur tetapi juga relasi sosial. Kalau anak sekarang sudah mulai beralih dengan belanja serba online, mungkin saja generasi inilah yang generasi yang tidak mengenal pasar tradisional dan alaanya justru sebaliknya yaitu pasar kotorlah, malu karena harus ketemu orang, mager karena harus berjalan dan tidak efektif katanya. Sebenarnya tidk semua juga generasi milenial dan gen z sekarnag ini enggan ke pasar tradisional, jika diperhatikan masih ada saja anak-anak milenial belanja ke pasar baik dengan kawan maupun dengan ortunya, kayaknya asik-asik ajah tuh gaes.Nah kalian termasauk generasi muda yang mana nich.
Minggu, 13 November 2022
batik ambulu mantap di padukan dengan destinasi wisata pantainya
Even pagelaran busana muslim seperti yang dipelopori Bank Indonesia Jember dalam rangka Road to Festival
syariah 2019 lalu sebenarny sangat mengungkit kerajinan batik di lokal jember
terutama batik tulis ambulu. Jika even peragaan busana atau pameran hasil
selalu mendapatkan ruang untuk eksis , sudah semsetinya produk kerajinan akn
cepat dikenal masyarakat. Pasti akan sangat membantu dalam pengembangan dan
peningkatan pendapatan dari para pengrajinnya. Setelah pandemik mereda pada
bulan agustus yang baru lalu, BI menyelenggarakan beberapa kegiatan yang
dihelat untuk menyemarakkan Road to Fesyar 2022, di antaranya seminar bagi
pelaku UMKM, penyerahan sertifikat halal kepada sejumlah UMKM, showcase UMKM
unggulan Tapal Kuda, serta acara puncak peragaan busana syariah dengan nuansa
batik yang merupakan kluster batik binaan KPwBI Jember.
Pagelaran peragaan busana syariah yang mengusung kain batik
khas Jember ini dilakukan sebagai wujud pengembangan dan pembinaan batik di
wilayah Jember, khususnya di Klaster Batik Ambulu. Saat itu peragaan busana
muslim batik jenis ready-to-wear merupakan karya tujuh orang perajin batik yang
tergabung dalam Asosiasi Pembatik Ambulu (ASPA). Salah satunya perempuan paruh
baya yang bernama Hariyani, pseorang pengrajin Batik Langon - Ambulu berlokasi di Langon,
Ambulu, Jember Regency, East Java 68172, Indonesia, Kabupaten Jember, Jawa
Timur. Dengan nomor contact person 0821-3247-7156. melayani make to order.
Acara Road To Fesyar ditujukan
untuk mempromosikan dan mendekatkan produk dan jasa UMKM industri kreatif dan
ketahanan pangan bebasis syariah kepada masyarakat, yang kemudian akan
ditangkap oleh pemerintah daerah dalam pengembangannya. Terutama akan
merangsang budaya masyarakat memakai batik dalam kehidupannya, bila kualitas
dan kuantitas batik jember mampu diperhitungkan sebagai produk andalan dan
dibeli oleh masyarakatnya.
Motif batik Ambulu dengan ciri khas daerah Jember, yaitu
motif tembakau, kopi, dan kakao. Namun demikian, motif yang ditampilkan pada
pagelaran busana ini sedikit berbeda dengan motif batik Jember pada umumnya,
karena motif yang digunakan merupakan hasil desain motif ciri khas Jember dengan
sentuhan seni modern kontemporer. Tetapi ada juga pendapat yang menarik dari aktivis desa bahwa ambulu ini kan dekat
sekali dengan wilayah laut selatan dengan beberapa spot destinasi pariwisata ,
harusnya tema laut juga dimasukan dalam rencana produksi kedepannya.
‘’Ambulu punya pesona wisata laut dan selalu mendapatkan
kunjungan wisatawan yang cukup banyak tiap tahunnya, batik khas pantai baik
kiranya jika diproduksi untuk melengkapi unsur-unsur kepariwisataan di jember,
terutama merchandise dan oleh-oleh.’’tukas mas uung arif maul.
Acara Road To Fesyar ditujukan
untuk mempromosikan dan mendekatkan produk dan jasa UMKM industri kreatif dan
ketahanan pangan bebasis syariah kepada masyarakat, yang kemudian akan
ditangkap oleh pemerintah daerah dalam pengembangannya. Terutama akan
merangsang budaya masyarakat memakai batik dalam kehidupannya, bila kualitas
dan kuantitas batik jember mampu diperhitungkan sebagai produk andalan dan
dibeli oleh masyarakatnya.
Motif batik Ambulu dengan ciri khas daerah Jember, yaitu
motif tembakau, kopi, dan kakao. Namun demikian, motif yang ditampilkan pada
pagelaran busana ini sedikit berbeda dengan motif batik Jember pada umumnya,
karena motif yang digunakan merupakan hasil desain motif ciri khas Jember dengan
sentuhan seni modern kontemporer. Tetapi ada juga pendapat yang menarik dari aktivis desa bahwa ambulu ini kan dekat
sekali dengan wilayah laut selatan dengan beberapa spot destinasi pariwisata ,
harusnya tema laut juga dimasukan dalam rencana produksi kedepannya.
‘’Ambulu punya pesona wisata laut dan selalu mendapatkan
kunjungan wisatawan yang cukup banyak tiap tahunnya, batik khas pantai baik
kiranya jika diproduksi untuk melengkapi unsur-unsur kepariwisataan di jember,
terutama merchandise dan oleh-oleh.’’tukas mas uung arif maul.
Haryani dulu juga pernah memproduksi motif pantai, seperti
model bali tetapi jatuh harganya masih terlalu mahal . Padahal kadang sifat
batik atau kain pantai hanya sekali pakai , untuk swafoto maupun telesan ketika
main dipantai. Alasanya adalah biaya produksinya tinggi jika dengan batik tulis
dan pastinya akan sulit untuk pemasarannya, solusinya pakaian batik pantai
adalah industri batik cap yang diproduksi massal sehingga akan menekan biaya
produksi. Harapannya melalui media ini
dapat menjadi sarana berbagi ilmu dan pengalaman bagi para pembatik dan
hambatan serta sarana dukungan bahan baku . Mungkin benar klaster batik ambulu
ini binaan Bank Indonesia Jember, yang
diarahkan bisa memproduksi pakaian ready-to-wear tidak hanya busana female tetapi male juga dengan kualitas baik dan
mampu meningkatkan daya saing sehingga
produk bisa dikenal lebih luas.
Jumat, 11 November 2022
terimalah aku , jangan ada kekosongan jiwamu
Rabu, 09 November 2022
wayang ; kebudayaan nusantara sudah diakui dunia
Bukti jika Presiden Indonesia Jokowi perhatian dengan
perkembangan seni budaya, sebagai warisan karya cipta dan karsa nenek moyang
untuk anak-anak bangsa ini yaitu menetapkan hari wayang nasional. Peringatan
Hari Wayang 2022 ini pertama kali ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui
Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 2018. Berdasarkan surat Keppres tertanggal 17
Desember 2018 tersebut, pemerintah resmi menetapkan 7 November sebagai Hari
Wayang Nasional. Presiden Joko Widodo langsung menandatangani Keputusan
Presiden tentang penetapan Hari Wayang Nasional di hadapan para perwakilan
budayawan dan seniman di Istana Merdeka. Keren yaa gaess.
Beberapa tahun kemudian UNESCO menetapkan wayang sebagai
Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November
2003. Wayang masuk dalam daftar Warisan
Budaya Takbenda UNESCO untuk kategori Representative List of the Intangible
Cultural Heritage of Humanity dengan judul The Wayang puppet theater tertanggal
4 November 2008. Begini alasan penetapan UNESCO tersebut adalah karena wayang
merupakan seni edipeni adiluhung, artinya seni yang selain indah juga
mengandung nilai-nilai keutamaan hidup. Kok ya ngerti maknanya yaa UNESCO itu
yaa gaess, kita ajah kadang gak ngerti atau nggak mau tahu, sudah seharusnya
mulai sekarang kalian harus melestarikannya karena wayang warisan budaya para
leluhur bangsa ini yang diakui dunia. Selamat hari wayang nasional dan sedunia, semoga kita semua semakin mengerti arti keluhuran budi dan kemanusiaan.
Selasa, 08 November 2022
perempuan ditengah ladang jagung
perempuan ditengah ladang jagung
memasuki kemarau panjang malam hari ramai suara serangga
suara-suara beraneka merasuki telinga kadang bikin bising terlalu
tapi masa ini penanda masa menggembirakan, panen jangan tertunda
ladang jagung berubah kecoklatan, angan suka ria tidak cepat berlalu
besok panen jagung hanum jadi susah tidur, mengeja setiap tongkol jagung
bayangan bersuka ria menuai hasil panen terbawa dalam kerajaan mimpinya
ketika suara bising cecerowe berganti dengan adzan subuh kepalanya berdengung
lebih keras menusuk angan-anganya, oh pak broto telah membeli semua jagungnya
tanaman yang diharapkan membangun mimpi kini hanya tinggal batang hampa
itu hasil nguping omongan bapa dan emak di pawon , nggak perlu bikin wedang sekarang
agak siang kita keladangnya untuk ambil tebon jagung setelah pak broto panen semua
mak deg atiku tratapan, padahal panen itu hiburanku paling menyenangkan kini melayang
ladang jagung kecoklatan kini hanya tebon hampa tanpa tongkol jagung tanpa kesenangan
mimpi panen semakin sering hanya menjadi sebuah kesibukan rutin semata tanpa kenangan
kita ini buruh tanam jagung nduk, tanah bapa sudah tergadai hasil jagungpun hanya jatah
aku ingin memaki tetapi pada siapa, orangtuaku tidak bersalah mungkin hanya mimpiku yang salah