Kamis, 14 Juli 2022

prestasi seni tradisi menghibur masyarakat

 

 
Komunitas jaranan kadang juga mengajari anak-anak perempuan anggotanya menari jathilan terutama untuk membuka acara jaranan sebagai acara intinya. Untuk menari perhatian para hadirin dan penonton jathilan dinilai lebih mantap. Tari Jathilan di wilayah jember bagian selatan sering tampil bersama jaranan, padahal tarian jathilan mestinya masuk dalam rangkaian pementasan reyog ponorogo, tetapi faktanya diwilayah ini bisa juga kolab dengan jaranan bahkan sendiri. Mungkin peristiwa budaya yang mungkin hanya terjadi di wilayah-wilayah  yang sangat potensial terjadi akulturasi budaya ditambah dengan dinamika masyarakatnya terutama kebutuhan akan hiburan. Yang penting masyarakat terhibur merasa memiliki kesenian itu dan mau merawatnya dengan menciptakan regenerasi serta menanggap hasil karya seni tersebut.

Inilah kondisi yang paling standart dalam berhadap-hadapan dengan pergerakan kebudayaan modern yang menawarkan kecepatan informasi dan teknologi, bahwa ternyata masyarakat pedesaan justru punya caranya sendiri untuk melestarikan budaya nusantara serta menghibur dengan seni tradisinya yang dipermak sana sini dengan tujuan agar semuanya senang. Para juragan demi perputaran pundi-pundinya sering menerima tanggapan apaun permintaan penanggap terutama acara hajatan. Acara hajatan meriah, pelaku keseniannya juga mendapatkan imbalan dan penonton seperti mendapatkan sajian kesenian secara interaktif. Masyarakatlah yang menjadi ujung tombak pelestarian dan pemajuan seni budaya nusantara, makanya semakin masyarakat abai maka seni tradisi akan menghilang perlahan-lahan.

regenerasi kidungan jula juli mulai menipis


Tari Remo adalah salah satu kesenian yang berasal dari Jawa Timur, merupakan tarian untuk menyambut tamu yang ditampilkan secara perorangan atau pun kelompok. Pelaku seni nya biasanya perempuan, tetapi kadang-kadang juga pria dengan make up dandanannya peempuan. Saat ngremo gerakan tarinya bersifat spontan, disesuaikan irama gending serta menciptakan suasana akrab, gembira, dan meriah. Tari Remo biasa dipakai untuk mengawali seni pertunjukan ludruk di jawa timur atau kadang juga bisa dipentaskan pada tiap acara perjamuan yang bertalian dengan perkawinan, khitanan, haulan atau acara syukuran. Dan selanjutnya disambung oleh jula-juli , kidungan atau ngejung bahasa madura.

Dalam kidungan jula juli syairnya menggunakan bahasa jawa ngoko karena tempat asalnya jombang tetapi juga di wilayah yang banyak suku maduranya pakai bahasa madura juga campur, yang penting ringan dan menghibur. Dialeknya medok jawa timuran saat menyanyikan kidungan jula-juli menggunakan logat yang lucu dan kocak, bisa berisi hal yang lucu atau sindiran ringan dan tingkah laku sehari -hari, sehingga mampu menjadi bahan tertawaan dari penonton. Iringan yang melengkapi kidungan jula juli menggunakan gamelan khas ludruk biasanya juga ada jeda sebentar untuk menari sebagai performance yang mendampingi kidungan tersebut. Tidak semuanya pemain ludruk bisa jula juli, mungkin bisa tetapi untuk segi hiburannya yang bikin penonton merasakan dirinya harus tertawa. Mungkin bisa juga kalau dilatih, yang jadi persoalan kini grup ludruk semakin kabur kanginan. Mungkin bisa dengan diklat jula juli dengan narasumber pemain ludruk yang masih eksis, karena tidak semua generasi muda gengsi dengan seni tradisi

Rabu, 13 Juli 2022

suka banget lihat kesenian tabutaan

 

 

Cerita tentang adanya kesenian Tabutaan di jember bagian utara dan populer dimasyarakat termasuk di situ ada dua  kecamatan yang berpotensi yaitu arjasa dan  jelbuk menjadi kesenian mereka. Di dua kecamatan ini banyak terdapat peninggalan pra sejarahnya. Sejarah lisanya terjadi krisis paceklik atau laep dalam bahasa madura akibat hama yang melanda selama beberapa tahun terus menerus. Masyarakat Desa Kamal jengkel dan membuat orang-orangan buta raksasa untuk menakut-nakuti hama tadi katanya babi hutan mungkin karena habitatnya terganggu akibat perambahan hutan untuk pemukiman dan lahan pertanian. Sementara ini memang tak terdapat dokumen tertulis sejak kapan munculnya kesenian Tabutaan, hanya dari mulut ke mulut dan penuturan  keturunan Bujuk Yami. Belum jelas benar dari keturunan suku mana beliau berasal mungkin juga sudah terjadi percampuran antar budaya. Katanya keturunan beliau peninggalan prasejarah batu kenong raksasa yang ada di kamal dan adat tradisinya juga ada hubugannya dengan prasasti huruf paku di biting Arjasa. Tetapi perlu diketahui faktanya pelaku seni Tabutaan di Desa Kamal saat ini mayoritas dari suku Madura, sehingga butuh penelitian tim ahli terutama sambungan sisi sejarah dan prasejarah dengan fakta yang terjadi disekitarnya.

Sejarah migrasi adalah pendatang dari Madura di Jember bagian utara berdatangan terutama setelah adanya perkebunan swasta di Jember. Migrasi mereka masuk ke wilayah Jember pada pertengahan pertama abad ke sembilan belas. Sisi percampuran kebudayaan di jember, yang jaman dulu masuk wilayah Blambangan merupakan titik temu dari berbagai macam pengaruh, baik pengaruh dari kebudayaan Madura, Jawa, dan Bali, maupun dari kebudayaan asing, seperti Cina, Arab, dan Eropa. Yang terakulturasi dalam bentuk metode komunikasi maupun spiritualitas mereka, tentusaja ada pemangku yang dipercaya meramunya, biasanya sesepuh desa atau pemimpin desa.

Masyarakat Desa Kamal yang kini mayoritas berasal dari Suku Madura biasa mengadakan acara Kadisah semacam bersih desa kalau di jawa , biasanya ada prosesi Tabutaan yang menampilkan penari yang ada di dalam boneka raksasa yang terbuat dari bambu yang dianyam dan diberi pakaian lengkap dengan tangan terikat, berwujud sepasang butah atau raksasa yang diarak keliling desa setiap tahun sekali. Yang menarik lagi doa dan mantranya diucapkan dalam bahasa Jawa kuna, dengan diiringi alat musik dari lesung atau ronjengan yang dipukul , mungkin disana nilai-nilai spiritual dianggap sakral sehingga menjadi lebih penting dibanding nafsu duniawi.

Meskipun nilai-nilai spiritual itu sudah mengalami percampuran efek akulturasi budaya yang penting mampu menjadi kepercayaan bahwa dengan menyelenggarakan ritual bersih desa, apapun keadaan yang sedang  menimpa mereka akan dapat di hadapi kedepannya dengan selamat. Bisa jadi  kesenian Tabutaan pun adalah hasil dari budaya yang telah mengalami akulturasi budaya, terutama pengaruh budaya Banyuwangi jaman blambangan, Arab termasuk doa pada Allah SWT , Jawa  dan Madura yang terpengaruh islam yang meyakini bahwa pada saat bencana melanda secara spiritualitas masyarakatnya harus memohon bantuan dari leluhur dan sang penciptanya. Sebaiknya ada keseriusan pemerintah dalam memfasilitasi penelitian disana , dan masyarakat bisa menunggu sambil terus menerus tetep berproses budaya dengan seni tabutaannya bahkan tidak menutup kemungkinan akan muncul yang baru. fotodocsoni

 

silaturahmi sesepuh patrol sama dengan apresiasi atas dedikasinya



Sosok lelaki ini sangat bersahaja tapi betangan dingin terutama dalam menciptakan lagu untuk komunitas musik patrol, jasanya cukup diakui oleh pecinta musik patrol jember. Lagu watu ulo ciptaan Abah Misnawar berada ditangga lagu paling atas pendengarnya dan sempat hits dijamannya , kini masih sering digunakan sebagai lagu wajib musisi patrol ketika sedang tampil. Lagu watu ulo memang sangat legendaris untuk masyarakat jember terutama yang bergerak dalam bidang musik patrol. Abah Misnawar juga mendapatkan apresiasi dari pemerintah kabupaten jember karena dedikasinya dalam pengembangan musik patrol. Semoga ini jadi awalan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap pejuang seni musik patrol lainnya. Mungkin juga pada Sutaji sebagai pelopor pembuat kentongan yang menginspirasi para pengrajin peralatan musik patrol  di jember.

Selasa, 12 Juli 2022

berbahasa indonesia itu artinya menghormati ibumu


Harusnya bangga anak muda indonesia mempelajari, menggunakan dan mengembangkan bahasanya ibunya sendiri, yaitu bahasa Indonesia. Karena faktanya yang belajar bahasa indonesia tidak hanya masyarakat yang ada di dalam negeri, ternyata bahasa Indonesia juga dipelajari oleh banyak negara di dunia. Indikasinya ada hubungan kerjasama pertukaran mahasiswa antar indonesia dengan negara sahabatnya, setidaknya ada empat universitas besar dunia yang memiliki mata kuliah Bahasa Indonesia, yaitu Tokyo University of Foreign Studies (Jepang), University of Shouthern Queensland (Australia), Taras Shevchenko National University of Kyiv (Ukraina), dan Hankuk Univeristy of Foreign Studies (Korea Selatan). Meskipun belajar bahasa negara lain pun tidak masalah, tetapi belajar bahasa sendiri adalah wajib karena itu sebagian dari pemupukan jiwa nasionalisme rasa kebangsaan anak-anak bangsa indonesia. Bagaimana nggak bangga meski dijajah sekian lama bangsa inimenemukan kesepakatan bersama bahasanya, wuuh memang keren-keren pemikiran para pendiri bangsa ini.

Mahasiswa Australia, misalnya, mengatakan motivasinya ingin lancar berbahasa Indonesia karena tertarik dengan budaya Indonesia sekaligus ingin memperdalam pengetahuan tentang Indonesia. Bahkan, sebagian lagi menganggap, belajar bahasa Indonesia akan memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan dan relasi. Ada juga mahasiswa Belanda yang mempelajari bahaa indonesia dan bahasa daerah karena leluhurnya orang indonesia yang bersuku jawa . Sebaiknya dipahami bahwa bahasa adalah struktur pembentuk kebudayaan yang peranya sangat penting, sebab bahasa merupakan simbol keberadaban suatu bangsa. Dan tidak semua negara punya bahasa resmi sendiri, misalnya amerika, australia, meksiko, costarika, pakistan dan beberapa negara lain.

Tak hanya itu, pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, bahkan mengumumkan bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di negara itu secara resmi pada Desember 2007. Menurut informasinya Irdamis Ahmad, Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008 pernah mengungkapkan disana bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang karena termasuk sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan untuk diajarkan disekolah dan perguaruan tingginya. Sementara banyak anak-anak muda yang gengsi menggunakan bahasa indonesia, apalagi didorong oleh ortunya baha bahasa inggris harus dikuasai secara optimal daripada bahasa indonesia. Waduh seharusnya orang indonesia itu lebih bangga menggunakan bahasanya sendiri, nggak perlu malu karena itu bahasa ibu, bahasa pemersatu antar suku, bahasa proklamasi kemerdekaan indonesia, bahasa yang sangat fleksibel  dan kaya karena serapan bahasanya dipengaruhi banyak bahasa ada pengaruh sanskerta, arab, inggris , belanda, melayu dan bahasa daerah suku-sukunya dan yang lebih bangga lagi bahasa indonesia akan menjadi bahasa resmi acara-acara di forum Asean.

BOPO KOMUNITAS CEMETI AMAROSULI

   

Wadah semacam perkumpulan itu bernama PAGSIJATRA CEMETI AMARASULI dengan basecampnya di Penanggungan, Wirowongso, Kec. Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68175 dengan pemangku adat Muhammad Sutinggal. Sosok lelaki ini biasa dikenal dengan sebutan ustad tinggal karena memimpin pengajian rutin, sebagai bopo karena beliau sesepuh komunitas ini serta sebagai bapak kepala rumah tangga dengan satu istri dan dua orang anak. Komunitas ini terbuka sebagai media silahturahmi antar anggota dan dilauar anggota komunitas.

Sarana silaturahmi dan komunikasi antara seluruh anggota PAGSIJATRA CEMETI AMARASULI dalam upaya memudahkan akses informasi seputaran dunia seni budaya terutama kesenian jaranan. Muhammad sutinggal membentuk komunitas ini bertujuan sebagai sarana atau wadah untuk kordinasi antar anggota, media untuk sharring dan tanya jawab, media untuk menyampaikan pendapat, dan sarana untuk menyampaikan undangan  atau pemberitahuan tentang kegiatan-kegiatan atau agenda komunitas PAGSIJATRA CEMETI AMARASULI.

Sebagai Bopo sesepuh beliau selalu mngingatkan agar jangan pelit untuk berbagi ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Selalu diusahakan untuk sharring ide gagasan dan fikiran agar dapat saling bertukar pendapat tentang dunia kesenian sehingga akan dapat menaikkan marwah, derajat dan kehormatan seluruh anggota pada khususnya, dan seniman jaranan pada umumnya. Beliau juga tidak melarang anggota komunitas untuk menggunakn media sosial sebagai sarana sharing informasi untuk menambah wawasan terhadap apa yang terjadi diluaran komunitas.

Dalam kegiatannya mengelola komunitas selain latihan rutin beliau juga mengajak anggota komunitas untuk pengajian rutin setiap malam jumat, tujuannya agar bisa memotivasi dan merenung atas nikmat illahi agar dapat menumbuhkan keimanan dan menaikkan kapasitas pengetahuan serta semangat kepada semua anggota komunitas. Jangan sampai mengkonsumsi apalagi menyebarkan berita palsu dan belum pasti kebenarannya. Juga memberikan penerangan pada anggota komunitas bahwa bereksenian itu juga berproses kebudayaan sehingga memahami kebangsaan indonesia dengan berbagai suku, ras , agama dan golongan agar saling menghormati adat istiadat dan tidak menyerang dengan mengeluarkan tulisan-tulisan kotor seperti cacian, makian, hinaan pada kelompok lain.

Menghimbau bahkan melarang agar anggota komunitas tidak menebar kebencian dan menyudutkan anggota lain atau komunitas lain, seperti upaya-upaya melecehkan, menjatuhkan, menghina dan mencaci anggota lain. Akan lebih baik jika energi tersebut dipergunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti berkolaborasi dengan komunitas lain yang se ide dan gagasannya, atau menimba ilmu pengetahuan pada seniman dan budayawan yang senior atau mungkin memperbaiki property perangkat latihan dan pementasan yang dinilai rusak. Sukses terus untuk Sutinggal dan komunitas PAGSIJATRA CEMETI AMARASULI dalam berkarya dan berproses budaya dan merawat budaya nusantara.


 

capailah semestanya


 bila kau ingin pergi, pergilah
terbanglah nak terbang dan hampirilah dia
jangan kau bikin dia kecewa
karena terlalu lama menunggu
kabar dari kamu
yakinilah kalau setiap antariksa punya
gugusan bintangnya
dan takdir tidak memilih bintangnya
jalani menusuk nusuk penjuru dunia bersamanya 
rasi itu simbolmu mengenal dia lebih jauh
terbanglah nak, jangan kamu ragu

Senin, 11 Juli 2022

even budaya di jember nyumber terus



 
  

Jember merupakan daerah tujuan pendatang, baik dari banyuwangi, madura, jawa mataraman dan ada mandar , bugis, china juga masih banyak etnis lainnya yang hidup dalam wilayah kabupaten ini. Memang dalam sejarahnya ada beberapa wilayah yang dulu masuk kerajaan balambangan banyuwangi dan sebagaian pengaruh mataram islam serta sebagain lagi migrasi dari masyarakat madura yang didatangkan untuk bekerja di perkebunan jaman penguasaan ileh belanda. Makanya dengan banyaknya ragam kesenian sebenarnya secara jujur itu semua adalah kekayaan budaya  meskipun tidak asli –asli banget karena mungkin proses akulturasi budaya yang terjadi dalam dinamika sosial kemasyarakatanya. Bayangkan jika even-even tersebut di wadahi dan difasilitasi oleh pemerintah mungkin hasilnya akan menjadi momen peristiwa kebudayaan yang akan mampu membentuk karakter dari masyarakat jember.

Mulai dari seni pertunjukan tradisional hingga seni rupa dan sastra teater yang termasuk seni modern mempunyai wadah-wadah yang dikelola secara mandiri . Sepertinya acara-acara yang bermunculan secara padat jadwalnya, nampaknya saling berinteraksi saling menunjukan eksistensinya serta kemampuan tetapi sebenarnya tujuan komunitas seni tersebut bukanlah untuk pamer pada penguasa pemerintahan tetapi semata-mata adalah tuntutan ekspresi dan apresiasi masyarakat. Karena faktanya selama ini komunitas seni ini bisa hidup dijember karena respon baik dari masyarakat, mereka ditanggap mereka diapresiasi karyanya dan mereka juga menjadi kebanggaan masyarakat. Heibaatnya masyarakat jember merawat tradisi nusantara dengan cara yang sederhana dan mudah dilakukan dan tidak memerlukan strategi yang muluk-muluk, baru nanti setelah mereka kuat dan mandiri pasti akan muncul ide kreasi dan inovasi dalam menggerakkan seni budaya secara lebih konstruktif ideal. 


 

 

putra perkasa , musik patrol tak ada matinya

 


 
 

 

Putra perkasa etnic percussion adalah grup musik patrol yang sudah cukup senior dalam kancah perpatrolan di jember, kira-kira usia grup ini sudah delapanbelas tahunan. Putra Perkasa Etnic Percussion bermarkas besar di Jalan Manyar Gg Antrokan gebang Poreng-Jember, masyarakat jember tentu tidak asing dengan musik patrol apalagi masyarakat disekitar wilayah gebang dan kampung kebon mungkin diwiliayah ini dulu dinamikanya sangat cepat dan termasuk perkampungan lama dan sangat padat penduduknya. Indikasi kepadatan dan keramaiannya jaman dulu adanya pasar gebang dan terminal gebang , cukup menjadi bukti jika waktu itu dinamika sosial disitu cukup dinamis.

Putra perkasa etnic percussion adalah grup musik patrol yang tidak pernah absen dalam memeriahkan momen ramadhan di jember, juga malam takbiran mereka selalu mewarnai jalanan di jember. Juga dalam kompetisi Putra perkasa etnic percussion adalah grup musik patrol yang terlibat aktif dalam mensukseskan festival musik patrol yang diadakan oleh ukm kesenian unej rutin tiap tahunya. Jember patrol never die, tak ada matinya musik patrol jember, begitulah semangat anggota komunitas ini mendedikasikan dirinya dalam pengembangan musik patrol di jember. Makanya mereka juga menyipkan para generasi penerusnya, melatih anak-anak bermain patrol sejak dini. Salut pooll.

Grup ini juga bisa diundang untuk mengisi acara dan event karena dengan tanggapan ini pemain dan crew serta pengurus akan mendapatkan support vitamin yang bermanfaat bagi kelangsungan permainan musik ini. Dan jika kalian mau mengundangnya hubungi saja contact personnya tak kasih bocoran yaa, hubungi pak slamet dengan nomor hape 082232416282 . Semoga nanti kalian akan puas dengan penampilan mereka. Nego kontrak sendiri aja ya gaes. fotodoc igputraperkasa

sastra di jember makin marak





Forum Sastra Jember (FSJ) awalmula digagas oleh para penyair dan pegiat sastra kira-kira akhir duaribu enambelas yang lalu , baik dari pelajar, mahasiswa, komunitas pemuda didesa-desa jemberan, santri maupun dari pekerja seni seputar kampus. Mereka merasakan perlunya semacam wadah untuk mengungkapkan gagasan dan ekspresi dibidang sastra. Rupanya fsj mampu memberikan inspirasi bagi komunitas seni lainnya untuk bergerombol berdiskusi bersuara untuk kemajuan seni yang mereka geluti, sehingga pada perkembangannya fsj juga memberi ruang untuk seni lainnya berekspresi dalam forum yang diadakan secara rutin sebulan sekali.

Beberapa tahap kemudian menjelma menjadi  Srawung Sastra (SS) adalah pemajuan bentuk dari Forum Sastra Jember (FSJ) dengan berkolaborasi dengan seni lainya dalam satu event seni sebulan sekali tersebut . Srawung Sastra adalah forum budaya dan ruang publik sebagai wadah diskusi dan pertunjukan seni budaya dari kelompok maupun perseorangan yang memiliki minat serta kepedulian yang sama guna pemajuan kebudayaan, khususnya di Jember dan sekitarnya.

Srawung Sastra komunitas yang bersifat terbuka dan independen, siapa saja boleh bergabung yang penting punya kepedulian terhadap seni budaya utmanya sastra dan pengembangan literasi masyarakat. Sehingga komunitas atau insan budaya manapun yang mau bersama-sama bekerja untuk menggeliatkan aktivitas dan gerakan pemajuan kebudayaan dan seni pertunjukan di Jember dan sekitarnya bisa berekspresi disini. Salut untuk kawan-kawan yang mendedikasikan dirinya dalam perkembangan seni budaya di jember, ternyata secara mandiri dan saling bergotongroyong mampu mengadakan pergerakan seni budaya dan hiburan untuk masyarakat jember.

 

Minggu, 10 Juli 2022

lain padang lain ilalang, lain lubuk lain ikannya

         

Pasar Beriman Tomohon Menado sulawesi utara ada beberapa bahan makanan yang dijual dan tidak biasa, menurut orang luar karena ada daging anjing, daging kucing, daging kelelawar hingga daging tikus bahkan bisa juga menemukan daging biawak dan daging ular piton, yang dijual disana lho gaes.Penjualan daging ini bukan tanpa sebab mengapa dijual secara bebas di Pasar Tomohon. Karena tradisi ini sudah beributahun lamanya suku di Minahasa sendiri menganggap olahan dari daging-daging ini selain sebagai kuliner juga merupakan jamu atau obat. Kini tidak semua hewan ada dipasar tersebut , ada beberapa yang mulai jarang dipasarkan. Biasanya masyarakat setempat akan membuat masakan tersebut menggunakan bumbu rica-rica kalau gak sempat memasak juga ada resto ekstrimnya juga.

Pasar Tomohon ini disebut sebagai pasar paling ekstrem se indonesia atau bahkan sebenarnya juga tak mengherankan jika disebut paling ekstrim sedunia mungkin lo gaes. Sebab pasar ini menjual berbagai macam daging ekstrem seperti yang disebutkan sebelumnya. Sudah berlangsung sangat lama sekali , masyarakat disana biasa-biasa saja, yang nggak suka ya memaklumi karena fakta ini adalah sebuah kekayaan tradisi yang ada di nusantara. Kini selain menjadi pasar, tempat ini menjadi tempat wisata. Kebanyakan wisatawan luar negeri ingin mengetahui secara langsung bagaimana kondisi pasar dan kulioner ekstrimnya. Pasar Tomohon sudah kadung menjadi icon Manado , keduanya saling suport bahkan tak bsia dipisahkan satu dengan lainnya. Peringatan yang jijik melihatnya atau tidak tega lebih baik tidak melihat kesana, anggaplah ini sebuah pengetahuan bahwa bangsa ini punya bermacam-macam suku bangsa dengan adat istiadat dan budaya yang berbeda satu dengan lainnya dan selama ini hidup berdampingan dalam kesatuan ideologi Pancasila serta kebhinekaannya. Salam dengan pantun, lain padang lain ilalang, lain lubuk lain ikannya, menjaga budaya toleransi dan saling menghargai adanya perbedaan budaya diantara anak bangsa yang majemuk. Yang penting bangaimana generasi muda masa datang tetap mencari cara agar bisa merawat tradisi nusantara.


 

anak muda itu bernama chez

 



Mengenal sanggar rias dan tari chez karyaka ambulu artinya mengenal juga nama ponchez, seorang yang punya talenta sebagai kreator kostum, koreografi dan tatarias makeup artis. Namanya sangat populer dikalangan artis-artis dan model serta juga dikalangan seni tradisional terutama di ambulu bahkan jember. Banyak sekali prestasinya sehingga berefek pada banyaknya peserta didiknya, sanggar ini juga didiriknnya untuk melatih tenaga-tenaga muda yang berminat pada tata rias terutama make artis atau pengantin. Supel mudah bergaul dan tidak memandang status dan klas, hampir semua kalangan ia bergaul, bakat seninya menitis dari ortunya terutama ibunya bu santi karena beliau berasal dari keluarga besar seniman. Dan dalam beberapa tahun sebelum meninggal Chez banyak terlibat dalam kegiatan seni dan tatarias bahkan sempat ditawari untuk ikut terlibat dalam jember fashion carnival, tetapi karena padatnya kegiatan kahirnya diputuskan untuk tidak bisa ikut acara tersebut.

Sayang dia begitu cepat dipanggil oleh sang pencipta lebih limatahun yang lalu, tepatnya 17 november 2017 pergi meninggalkan kita semua. Setelah beberapa hari dirawat dirumah sakit, dengan ada indikasi penyakitnya hepatitis dan paru-paru yang tidak dirasakan karena padatnya aktifitasnya. Gejalanya ketika sering kecapekan dia terlihat drop, dan bebrapakali ngamar di rumah sakit. Banyak yang tidak menyangka anak muda dengan segudang prestasi dan peran pentingnya di bidang seni pertunjukan justru telah berpulang terlebih dulu. Kakaknya wonsen yang katanya lahirnya pas dihari senin kliwon juga sangat merasakan kehilangan adiknya ponses, menurut penuturan beberapa orang ponses karena lahirnya selasa pon , kenapa merasakan kehilangan mungkin disaat-saat naik daun dan menuju kesuksesannya adiknya meninggalkan keluarga. Upayanya untuk mengangkat harkat derajat keluarganya sangat kuat, apa saja dikerjakannya mulai dari profesi tatarias, make up artis , melatih anak-anak muda tatarias dan tari juga merintis persewaaan kostum tetapi tidak jumawa seroang ponses tetap rendah hati. Bahkan seringkali iklas berbagi pengetahuan dan biaya untuk mensukseskan sebuah pertunjukan seni, terutama ketika para seniman jaranan sedang mengangkat kelasnya via pagelaran kolosal bolosrewu jaranan barong ia sepenuh hati mendedikasikan untuk pertunjukan tersebut. Semoga chez tenang dan damai disisiNya, tetapi namamu tetap akan kita kenang sepanjang masa. 

Sabtu, 09 Juli 2022

manfaat meditasi dalam latihan teater


Meditasi adalah salah satu bentuk metode latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, sehingga setelah melakukannya akan merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. Praktek meditasi ini umumnya dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur, hening dalam sepuluh hingga duapuluh menit. Dalam catatan sejarahnya cara meditasi ini merupakan aktivitas yang telah dilakukan selama ribuan tahun di berbagai negara, seperti Cina dan India. Berbagai riset sejauh ini juga telah membuktikan bahwa meditasi dapat memberikan banyak manfaat untuk mendukung produktivitas sehari-hari dan kesehatan mental maupun fisik. Meditasi dan konsentrasi sangat bersinergi dalam seni pertunjukan seperti teater .

Dalam latihan teater pun meditasi sangat berguna terutama melatih pemain atau aktor menuju pendalaman karakter dan pembacaan naskah. Secara umum meditasi artinya adalah menenangkan pikiran. Dalam teater dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk menenangkan dan memusatkan pikiran sesaat dengan tujuan untuk memperoleh kestabilan dan ketenangan diri. Cara latihanya biasanya diawali dengan mengatur pernafasan dan kemudian mencoba mengosongkan pikiran , dengan jalan membuang segala sesuatu yang ada dalam pikiran kita, tentang berbagai masalah usahankan singkirkan semua dari segala beban dan ikatan. Kemudian mulai memusatkan pikiran, atur pernafasan dengan baik, hirup udara pelan-pelan dan keluarkan juga dengan perlahan. Rasakan seluruh gerak peredaran udara yang masuk dan keluar dalam tubuh dan akan merasakan hening, tenang, bisu, diam tak bergerak siap untuk berkonsentrasi.

 Konsentrasi kalau secara umum berarti pemusatan. Dalam teater artinya pemusatan pikiran terhadap alam lingkungan latihan atau peran karakter agar tidak terganggu dengan pikiran-pikiran lain, harapanya dengan konsentrasi tersebut pemain teater menjiwai lakonnya. Diawali dengan mengenali anatomi tubuh dan fungsinya, kemudian mendengarkan suara yang paling bisa tertangkap oleh pancaindera. Kemudian melatih respon terhadap suara atau gerakan yang ada disekitar latihan. Kemudian memasukan peran secara bebas dalam simbol gerakan. Baru setelah itu masuk dalam peran yang ada dalam naskah. Terutama pada saat akan membawakan suatu peran dengan gerak tubuh dan karakternya, konsentrasi akan membantu memasuki sebuah peran baik dalam latihan maupun sebuah pementasan. Jangan mudah menyerah latihan meditasi dan konsentrasi, latihan lah berulangkali rasakan manfaatnya baik untuk kesehatanmu dan manfaat menguatnya kecerdasan otak. Cobalah kalau kamu penasaran.